Membungkus Makanan dengan Plastik PP Wayang

Plastik PP Wayang – rekomendasi plastik yang aman untuk membungkus makanan.

Plastik untuk makanan
Plastik PP Wayang 
Apa kabar, teman-teman?

Duluuu... jamannya masih ngajar full time di sebuah lembaga kursus, saya selalu bawa bekal untuk makan siang. Sebelum berangkat, saya isi lunch box dengan nasi dan juga lauk kering. Kalau pas lagi ada gorengan macam tahu, tempe, atau bakwan, ya digabungin juga di atas atau di pinggiran nasi.


Nah masalahnya kalau di rumah itu lebih sering masak lauk yang dibalado, dibumbuin, maupun digulai, haha... Lalu seringkali lauk yang pake bumbu atau disambelin gini – apalagi digulai, suka bleber dari lunch box-nya. Bisa jadi ngenain penghuni tas lainnya juga.

Ini makanya, walau udah pake lunch box, plastik tetap saya gunakan untuk membungkus  lauk dan juga sayur, yang kurang aman digabungin dalam lunch box.

Kalau sekarang sih karena udah nggak ngajar di lembaga kursus lagi, jadi yang masih selalu bawa bekal makan siang itu Tante, dengan cara yang sama dengan saya.

Selain untuk membungkus bekal makan siang, biasanya plastik makanan digunakan kalau pas mau bepergian, atau mau ngasih makanan ke adek sepupu yang lagi main ke rumah.


Hemat Plastik as Always

Plastik untuk makanan
Plastik PP Wayang 
Iyesss... saya dan teman-teman semua pastinya mendukung ya akan diet plastik. Ini makanya, saya dan Tante sebisa mungkin juga ikut hemat plastik. Di rumah itu kami punya stok plastik dengan berbagai ukuran. Jadi jangan sampe, ketika mau masukkin makanan yang agak banyak, jadi menggunakan lebih dari 1 plastik.

Cara kami menghemat plastik yang kedua adalah sebisa mungkin menggabungkan. Misalnya ada tumis oncom dan ikan balado, hehe... Ini kalau digabungkan dalam 1 plastik kan nggak apa-apa. Apalagi kalau sayurnya berupa tumisan, bisa juga digabungkan sekalian.

Lalu plastik yang kami gunakan itu juga mesti yang bahannya agak tebal, walau mungkin harganya sedikit lebih mahal. Karena kalau plastiknya tipis takut gampang jebol, jadi mesti lapis 2 deh. Ini kan jadi termasuk buang-buang plastik ya. 

Plastik Makanan yang Aman       

Plastik untuk makanan
Plastik PP Wayang 
“Ah tibang plastik doang, kan nggak masuk ke dalam perut ini!” Balas salah seorang teman, pas saya ogah ditawarin gorengan yang pembungkusnya langsung pake kantong plastik item, haha....

Walau cuma plastik pembungkus, tapi pastinya bagi kita-kita yang peduli banget dengan kesehatan, nggak mau sembarangan juga ya. Plastik untuk membungkus makanan, tentunya harus jauh lebih aman dibanding plastik untuk kebutuhan lainnya.

Plastik makanan yang aman akan lebih tebal, jadi kalau pas masukkin makanan yang masih hangat, nggak bakalan kisut. Selain bikin bocor kalau makanannya itu rada berkuah, plastik kisut yang nempel di makanan kan jadi bikin makanan nggak sehat lagi. Masak sendiri tentu biar kita bisa mengecek kesehatan makanan itu sendiri, nah jangan sampe bahaya itu justru dari plastik pembungkusnya.

Plastik PP Wayang untuk Membungkus Makanan

Plastik untuk makanan
Plastik PP Wayang
Pas lagi nyari info tentang plastik pembungkus makanan yang aman, saya pun mendapati plastik PP Wayang. Sebelum beli, enaknya kan nyari info lebih lengkap dulu, yes...

Dari yang saya baca, ternyata plastik PP Wayang untuk membungkus makanan ini merupakan jenis plastik PP alias Polypropylene. Nah plastik jenis ini ditandai dengan warnanya yang bening transparan. Udah gitu permukaan plastiknya kelihatan mengkilap.

Plastik PP Wayang ini dibikinnya dari biji plastik berkualitas grade A. Kualitas yang maksimal ini yang mengurangi risiko plastik jadi jadi cepet kuning. Namanya plastik kan dibelinya sekali banyak ya. Kalo dipakenya dikit-dikit trus tau-tau udah menguning, wahahaaa... bisa langsung tercampak deh tuh plastik.

Karena dibikinnya dari bahan standar food grade, plastik PP Wayang ini nggak mengandung bahan biji plastik yang bisa didaur ulang. Udah gitu, seal 2 lapisnya bikin plastik PP Wayang ini jadi lebih kuat.

Nah ini nih yang bikin plastik PP Wayang bisa jadi rekomendasi untuk kita-kita. Plastik PP Wayang ini udah punya Sertifikasi ISO 9001 dalam management produksi dan penjamin mutu produk.

Plastik PP Wayang ternyata juga punya label Halal MUI. Neh yang halal jangan cuma makanannya aja ya, tapi pembungkus makanannya pun juga mesti halal.

Sebagai tanda begitu diminati masyarakat, plastik PP Wayang ini juga mendapatkan Indonesian Best Brand Award (2001-2018) untuk kategori penghargaan untuk produk pilihan masyarakat. Waaa keren yaaa...

Plastik untuk makanan
Plastik PP Wayang 
Kantong plastik PP Wayang ini emang lebih tebal, jadi pas saya masukkin gorengan yang masih rada hangat, ini nggak kisut sama sekali. Baiknya masukkin makanan memang jangan pas masih panas banget ya. Saya diamkan sebentar, baru deh dimasukkin.

Plastik untuk makanan
Plastik PP Wayang
Lalu ini untuk membungkus pudding. Pas dimakan, sama sekali nggak bau plastik pudding-nya, hehe...

Plastik PP Wayang untuk membungkus makanan ini biasanya Tante saya beli di toko plastik atau kadang di toko bahan makanan juga ada.

Pas terakhir beli, saya pun jadi tau kalau kantong plastik PP Wayang ini ternyata udah punya logo baru. Sebelumnya saya familiar dengan logo yang lama ini...

Plastik untuk makanan
Plastik PP Wayang logo lama
Nah kalau ini yang logo barunya...

Plastik untuk makanan
Plastik PP Wayang logo baru
Menggunakan plastik sebagai pembungkus makanan memang merupakan cara yang paling praktis. Tapi tetap kayak yang saya tulis di atas, plastik harus selalu kita gunakan dengan bijak. Dan jangan lupa pastinya untuk selalu membuang sampah plastik yang udah kita gunakan, ke tempat sampah.  

Makasih banyak ya teman-teman udah mampir. Moga bisa jadi rekomendasi ya, bagi teman-teman yang lagi hunting plastik pembungkus makanan yang halal dan aman...

16 comments:

  1. aku juga pakai plastik wayang ini nih buat bungkus2 makanan, alhamdulillah tenang karena udah ada logo halal MUI nya

    ReplyDelete
  2. Wiiiih, keren amat nih plastik Wayang. Bahannya lebih tebal dibandingkan plastik merk lain. Ada halal MUI pula. Asik dong kalau abis arisan mamah2 ngantongin makanan oake plastik Wayang ini aja ntar aku kasih tau teman2ku ya. Buat sayur dan tumisan juga kuat kan ga perlu khawatir bolong.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya buat arisan nih, Mba Nurul. Jadi aman kan bungkusan kuenya kalau pakai plastik khusus untuk makanan :D

      Delete
  3. Setuju Miss diet plastik salah satunya ya sesuaikan dengan ukuran kayak bawa tumisan itu bisa cmapur dengan ikan..pengalamanku juga kalau di kedai es krim dipaskan sama ukuran kemasannya krn sayang banget kalau makanannya kecil tapi plastiknya ukuran gede hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah iya disesuaikan dengan isi makanannya juga ya :D

      Delete
  4. Aduh balado.. miss mau.
    Iya klo balado suka bleber di lunchbox ya mba. Aku jg mau nggak mau pake plastik yg penting gunakan secara bijak ^^
    Dan ini aman utk makanan ya, klo pedagang perlu banget ini kan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Minyak2 cabenya itu ya, haha... Makanya walau lunch box ternama sekalipun, kadang ya... suka bleber juga :D

      Delete
  5. akupun masih rajin bawa bekal ke kantor. dan biasanya si mba asisten bungkusin lauk2 yg berkuah dlm plstik juga. tp aku ga prnh cek merk plastik yg dia beli. kayaknya perlu aku sidak juga seeekali hahahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haha iya mesti yang aman untuk makanan dong :D

      Delete
  6. Nah kalau bawa bekal tanpa dikemas plastik lagi tuh malah ribet menurutku. Belum lagi aromanya tercampur bikin nggak selera, dan risiko tumpah selalu ada. Pilihanku jatuh pada plastik Wayang ini. Selain tebal, bening juga aman buat makanan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya khawatir juga tumpah ya, Bu Paus. Jadi mesti sering ngecek tas deh, haha...

      Delete
  7. bener2. jenis plastik penting banget buat diwaspadain kalo soal bungkus makanan. kan gak lucu udah berusaha sehat bawa bekal dari rumah, tapi malah kena sakit gegara kemasan plastiknya gak foodgrade ya. setuju pilih plastik food grade dan certified halal MUI

    ReplyDelete
  8. Aku pakai plastik PP Wayang juga Miss. Itupun tau karena Mamahku nitip beli ke toko plastik. Akhirnya ikutan beli juga, lumayan buat stok di rumah. Apalagi si Mada mau sekolah TK B. Kudu bawa bekal sehat dari rumah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya kalau buat bawa bekal tiap hari, mesti punya stok plastik makanan yang aman ya mba :D

      Delete

Hai, temans... Makasih banyak ya udah mampir. Semua komen lewat jalur moderasi dulu ya :D Don't call me "mak" or "bund", coz I'm not emak-emak or bunda-bunda :P