Kitchen Tour ke Aerofood ACS – Part of Garuda Indonesia Grup

Garuda Indonesia Grup

Apa kabar, teman-teman?

Kalau buat saya, adanya makanan dan minuman yang disediakan di pesawat, merupakan satu hal yang nggak kalah pentingnya. Banyak orang yang terkadang nggak sempat sarapan, karena mesti mengejar penerbangan di pagi hari. Jadi ketika snack dibagikan untuk penerbangan jarak dekat, ini menolong banget kan.


Terlebih lagi bagi yang melakukan penerbangan jarak jauh. Menu makanan utama pastinya sangat dibutuhkan, biar nggak lemes begitu sampai di bandara tujuan, haha...

Dibalik makanan dan juga snack siap santap di dalam pesawat, pastinya ada tim yang menyiapkan. Pas udah berkunjung ke dapur raksasa Aerofood ACS – catering service bagian dari Group Garuda Indonesia, saya pun jadi tahu kalau makanan dan minuman yang enak-enak di pesawat Garuda Indonesia, ternyata ada proses memasak yang luar biasa.

Nggak cuma tentang cara mengolah bahan mentah menjadi makanan lezat aja, tapi juga tentang kebersihan yang dijaga sebegitu detail-nya. Dan sekarang, saya mau berbagi cerita sama teman-teman semua ya...

Garuda Indonesia Grup
Blogger Visit & Kitchen Tour Aerofood ACS - Garuda Indonesia Grup
Kamis pagi 20 Desember 2018, dari Cipinang, saya menuju kantor Aerowisata Park di  Tebet. Dari sini, bareng temen-temen food bloggers yang lain, rombongan kecil kami siap berangkat menuju Aerofood ACS di bandara Soekarno Hatta.

Inilah pertama kalinya saya ke bandara Soetta tanpa bawa gembolan ransel, haha... Kurang lebih jam 9, tibalah kami di Aerofood ACS.

Wow, ada pemeriksaan seluruh badan, macam mau naik pesawat. Setelah dinyatakan kalau saya perempuan baik-baik, haha...  kami pun naik ke lantai 2.

Oh iya kalau tamu lainnya, biasanya akan diminta untuk mengisi quisioner dulu - akan tujuan kedatangan ke Aerofood ACS. Kami juga mengisi, tapi di dalam ruangan pas mau keliling dapur.

Nggak lama kemudian, teman-teman yang naik mobil berbeda pun juga udah datang. Kami icip-icip snack dan minuman dulu, sembari menunggu acara dimulai. Berasa naik Garuda penerbangan dekat deh, haha... karena snack yang disajikannya ini memang untuk yang di pesawat juga.

Garuda Indonesia Grup
Aerofood ACS - Garuda Indonesia Grup
Garuda Indonesia Grup
Aerofood ACS - Garuda Indonesia Grup



Garuda Indonesia Grup
Aerofood ACS - Garuda Indonesia Grup
Nggak lama kemudian acara pun dimulai. Satu-persatu kami kenalan dengan para petinggi Aerofood ACS:

Bapak Afdal Amir – Vice President Corporate Marketing
Bapak Emil Fadilah – Vice President Industrial
Bapak Eko Setiyabudi – General Manager Industrial
Bapak Richard P. Haris – Senior Manager Brand & Marketing Strategy

Bukan setahun dua tahun, pemirsahhh... Tapi Aerofood ACS ini udah eksis selama 44 tahun lamanya, woww... Semua dimulai pada tanggal 23 Desember 1974, PT. Aero Garuda Dairy Farm yang berbasis di Hong Kong, memulai bisnisnya di bandara Kemayoran dan juga Halim Perdana Kusuma.

Seiring perjalanan bisnisnya, nama PT pun berganti nama menjadi PT. Angkasa Citra Sarana Catering Service. Lalu pada tahun 1991, bisnis di bidang jasa catering ini pun memiliki commercial name yaitu Aerowisata Catering Service.

Hingga pada tahun 2010, sebuah rebranding pun dilakukan dengan nama PT. Aerofood Indonesia, dengan commercial name-nya Aerofood ACS.

Selama 44 tahun berkarya, Aerofood ACS merupakan bagian dari holding company PT. Aerowisata, anak perusahaan dari Flag Carrier Indonesia yaitu PT Garuda Indonesia (Persero), TBK. Sebuah bisnis In-Flight Catering atau jasa boga penerbangan bertaraf internasional.

Saat ini Aerofood ACS juga udah punya 9 dapur In-Flight Catering di Jakarta, Bandung, Yogya, Surabaya, Denpasar, Lombok, Balikpapan, Medan, serta di Pekanbaru.

Karena Garuda Indonesia Grup, tadinya pikir saya, menu-menu di Aerofood ACS ini cuma ada di pesawat Garuda Indonesia dan Citilink aja. Ternyata di beberapa penerbangan internasional ke Indonesia, kita juga bisa menikmati menu-menu spesialnya Aerofood.

Ini dia beberapa penerbangan yang juga menyajikan makanan dan minuman terbaik dari Aerofood:

Singapore Airlines, Cathay Pacific, Japan Airlines, Qantas, Saudia Airlines, Emirates, Jetstar, Korean Air, Hongkong Airlines, Silk Air, Malaysia Airlines, Dragon Airs, Asiana Airlines, Air New Zealand, Vietnam Airlines, Philippine Airlines, China Airlines, Virgin Australia, Royal Brunei, Eva Air, Air Asia, dll.

Lalu untuk Commecial Airlines secara grup, ada Garuda Indonesia, Citilink, NAM Air. Ada juga Charter Flight, Private Jet, VVIP & VIP, juga untuk Haji & Umrah, serta pesawat Kepresidenan Republik Indonesia.

Makanan siap santap di pesawat, mungkin teman-teman ada yang mikir nih, haha... Ah palingan dimasaknya cepet-cepet asal mateng aja. Kalaupun rasanya enak, mungkin tinggal dikasih bumbu instant doang.

Ternyata selain rasanya yang enak, dalam satu menu itu kadar gizi seimbangnya juga diperhatikan. Pastinya kita nggak mau kan, kalau turun pesawat malah jadi kurang gizi, hahahah... Selain takaran gizi yang diatur langsung sama ahli gizi, ternyata keamanan pangan juga sangat-sangat diperhatikan.

Garuda Indonesia Grup
Aerofood ACS - Garuda Indonesia Grup
Dalam sehari, dapur raksasa Aerofood ACS ini masak bisa sampai 120 ribu porsi. Dapur yang memproduksi makanan selama 24 jam tanpa henti. Pas ngelihat videonya, semua pekerjanya pada cekatan banget.

Makanan sebanyak itu berapa orang yang masak? Ada 400 chef yang siap menciptakan menu termantap dengan cepat. Kalau orang macam saya yang ngiris bawang aja bisa ngabisin waktu 10 menit, mungkin sehari juga bakalan dipecat ya, hahahah... 

Tim Recipe Development juga terus berinovasi menciptakan menu yang enak-enak dan sehat, biar penumpang nggak pada bosan dengan menu yang itu-itu melulu.

Aerofood ACS udah punya sertifikasi halal MUI. Jadi walau menunya Asia, Japanese, maupun Western, serta dimasak oleh chef mancanegara, tapi bahan-bahan serta bumbunya hanya menggunakan yang halal ya.

Selain catering service untuk pesawat, Aerofood ACS ini juga perusahaan catering untuk perusahan-perusahaan, atau yang lebih dikenal dengan Aerofood ACS Industrial Service. Kalau catering for industrial services ini nanti saya tulis pada post selanjutnya ya, sekaligus review makan siang kami, yang merupakan menu-menu biasa disajikan di beberapa perusahaan yang bekerja-sama.

Kurang lebih ini cerita yang dibagikan oleh tim petinggi Aerofood ACS. Selanjutnya chef andalan Aerofood ACS menyajikan menu-menu dari first class Garuda Indonesia. Kuliner lokal yang makin mendunia dan pastinyaaa... bikin mendadak lapar, hehe...

Di antara beragam menu, mungkin ada yang menjadi menu favoritnya teman-teman ya kalau pas lagi naik first class-nya Garuda Indonesia...

Garuda Indonesia Grup
Nasi Rendang - Aerofood ACS - Garuda Indonesia Grup

Garuda Indonesia Grup
Nasi Sate Lilit Urap - Aerofood ACS - Garuda Indonesia Grup

Garuda Indonesia Grup
Lontong Sate Ayam - Aerofood ACS - Garuda Indonesia Grup

Garuda Indonesia Grup
Gado Gado - Aerofood ACS - Garuda Indonesia Grup

Garuda Indonesia Grup
Asinan - Aerofood ACS - Garuda Indonesia Grup
Aneka Dessert

Garuda Indonesia Grup
Aerofood ACS - Garuda Indonesia Grup

Garuda Indonesia Grup
Aerofood ACS - Garuda Indonesia Grup

Garuda Indonesia Grup
Aerofood ACS - Garuda Indonesia Grup

Tampilannya enak-enak banget ya. Sebagian menunya ada yang saya cobain juga pas lagi makan siang. Dan beneran nggak cuma cantik tampilannya aja, tapi rasanya pun juara...

Selesai cekrek-cekrekkk yang bikin laper juga, haha... Inilah moment yang paling ditunggu-tunggu... yaitu jalan-jalan keliling dapur Aerofood ACS yang super gedeee... horeyyy...

Eh iya, sebelum dibolehkan Kitchen Tour, kami mulai mengisi quisioner dulu. Salah satu yang diisi adalah suhu tubuh. Kami dicek satu-satu, kayak gini...

Garuda Indonesia Grup
Pengecekan suhu tubuh - Aerofood ACS - Garuda Indonesia Grup 
Alhamdulillah, suhu tubuh saya masih termasuk sehat, haha... Jadi boleh dong ikut jalan-jalan keliling dapur, yeayyy... Lalu ada lagi yang mesti di-checklist, misalnya apa punya penyakit macam diare atau hepatitis. Udah gitu ada pertanyaan tujuan kami untuk Kitchen Tour ini.

Setelah semuanya beres, mulailah kami memakai “jas” khusus, masker, dan penutup kepala. Kalau yang berhijab, ada penutup kepala khusus juga. Oh ya, untungnya kami semua memang pakai flat shoes, jadi nggak ada yang disuruh nyeker karena pakai high heels, haha...

Handphone dan kamera juga nggak boleh dibawa masuk. Jadi semua foto yang ada di Kitchen Tour ini merupakan hasil difotoin tim Aerofood ACS.

Yuhuuu... perjalanan pun dimulai dengan menuju lantai produksi. Mulai dari penerimaan raw materials macam daging, buah, sayur, makanan kalengan, dan sebagainya. Lalu raw materials ini dicuci dengan menggunakan klorin 50 – 100 ppm.

Garuda Indonesia Grup
Ruang Produksi - Aerofood ACS - Garuda Indonesia Grup
Nggak cuma sekedar cuci bersih aja. Raw materials itu pun masuk ke dalam lab dulu untuk dicek, apa bahan-bahan tersebut udah bebas bakteri. Kalau udah dinyatakan fresh oleh bagian lab, barulah disimpan di storage untuk siap dimasak oleh bagian kitchen.

Inilah yang saya bilang, kalau tentang keamanan pangannya benar-benar sangat diperhatikan. Oh iya, terus kami juga melihat yang namanya fish room, chicken room, serta beef room. Jadi tiap daging aja “diurusnya” di ruangan berbeda, dan masing-masing ruangannya cukup besar.

Garuda Indonesia Grup
Cuci tangan sebelum jalan jalan - Aerofood ACS - Garuda Indonesia Grup
Dari ruang produksi, perjalanan kami lanjut menuju ruang kitchen. Sebelum masuk kitchen area, kami diminta untuk cuci tangan lalu. Kembali kami melakukan pemeriksaan.

Langkah kami tiba di ruangan Pastry & Bakery. Yang udah pasti, aroma roti dan kue-kue pun menguar, haha... Wangi-wangi bangettt... Snack lainnya macam pudding, cokelat praline, serta jajanan pasar juga dibuat di sini.

Garuda Indonesia Grup
Melapar bareng di ruang pastry, hehe... - Aerofood ACS - Garuda Indonesia Grup
Berapa kue yang dibuat setiap harinya? Bisa kisaran 35 ribu – 50 ribu kue saat high seasons begini, olalaaa... Oh iya, kami juga kenalan dengan Chef Osawa, yang pastinya spesialis masakan Jepang dan udah jago berbahasa Indonesia, hehe...

Lanjut kami mengintip ruangan Hot Kitchen. Di ruangan inilah para chef sibuk memasak menu Indonesia, Japanese, Western, dan juga Chinese. Para chef-nya juga dari mancanegara. Kalau untuk masakan first class, ruangan Hot Kitchen-nya ini beda, karena menggunakan raw materials yang berbeda juga.

Garuda Indonesia Grup
Aerofood ACS - Garuda Indonesia Grup
Semua masakannya udah matang, saatnya dibekukan dalam suhu kurang dari 5 derajat, untuk menjaga kadar higienis dan bebas bakteri.

Dari Hot Kitchen, kami menuju Cold Kitchen. Di sinilah disiapkannya macam salad dan sandwich. Ini sama ya, nantinya akan dibekukan juga. Oh iya, ruangan khusus es batu juga ada lho, hehe...

Garuda Indonesia Grup
Aerofood ACS - Garuda Indonesia Grup
Sebelum dibekukan juga ada pengecekan akhir, biar makanannya nggak ada benda-benda tak terduga yang ikut masuk (misalnya rambut, dll)

Kami pun tiba di ruangan akhir, yaitu makanan dan minuman siap untuk dibawa pada truck atau mobil yang juga ada pendinginnya. Nggak cuma makanan dan minuman serta alat makan minum aja, tapi macam selimut dan majalah, juga disiapkan dari Aerofood ACS.

Wahhh... saya baru tau kalau Aerofood ACS juga menyediakan selimut, majalah, headset, dan sebagainya juga. Lengkap banget ya.

Jadwal penerbangan juga ada di sebuah papan besar. Segala kebutuhan dihitung sesuai dengan jumlah penumpang. Nah makanya, kalau bisa jangan sampai kita check in ketika last minutes ya, karena kasihan lho tim makanan dan barang jadi mesti nganter kebutuhan tambahan lagi, sedangkan jarak dengan maskapai kan nggak dekat juga.

Semua food, beverages, dan juga materials lainnya yang siap angkut, pastinya udah melewati security check akhir. Jadi dipastikan udah nggak ada barang-barang berbahaya.

Garuda Indonesia Grup
Yeayyy... sampe di atas, banyak truknya - Aerofood ACS - Garuda Indonesia Grup
Terakhir, kami pun tiba di atas dengan melihat deretan truck yang mondar-mandir. Ada yang besar dan kecil juga, sesuai dengan kebutuhan logistik maskapai.

Selesai sudah Kitchen Tour kami ke dapur raksasa Aerofood ACS. Wow luas banget ternyata. Kembali kami menuju ruangan untuk ngobrol-ngobrol dengan Chef Osawa dan juga Chef Eddy, yang dilanjutkan dengan makan siang.

Ini sedikit video keseruan kami selama di sana ya...


Ceritanya bersambung ya pada postingan selanjutnya, hehe... Ada menu-menu yang disajikan untuk business class serta menu prasmanan untuk catering perusahaan. Dan satu lagi... ada minuman favoritnya RI 1, uwewww...

Makasih banyak ya teman-teman udah mampir. Ayo incer-incer dulu menunya untuk naik pesawat nanti, hehe...


Untuk info lengkapnya, cuss aja ya ke:

www.aerowisatafood.com
www.linkedin.com/company/aerofoodacsindo
www.instagram.com/aerofoodacsindo
www.facebook.com/aerofoodacsindo

No comments:

Post a Comment

Hai, temans... Makasih banyak ya udah mampir. Semua komen lewat jalur moderasi dulu ya :D Don't call me "mak" or "bund", coz I'm not emak-emak or bunda-bunda :P