Nonton Sunset di Green Talao Park - Wisata Sumatera Barat

Green Talao Park - ekowisata dan edukasi. Salah satu tempat wisata alam di pesisir pantai Padang Pariaman, Sumatera Barat. Berupa rawa yang dipenuhi oleh hutan bakau, batang nipah, dan berbagai tumbuhan mangrove. Serta tempat berdiamnya kepiting bakau dan lokan. Spot yang juga asyik untuk menyaksikan matahari terbenam, ketika berlibur ke Ranah Minang.

Apa kabar, teman-teman?

Padang Pariaman merupakan daerah pesisir pantai yang cukup panjang. Di sinilah kampung dan rumah emak bapak saya berada. Jadi kalau saya mau pergi ke pantai, udah ibarat ke minimarket aja, haha... Kalau orang lain mungkin pergi ke pantai, benar-benar mempersiapkan diri untuk liburan. Sementara kalau sayaaa... pas sore-sore gabut, ya udah samber bergo, pake sendal jepit, capcuss deh ke pantai motoran sama tante, haha... No dandan-dandan rapi, hahahah...

Ada 2 pantai yang terbilang dekat dari rumah. Jadi cukup naik motor aja ke arah belakang rumah, lurus aja ikuti jalan, kemudian belok kiri. Udah nyampe deh ke Pantai Tiram. Belok kanan dan lurus sedikit, kami pun tiba di Green Talao Park.

Green Talao Park – ekowisata dan edukasi

Pertama kali saya ke Green Talao Park ini tahun lalu, liburan yang berbarengan dengan adek nikah. Adek pun juga baru dengar tentang tempat wisata ini. Ternyata Talao juga memang baru dibuka pas pertengahan tahun 2020. Wow, berarti memang masih baru juga, pas kami ke sana di bulan Oktober 2020.

Green Talao Park berada di Jl. Syekh Burhanuddin, Ulakan Tapakis, Padang Pariaman, Sumatera Barat.

Ide pembuatan ekowisata dan edukasi Talao ini sendiri berasal dari warga setempat, Bapak Adi Kurniawan. Beliau juga ketua Badan Usaha Milik Nagari (BUMNag) setempat.

Nama desa (atau di sini disebutnya korong) tempat Talao ini berada adalah Gantiang Tangah Padang (GTP). Nah biar tetap menggunakan nama GTP, tapi yang lebih menjual, jadilah ekowisata dan edukasi ini dinamakan Green Talao Park (GTP).

Bagi teman-teman yang senang dengan tempat wisata yang berkonsep alam, Talao bisa menjadi rekomendasi untuk lihat-lihat area hijau, rawa, serta pantai dari kejauhan.

Jembatan atau jalan setapak dari kayu yang membentang cukup luas, ini menjadi spot wajib bagi pejuang selfie, hahah... Memang wood path ini kayaknya yang menjadi andalannya Talao.

Di Talao ini, pengunjung nggak cuma bisa melihat rawa dan hutan bakau aja, tapi juga pantai dengan perahu yang berjejer. Tapi kita cuma bisa melihat dari kejauhan aja ya, nggak bisa main di area pantai. Jadi kalau teman-teman mau main atau foto-foto di area pasir pantai,  bisa ke Pantai Tiram aja sebelum atau sesudah dari Talao.

Kapan Waktu yang Tepat ke Green Talao Park?

Green Talao Park buka dari jam 8.30 pagi sampai dengan jam 6.30 malam.

Karena daerah pesisir pantai, jadi Pariaman emang cukup panas juga. Jadi kalau teman-teman pingin lebih nyaman jalan-jalan dan selfie wefie, tentu enaknya ke Talao ini pas udah sore aja. Kisaran jam 4 sore juga udah enak sih. Walau emang masih panas, tapi udah nggak terik banget.

Makin sore, kita juga jadi bisa melihat sunset di Talao. Buat teman-teman yang senang mengabadikan momen matahari terbenam, atau selfie dan wefie dengan background sunset sembari angkat tangan mengibarkan ketek tanda lagi traveling, ini keren banget lho...

Harga Tiket Masuk ke Green Talao Park

Kali pertama ke sini pas bulan Oktober tahun lalu, kami sempat nyeletuk, “Oh ada tiket masuknya ya...” Hahahah... karena memang kalau ke Pantai Tiram kan gratis. Iya, karena di Talao kan ada tempat nongkrong dan beberapa permainan juga, tentu butuh biaya perawatan tempat juga kan.

Harga tiket masuk ke Green Talao Park ini cukup terjangkau juga. Untuk anak-anak, dikenakan tiket masuk Rp. 2 ribu, sementara orang dewasa Rp. 5 ribu.

Lalu untuk kendaraan, motor akan dikenakan Rp. 2 ribu, dan mobil Rp. 5 ribu.

Sedangkan untuk permainan dan mungkin ada yang sesi foto prewedding atau booking tempat untuk acara, ini ada rincian biayanya ya...

Cara ke Green Talao Park

Karena menggunakan motor, jadi dari Pantai Tiram, kami tinggal ke arah kanan dan jalan lurus aja. Nggak berapa jauh, ada panah yang mengarahkan untuk belok dan berjalan lurus, melewati jalan setapak yang nggak begitu jauh juga sih.

Nah kalau teman-teman naik mobil, coba dilihat akses jalan mobil aja ya di google map, atau cari informasi lain untuk jalan akses mobil. Karena jalan yang kami lewati rasanya cuma bisa untuk jalan motor aja deh.

Kali Kedua Kami ke Green Talao Park

6 bulan sudah saya tinggal di kampung. Saya lebih sering bolak-balik ke Pantai Tiram aja. Karena sore juga lebih sering hujan, ini juga yang bikin saya lebih banyak di rumah aja. Nah pas kala itu langit sangat cerah, saya pun kembali motoran sama Tante ke Green Talao Park.

Rasanya tempat wisata manapun juga, banyak yang belum sepenuhnya pulih kayak dulu. Begitupun dengan Talao. Pengunjung yang datang cuma satu-satu. Kalau dulu ada tempat nongkrong dari meja dan kursi kayu di tengah rerumputan, macam suasana piknik. Dan kami pun bisa jajan kerupuk kuah sate, yang merupakan salah satu jajanan khas Minang. Ada pula pop mie, es kelapa, dan minuman lainnya yang menjadi khas jajanan pantai.

Tapi pas kemarin ke sana, kedai jajanannya banyak yang tutup. Meja dan kursi kayu tempat nongkrongnya juga nggak digelar. Tapi kedai yang buka juga tetap ada, dan kita bisa makan minum di pondokan.

Moga pandemi benar-benar berlalu ya, biar orang-orang yang mencari rezeki di tempat wisata, bisa lancar lagi. Karena pengunjung yang datang pun juga banyak...

Mari simak juga video yang saya rekam sewaktu main ke Green Talao Park kali kedua...

Oke, ini dia cerita saya dari menikmati sunset di Green Talao Park di Padang Pariaman, Sumatera Barat. Moga bisa menjadi rekomendasi bagi teman-teman yang pingin liburan ke Sumatera Barat, suatu saat nanti. Makasih banyak ya udah mampir...