Pagi di Pantai Pulang Sawal / Pantai Indrayanti - Traveling Jogja 2018 Day 2A

Pantai Pulang Sawal atau yang lebih dikenal dengan nama Pantai Indrayanti, merupakan salah satu rekomendasi wisata pantai di Jogja. Traveling Jogja 2018.

Pantai Pulang  / Sawal Indrayanti Gunung Kidul
Pantai Pulang Sawal / Pantai Indrayanti - Traveling Jogja 2018

Urutan ceritanya mulai dari sini ya:



Apa kabar, teman-teman?

“Hotel Pandanaran ini berhadapan dengan Tempo Gelatho,” kata Mas Micko dalam perjalanan kami menuju hotel, sepulang makan malam di resto Ambarketawang.

Waaaa... pastinya saya girang banget pas denger Mas Micko bilang gitu. Pokoknya gua harus mampir ke itu tempat, mumpung ada waktu di hotel selama 3 malam. Oh ya, Mas Micko ini merupakan tour guide-nya Pandra Tour yang menemani kami selama liburan di Jogja.

Sekitar jam 8 malam dengan jalanan yang cukup lengang kalau saya bandingkan dengan Jakarta, haha... Karena masih hari Kamis mungkin. Bus pun akhirnya berbelok ke Jl. Prawirotaman. Walau jalan ini nggak begitu besar, tapi bus tetap bisa melintas di ruas jalan ini.

Jalan Prawirotaman dengan kanan dan kiri yang dipenuhi oleh deretan penginapan, cafe, serta travel agent. Plus bule-bule dan “orang kita” yang lalu lalang.

Tibalah kami di muka Hotel Pandanaran. Sebelumnya semasih di bus, Mas Micko udah bagi-bagiin kunci kamar, jadi begitu datang, kami udah bisa langsung naik lift aja. Urusan check in udah diurus.

Kamar rombongan kami semuanya ada di lantai 3. Begitu masuk kamar, narok tas, saya yang 1 kamar dengan Mba Piet dan Teh Endah kembali keluar untuk melihat sebentar kolam renang yang ada di lantai 5. Kamis malam itu merupakan jadwal arisannya buibuk. Mba Piet dan Teh Endah sih nggak ikutan, jadi kami cuma sekedar lihat kolam renang aja.

Untuk review hotelnya nanti di post terpisah ya. Kembali kami turun menuju kamar, beres-beres ini itu, lantas tidur. Paginya kami sarapan di hotel, lalu sekitar jam 8, siap-siap kami menuju tempat wisata yang pertama, yaitu Pantai Pulang Sawal alias Pantai Indrayanti.


Naik Turun Bukit Menuju Pantai Indrayanti

Perjalanan dari Jl. Prawirotaman menuju Gunung Kidul kurang lebih selama 2,5 jam dengan turunan, tanjakan, dan belokkan yang muantappp... Setelah melalui perjalanan yang isi dengan tidur pagi, hahah... akhirnya nyampe juga kami di Pantai Pulang Sawal.

Begitu turun bus, mata kami langsung dihadapkan dengan toko souvenir dan pakaian yang cukup luas. Lalu di sisi kirinya ada toilet yang bisa untuk mandi juga. Lanjut kami berjalan ke arah depan. 

Kedai es kelapa dan juga souvenir berderet-deret. Lalu ada tempat makan Pawon Ndeso, yang di sinilah kami makan siang. Musholla serta toilet juga ada di area depan ini.

Pantai Pulang Sawal / Pantai Indrayanti Gunung Kidul
Pantai Pulang Sawal / Pantai Indrayanti - Traveling Jogja 2018

Tibalah langkah kami di pantainya. Para buibuk arisan rombongan Pandra Tour mulai bersiap-siap hunting spots untuk selfie and wefie, hahah...

Pagi menjelang siang di Pantai Pulang Sawal alias Pantai Indrayanti, dengan ombak yang cukup rendah. Kalau yang saya baca di Wikipedia, Pantai Pulang Sawal alias Pantai Indrayanti ini adanya di sisi timur dari Pantai Sundak, Kabupaten Gunung Kidul.

Kedua pantai ini dibatasi oleh perbukitan karang. Kalau di Pantai Pulang Sawal ini, Bukit Karangnya ada di sisi kiri. Karena hari yang cukup panas, saya nggak bisa naik ke atasnya. Ada tangga yang cukup tinggi juga untuk menuju ke atas bukitnya.

Cakep, walau saya cuma bisa melihat dari jauh. Moga nanti ada kesempatan untuk main ke pantai ini pas sore-sore ya, haha... Jadi bisa naik ke Bukit Karangnya. 

Pantai Pulang Sawal / Pantai Indrayanti Gunung Kidul
Pantai Pulang Sawal / Pantai Indrayanti - Traveling Jogja 2018

Pantai Indrayanti merupakan nama pantai yang Mas Micko jelaskan sewaktu di bus. Pas googling, ternyata nama pantai yang keluar adalah Pantai Pulang Sawal juga. Ternyata pas saya baca, nama Indrayanti ini merupakan nama pemilik sebuah cafe dan resto di sana - Pak Indra dan Bu Yanti.

Karena mereka memasang tulisan, jadilah itu pantai terkenal dengan nama Pantai Indrayanti. Sedangkan nama pantainya itu sendiri adalah Pantai Pulang Sawal. Owww... ternyata begitu ceritanya ya...

Pantai Pulang Sawal ini juga terkenal dengan pasirnya yang putih. Pokoknya, di sinilah Jogja rasa Bali itu berada... Petugas pantai pun benar-benar menjaga kebersihan pantai. Jadi kalau ada yang nyampah, kena denda dah lu, hahah...

Pantai Pulang Sawal / Pantai Indrayanti Gunung Kidul
Makan siang di warung makan Pawon Ndeso, Pantai Pulang Sawal / Pantai Indrayanti - Traveling Jogja 2018

Selesai selfie-wefie, begitupun dengan anak-anak yang selesai berenang, kami pun makan siang di kedai makan Pawon Ndeso. Namanya juga di pantai, pastinya hidangan yang disajikan adalah ikan.

Pantai Pulang Sawal / Pantai Indrayanti Gunung Kidul
Makan siang sayaaa. di Pawon Ndeso, Pantai Pulang Sawal / Pantai Indrayanti - Traveling Jogja 2018

Ini yang saya makan, nasi dengan irisan cumi, ikan bakar, timun, kerupuk, dan juga sambal kecap. Ada sayur juga cuma saya malas ambil.

Ikan bakarnya ini ukuran sedang dan enggak amis. Dimasak dengan panggang kecap. Itu saya guyurin sambal kecap juga jadi tambah keling dah. Cuminya bukan cumi asin yang dimasak tumis. Menu lengkapnya ada di video ya...

Untuk menuju ke Pantai Pulang Sawal ini memang sangat disarankan untuk membawa kendaraan sendiri, atau kendaraan sewa, karena memang akses transportasi umum dari kota Jogja sampai ke dekat pantai memang belum ada. Begini yang saya baca juga ya.

Untuk harga tiketnya sebesar 10 ribu, sedangkan untuk parkir motornya 4 ribu dan mobil seharga 15 ribu. 

Pantai Pulang Sawal / Pantai Indrayanti Gunung Kidul
Me, Teh Endah, dan Mba Pipiet di Pantai Pulang Sawal / Pantai Indrayanti - Traveling Jogja 2018

Segini dulu ya traveling diary saya ke Jogja di hari kedua episode 1. Sampai ketemu di cerita kegilaan saya bareng 3 buibuk kecehhh naik jeep di Tebing Breksi, hahah... 

Ini sedikit rekaman saya di Pantai Pulang Sawal ya...


Makasih banyak ya teman-teman udah mampir. Moga bisa jadi rekomendasi liburan teman-teman ya...