Resep Asam Padeh Daging Sapi

Cara memasak asam padeh daging sapi – kuliner minang atau masakan padang dari olahan daging sapi, yang dimasak dengan cabe dan bumbu rempah lainnya. Rekomendasi masakan tanpa menggunakan santan dan minyak goreng.

 

Asam padeh
Asam padeh daging sapi


Apa kabar, teman-teman?


Kalau di kedai atau restoran padang, asam padeh umumnya dimasak dari olahan ikan tongkol. Dulu nenek pun kalau masak asam padeh, memang selalu menggunakan ikan, cuma ikannya ya ditukar-tukar sesuai yang dijual di tukang sayur aja.


Lalu saya punya teman yang masih terhitung sodara. Tiap kali lebaran Idul Adha dan dapat stok daging qurban, ibunya selalu masak asam padeh daging sapi. Tiap sore atau besoknya, saya pasti main ke rumah dia, haha... Dan tentunya selalu ditawarin makan sama ibunya.


Saya sampe cerita ke nenek, kalau ibunya teman itu masak asam padeh daging sapi yang enak banget, haha... Nenek bilang, kalau orang kampungnya dia memang daging sapi dan iga itu biasa dimasak asam padeh. Dan mereka memang masak asam padehnya enak-enak.


Karena di rumah pada kurang suka asam padeh, makanya nenek nggak pernah masak. Toh asam padeh ikan pun lebih ke nenek aja yang makan, karena udah nggak boleh banyak makan minyak dan santan.


Sampe akhirnya pas jualan frozen food sewaktu di Jakarta dulu, saya buatlah serian asam padeh ikan, daging sapi, dan iga. Alhamdulillah banyak juga peminatnya, haha... Karena memang asam padeh daging sapi dan iga ini bisa terbilang nggak ada ya di kedai atau restoran padang.


Untuk memasak asam padeh daging sapi, sebenernya nggak jauh beda dengan asam padeh ikan. Cuma bawang putihnya memang mesti ditambahkan, karena daging sapi kan lebih amis ya.


Lalu untuk airnya pun juga ditambahkan, karena daging sapi yang lumayan lama empuknya. Plus cara memasak yang sedikit agak beda ya, biar daging sapinya empuk dan kuah merahnya pun meresap.


Daging sapinya mau yang padat kayak daging rendang atau dendeng batokok, ini lebih enak. Nanti kuahnya jadi nggak berlemak. Tapi kalau daging sapi yang nempel-nempel lemaknya itu juga enak kok. Pilih yang teman-teman doyan aja ya, hehe...


Asam padeh ini biasanya juga suka dicampurkan dengan potongan tempe atau kacang panjang. Teman-teman bisa tambahkan juga ya kalau memang suka.


Oh ya, tips lengkap cara memasak asam padeh, saya udah tulis ya di resep asam padeh ikan. Teman-teman bisa mampir ke sana juga ya...


Yuk sekarang kita siapkan bahan-bahannya...


 

Asam padeh daging sapi
Cara memasak asam padeh daging sapi


Cara membuat asam padeh daging sapi, ini dia yang perlu disiapkan:


500 gram daging sapi

1,5 liter air

200 gram cabe giling

2 lembar daun kunyit, sobek


 

10 buah asam kandis

1 sdt garam

½ sdt penyedap


 

Bumbu gilingnya:


100 gram bawang merah

40 gram bawang putih

½ ruas ibu jari jahe

50 gram cabe rawit merah

 


Note:


Karena cabe merah di Jakarta kurang pedas, makanya saya campur dengan cabe rawit merah ya.


Biasanya kalau di Jakarta, saya gunakan asam kandis itu sampe 50 gram, karena rasa asamnya agak kurang.


Kalau daun kunyitnya udah kuning, gunakan 3 atau 4 lembar aja ya.

 


Lalu ini ya cara memasak asam padeh daging sapi:


Potong-potong daging sapi ukuran untuk rendang. Biasanya ½ kilo itu jadi 10 potong, kalau untuk potongan warung nasi.


Cuci daging hingga bersih, lalu tiriskan. Oh ya, saya terbiasa untuk mencuci daging hingga bersih ya, sebelum direbus. Kalau teman-teman terbiasa merebus daging tanpa mencuci, dilakukan aja ya...


Campurkan daging dengan air, lalu rebus hingga 1 jam dengan api pelan. Buang busanya ya, biar airnya nggak keruh.


Kalau udah 1 jam, masukkan bumbu giling, cabe, daun kunyit, asam kandis, garam, dan penyedap. Masak hingga 1,5 jam lagi dengan api pelan. Biasanya total memasak 2,5 jam ini daging sapinya udah empuk.


Kalau misalnya kuahnya masih banyak, diangkat aja dulu dagingnya, lalu agak kentalkan kuahnya.


Misalnya mau di-frozen, kuahnya agak-agak banyak aja nggak apa-apa, karena nanti kan mau dipanaskan lagi.


Kalau kuahnya udah mengental, cobain dulu ya rasa garamnya. Jangan cobain pas kuahnya masih banyak, nanti jadi asin.


Kalau udah matang, keluarkan asam kandisnya ya. Biar nggak tambah asam, atau rasanya bisa jadi agak-agak pahit.

 


Dengan takaran cabe segini, pedasnya juga udah berasa kok. Asam padeh memang nggak pake tomat, jadi asamnya ini menggunakan asam kandis.


Oke, ini dia resep asam padeh daging sapi yang saya buat. Moga bisa jadi rekomendasi teman-teman penyuka kuliner minang atau masakan padang ya. Bisa juga pilihan masakan untuk yang nggak menggunakan santan atau minyak goreng. Makasih banyak ya udah mampir...

No comments:

Post a Comment

Hai, temans... Makasih banyak ya udah mampir. Semua komen lewat jalur moderasi dulu ya :D Don't call me "mak" or "bund", coz I'm not emak-emak or bunda-bunda :P