Resep Gulai Daun Singkong Cumi Asin

Resep gulai daun singkong

Apa kabar, teman-teman?

Kalau misalnya teman-teman lagi bosan dengan masakan olahan cumi asin, yang biasanya dimasak cabe ijo campur pete, dimasak gulai dengan campuran daun singkong khas masakan Padang, mungkin bisa dicoba.

Gulai daun singkong, mau dimasak dengan gulai merah atau gulai kuning, kalau buat saya sih sama enaknya. Kalau gulai merah memang menggunakan cabe merah yang dihaluskan. Sedangkan gulai kuning menggunakan cabe rawit ijo yang diketok atau digiling kasar. Biasanya gulai kuning saya gunakan untuk memasak ikan tongkol campur daun singkong.

Baiknya jangan gunakan daun singkong yang kelewat tua, karena biasanya agak keras sih. Tapi kalau masaknya agak lama, ya bisa jadi empuk juga.

Untuk cumi asinnya, pilih cumi asin yang nggak terlalu kecil. Untuk bersihin dalamnya ini, saya lebih suka dipotong dua aja. Bisa juga dicongkel dengan garpu maupun sumpit.

Karena pakai cumi asin, jadi kalau mau ngasih garam, mending pas udah menjelang matang aja, karena kuah gulainya bakalan udah ada rasa asinnya.

Gulai yang saya masak ini memang nggak menggunakan santan yang pekat. Kalau mau kuah santan yang agak pekat lagi, teman-teman bisa pakai santan dari 1 butir kelapa parut aja.

Cara membuat Gulai Daun Singkong Cumi Asin, ini dia bahan-bahan yang perlu disiapkan:

1 ikat daun singkong, petik daunnya.
200 gram cumi asin 
2/3 kelapa parut
1 liter air (+_ 5 gelas sedang)

2 sdm cabe giling (+_ 20 buah cabe merah yang dihaluskan)
1 ruas lengkuas, geprek
7 lembar daun jeruk

1 lembar daun kunyit, sobek
1 batang serai, geprek
Secukupnya garam

1 buah asam kandis / 2 ruas jeruk nipis / 1 sdm cuka (pilih salah 1 aja untuk rasa asamnya)
Secukupnya minyak goreng


Lalu ini ya bumbu gilingnya:

8 siung bawang merah
2 siung bawang putih
½ ruas ibu jari jahe

½ ruas ibu jari kunyit
1 sdt lada
1 sdt ketumbar 

Lalu ini cara memasak Gulai Daun Singkong Cumi Asin:

1 liter airnya gunakan untuk 3x peras santannya aja.

Panaskan minyak goreng, lalu tumis bumbu giling, cabe giling, lengkuas, daun jeruk, daun kunyit, dan serai. Tumis hingga harum.

Masukkan santan, didihkan sembari sering diaduk. Gunakan api sedang.

Kurang lebih 5 menit setelah santan mendidih, masukkan daun singkong dan cumi asin. Masak hingga empuk sembari sesekali diaduk. Gunakan api sedang.

Menjelang matang, cobain ya rasa kuahnya, baru ditambahkan garam. Masukkan asamnya.

Gulai Masakan Padang
Gulai Daun Singkong Cumi Asin
Ini masaknya sih nggak terlalu lama, yang penting kuah santannya harus didihkan dulu, biar lebih kental. Rasanya sih nggak begitu pedas dan ada rasa khas daun singkong di kuah gulainya.

Makasih banyak ya teman-teman udah mampir dan moga bisa jadi rekomendasi masakan teman-teman ya...


No comments:

Post a Comment

Hai, temans... Makasih banyak ya udah mampir. Semua komen lewat jalur moderasi dulu ya :D Don't call me "mak" or "bund", coz I'm not emak-emak or bunda-bunda :P