Makan Malam di Resto Ambarketawang - Traveling Jogja 2018 Day 1

Resto Ambarketawang merupakan salah satu restoran di Jogja yang kami kunjungi saat traveling ke Jogja saya bersama rombongan Pandra Tour. Traveling Jogja 2018.

Traveling Jogja 2018
Resto Ambarketawang - Traveling Jogja 2018
Ini urutan ceritanya ya:

Blog liburan Jogja 2018

Apa kabar, teman-teman?

Postingan ini merupakan pembuka dari traveling diary saya ke Jogja, yang lagi-lagi bareng Mba Piet, juragan travel Pandra Tour. Kali ini Pandra Tour ngebawa rombongan buibuk arisan dari daerah Slipi, Jakarta Barat.

Berapa banyak? Satu bus yang kurang lebih pesertanya ada 30an buibuk banyak duit semangat piknik, hahah... Ngelihat mereka belanja dan jajan-jajan, bikin saya dalam hati selalu bilang, buibuk ini duitnya banyak amat yak...

Nggak banyak persiapan saya ngayap kali ini. Bahkan packing pun dimulai jam 10 malam, kelar jam 11an, lantas tidur jam 12, jam 4 bangun untuk siap-siap menuju Slipi jam 5 kelar Shubuh.

Sekitar jam 6, setelah foto bareng di depan bus, rombongan Pandra Tour siap berangkat, horeyyy... Dimulai dari masih menatap macetnya Jakarta, Ummi – sang ketua genk arisan - mulai bagi-bagi snack untuk kami sarapan. Ah tau gitu gua nggak usah rempong-rempong bikin mie goreng buat sarapan di bus, hahah...

Traveling Jogja 2018
Sarapan dulu... Makasih ya buibuk... - Traveling Jogja 2018
Sempat kami berhenti dulu di rest area yang masih di Jakarta untuk ke toilet, lanjut kami berangkat. Berhenti lagi di rest area untuk sholat Dzuhur dan makan siang berupa nasi kotak yang kembali dibagikan sama Ummi.

Ah pokoknya saya demen dah jalan-jalan sama emak-emak... banyak makanan dan gratis. Jadi jangan kau tanya oleh-oleh ya, makan aja saya boleh gratisan, hahah...

Persawahan pun mulai terlihat di kanan dan kiri jalan. Buibuk saling melempar banyolan sampe capek lantas tidur siang, haha... Alhamdulillah perjalanan Jakarta – Jogja nggak diisi dengan kemacetan. Sampai akhirnya, sekitar Maghrib, tibalah kami di Jogja, yeayyy... Pak supir terus membawa kami menuju Restoran Ambarketawang di daerah Sleman.

Ambarketawang - one stop shopping and eating di Jogja

Tiba juga kami di depan toko oleh-oleh Ambarketawang. Selesai busnya parkir, lalu satu-persatu kami turun dan berjalan sedikit ke arah kiri, tempat restorannya berada. Ambarketawang ini berderet-deret - ada restoran, toko oleh-oleh, dan juga toko batik. Tajir amat yak owner-nya, semuanya lengkap one stop shopping and eating, hahah...

Ayam goreng dan fast food Ambarketawang. Begini yang saya baca di pintu depannya. Eh tapi bukan berarti restoran ini menyajikan menu western ya. Mereka tetap mengusung menu lokal kok, kayak salah satu yang tulisan yang dipajang ini...

Resto Ambarketawang - Traveling Jogja 2018
Begitu masuk, restoran ini gedeee bangeeet... Meja kursinya banyak banget, jadi cocok untuk ngebawa rombongan banyak. Untuk rombongan Pandra Tour, Mba Piet udah pesan menu prasmanan dan ditempatkan di pojok kiri.

Makanan saya di Resto Ambarketawang - Traveling Jogja 2018
Ini dia menu yang saya makan di Resto Ambarketawang. Saya cuma ngambil nasi dengan sayur asem, ayam goreng bumbu kecap, tempe mendoan, dan sambal. Untuk menu lengkapnya ada di video ya.

Saya suka sayur asem, baik yang pedas maupun yang manis. Untuk sayur asem di Resto Ambarketawang ini merupakan sayur asem yang manis. Asemnya ini dari asem jawa, makanya warnanya agak coklat ya kuahnya. Rasa manisnya juga nggak berlebihan, dengan gurih yang pas. Pokoknya seger banget.

Ayam goreng bumbu kecapnya juga dengan manis dan gurih yang pas. Tempe mendoannya cukup tipis dan udah nggak begitu garing, khas tempe mendoan ya. Serta dilengkapi dengan sambal yang enggak kelewat pedas.

Panggung di area belakang - Resto Ambarketawang. Traveling Jogja 2018
Buat saya, menu yang kami makan di Resto Ambarketawang ini cukup enak. Selesai makan, saatnya berkeliling resto. Di area belakang, ada panggung yang cukup besar dengan alat musik juga. Berjalan ke sisi kanannya, ada toilet dan juga wastafel di sebelahnya.

Sisi kanan di bagian tengah, di sinilah berderet menu makanan yang cukup banyak. Menu khas masakan Jawa dan juga lainnya. Kayaknya di sini sistemnya self service deh. Banyak juga orang-orang yang bukan rombongan – hanya datang berdua atau bertiga - pada antri memilih makanan.

Lanjut ke bagian depan di sisi kanan, di sini berjejer ATM sebagai tempat untuk penopang belanja, haha...

Pintu menuju garden - Resto Ambarketawang. Traveling Jogja 2018
Eh iya, saya juga sempet lihat-lihat garden-nya yang di ada di sisi kanan, trus masuk. Uwihhh... cakep banget dan cukup luas juga. Ini kayak untuk ngadain private wedding party atau gathering lainnya, bakalan asyik banget.

Mini playground di Resto Ambarketawang - Traveling Jogja 2018
Kembali saya jalan ke sisi kiri, di sini ada mini playground. Walau nggak luas, tapi lumayan ya untuk menghibur anak-anak.

Selesai sudah makan malam kami di Resto Ambarketawang. Saatnya kembali kami naik bus menuju hotel.

Ini ya sedikit rekaman keseruan kami di sana ya...

Makasih banyak ya teman-teman udah mampir. Moga bisa jadi rekomendasi kulineran teman-teman ya pas lagi di Jogja... Selanjutnya saya mau cerita-cerita perjalanan kami di hari pertama di Jogja ya.

Untuk akses transportasi umum menuju ke sana, teman-teman bisa cek langsung aja di -> https://moovitapp.com/index/in/Tranportasi_Umum-Ambar_Ketawang-Yogyakarta-site_37987246-4384