Senja di Perkampungan Nelayan Chew Jetty – Traveling Penang 2020 Day 1C

Cara ke perkampungan nelayan Chew Jetty dari Padang Kota Lama. Wisata Penang 2020.

Chew Jetty - Traveling Penang 2020
Ini urutan ceritanya ya:

Apa kabar, teman-teman?

Dari The Queen Victoria Memorial Clock Tower yang berada di bundaran jalan raya, lanjut kami menyeberang. Karena di sini nggak bisa langsung nyeberang, jadinya jalan ke kiri dulu sampe ketemu area untuk nyeberang.

Dari area Padang Kota Lama ini menuju Chew Jetty lumayan jauh juga dengan berjalan kaki. Kami istirahat dulu di sebuah kedai dengan jajan-jajan sembari ghibah ini itu, haha... Begitu kaki udah nggak pegel lagi, lanjut kita jalan kaki menuju Chew Jetty.

Teh Ais ikat tepi
Teh Ais - Wisata Penang 2020
Walaupun jalannya cukup jauh, tapi mata kami pun disuguhi dengan bangunan-bangunan khas Eropa di kanan dan kiri jalan. Jadi jalan-jalan santai aja sih sembari foto-foto di depan gedung-gedung yang bernuansa putih itu.

Spot foto Imlek di Penang 2020
Lalu kami pun melewati terminal dan juga pelabuhan. Berarti Chew Jetty-nya udah makin deket, haha... Kuliner pun juga nggak kalah banyaknya di pinggir jalan, yang kebanyakan sih Chinese food. Saya cuma lihat sekilas aja sih sembari jalan, karena agenda makan malam kami pun bukan di area ini.

Chew Jetty - Traveling Penang 2020

Chew Jetty - Wisata Penang 2020

Chew Jetty - Liburan Penang 2020
Sampailah kami di depan gerbang perkampungan nelayan Chew Jetty, horeyyy... Lampion merah khas Cina pun menghiasi gerbang ini. Lalu di sisi kanannya ada tempat ibadah yang cukup besar.

Aturan dan Jam Operasional Mengunjungi Perkampungan Nelayan Chew Jetty

Waktu Mengunjungi Chew Jetty - Liburan Penang 2020
Sebelum berkeliling perkampungan nelayan Chew Jetty, di area depannya ada papan yang bertuliskan waktu untuk jalan-jalan ke sini adalah jam 9 pagi s/d 9 malam. Kalau tempat wisata aja ada aturan waktunya, apalagi kita berkunjung ke pemukiman warga ya.

Lalu pas sebelum ke sini pun, Mba Dini udah bilang kalau ada beberapa rumah atau area yang nggak boleh kita ambil foto. Pas kami ke sana, memang ada beberapa rumah yang menuliskan ini. Ya ini juga mesti kita patuhi ya, untuk menjaga nama baik turis Indonesia.

Walau ini bukan aturan tertulis ya, tapi yang namanya ke pemukiman warga, ada baiknya bacot pun dijaga, haha... Jangan berisik tanda norak nggak karuan. Sekali lagi, kita datang membawa nama negara kita, begitupun “muka Indonesia”, haha...

Chew Jetty - Liburan Penang 2020

Kami bertiga mulai jalan melewati rumah-rumah warga. Ada yang rumah tempat tinggal biasa, ada pula kedai-kedai yang menjual jajanan serta souvenir. Kedai makan pun ada, tapi lebih banyak Chinese food non halal sih kalau yang saya lihat. Mungkin yang halalnya pun ada. Bahkan katanya penginapan pun di sini juga ada. Oh ya tadinya saya mau jajan ais durian yang menggoda iman, elalah malah lupa, haha...

Sampailah kami di ujung perumahan ini yang bertemu dengan pantai. Ada kapal-kapal nelayan yang parkir. Oh ya, pas kami ke sana ini, airnya lagi surut. Di sini ada space yang lumayan luas untuk kita duduk-duduk sembari menikmati matahari terbenam.

Chew Jetty - Liburan Penang 2020
Senja atau menuju matahari terbenam di sini itu sekitar jam 6 – 7 malam. Datang ke sini pas jam 5 rasanya sedeng sih kalau mau menikmati senja di perkampungan nelayan Chew Jetty ini.

Dari sini pula kelihatan temple yang ada di seberang sana. Lalu melihat rumah-rumah panggung khas rumah nelayan. Dan ada gedung-gedung di seberang pantai juga. Wah pokoknya menyenangkan deh duduk-duduk santai di sini.

Chew Jetty - Liburan Penang 2020
Kalau yang saya baca, Chew Jetty ini merupakan salah satu dari cluster 7 Clan Jetties, yaitu: Ong Jetty, Lim Jetty, Chew Jetty, Tan Jetty, Lee Jetty, New Jetty, dan Yeoh Jetty. Lalu yang paling terkenal sebagai tempat wisata bersejarah ya Chew Jetty ini.

Dulunya Clan ini ada 7, tapi karena ada kebakaran, jadinya tinggal 6 Clan Jetties aja. Sedangkan New Jetty merupakan cluster yang dihuni oleh para pendatang dengan beragam, nggak cuma 1 clan aja.

Chew Jetty - Liburan Penang 2020
Selesai menikmati senja di perkampungan nelayan Chew Jetty ini, saatnya kami menuju Lebuh Chuila untuk makan malam di Restoran Kapitan. Dari sini kami tinggal nyeberang dan melewati Lebuh Armenian.

Chew Jetty ini memang deketnya kalau kita berangkat dari penginapan (entah di Lebuh Chuila, Lebuh Armenian, dan sekitarnya). Tinggal mengikuti google map aja, trus nyeberang. Tapi kemarin itu kami agendanya memang dari Padang Kota Lama barulah ke Chew Jetty.

Sampai jumpa di traveling diary kami selanjutnya ya, makan malam kami di Restoran Kapitan. Masakan India menjadi agenda kulineran pertama kami selama di Penang kemarin.

Ini sedikit rekaman kami di sana ya...

Makasih banyak teman-teman udah mampir. Moga bisa jadi rekomendasi ya bagi teman-teman yang pingin liburan ke Penang.