Resep Ceker Pedas

Resep ceker setan

Apa kabar, teman-teman?

Siapa di sini teman-teman yang juga penyuka masakan olahan ceker? Haha... walau buat sebagian orang, ih geli amat sih makan ceker, tapi kalau buat saya... masakan olahan ceker itu enak banget. Entah dimasak sup, digoreng, dimasak bumbu, maupun sebagai campuran seblak.


Kalau saya, biasanya ceker memang dimasak sebagai lauk aja. Selain disup, ceker juga suka saya masak dengan bumbu rempah maupun saus. Jadi bisa disantap barengan nasi maupun mie goreng.

Ceker pedas merupakan salah satu masakan yang sering saya buat. Untuk resep awalnya, saya melihat di IG-nya Mba @ayudiahrespatih. Tapi ada beberapa bahan yang saya tambah dan kurangi, untuk menyesuaikan selera aja.

Tiap kali beli ceker, biasanya memang udah dibersihkan sama penjualnya. Tapi terkadang masih ada bagian dari kulitnya yang berwarna kuning yang belum dibersihkan. Ini biasanya sih saya bersihkan kulit-kulit kuning yang menempel itu dengan tangan atau kuku.

Kalau agak susah, biasanya saya garuk-garuk, haha... bingung jelasinnya, ya pokoknya digaruk-garuk gitu. Nah kalau masih agak susah juga, suka saya rendam dulu sebentar dengan air panas.

Ceker yang masih segar, enggak berlendir, dan enggak mengeluarkan bau tak sedap, pastinya ini yang kita pilih ya. Terkadang ketika beli juga, kukunya juga udah dibersihkan. Tapi kalau memang masih ada kukunya, jangan lupa untuk dibersihkan dulu ya...

Cara membuat ceker pedas, ini dia bahan-bahan yang perlu disiapkan:

500 gram ceker ayam
1 buah tomat merah, belah 4, iris-iris
5 lembar daun jeruk

1 batang serai, geprek
1 sdm kecap manis
1 – 2 sdt gula

Secukupnya minyak goreng
600 ml air / 3 gelas sedang


Bumbu gilingnya:

20 buah cabe merah
5 buah cabe rawit merah
7 siung bawang merah

4 siung bawang putih
½ ruas ibu jari jahe
½ ruas ibu jari kunyit

1 sdt lada
1 sdt ketumbar
Secukupnya garam


Lalu ini ya cara memasak ceker pedas:

Panaskan minyak, lalu masukkan bumbu giling, tomat, daun jeruk, dan serai. Tumis hingga harum.

Masukkan air, kecap, dan gula. Didihkan.

Masukkan ceker, lalu masak hingga kuah mengental. Gunakan api sedang aja.

Resep Ceker Setan
Resep Ceker Pedas
500 gram ceker ini kurang lebih isinya ada 20 ceker untuk yang besar-besar. Kalau misalnya kebanyakan, ini bisa disimpan di freezer atau masak setengah porsi aja.

Karena ceker pedas, rasanya udah pasti pedas, tapi yang nggak kelewat pedas banget kok. Ada rasanya manisnya dari kecap manis dan juga rasa gurih dari gula.

Makasih banyak ya teman-teman udah mampir dan moga bisa jadi rekomendasi bagi teman-teman penyuka masakan pedas dan olahan ceker...

No comments:

Post a Comment

Hai, temans... Makasih banyak ya udah mampir. Semua komen lewat jalur moderasi dulu ya :D Don't call me "mak" or "bund", coz I'm not emak-emak or bunda-bunda :P