Resep Itiak Lado Mudo – Bebek Kuah Cabe Hijau Koto Gadang

Memasak bebek memang ada tipsnya, biar rasanya nggak amis, dan dagingnya pun nggak keras. Berikut ini cara memasak itiak lado mudo – bebek yang dimasak dengan kuah cabe hijau dan rempah lainnya. Masakan olahan bebek yang merupakan kuliner khas Koto Gadang, Sumatera Barat. 

 

Itiak lado mudo
Cara memasak itiak lado mudo Koto Gadang

Apa kabar, teman-teman?


Kala itu, salah seorang ketua komunitas blogger mengabarkan lewat kolom pesan di sebuah social media, bersamaan dengan beberapa teman food bloggers lainnya. Jadi ada sebuah restoran online itiak lado mudo dari Bukittinggi, yang ingin meminta kami untuk mencicipi masakan mereka, sekaligus berbagi cerita lewat blog dan instagram.


Walaupun ini kuliner Minang, tapi saya nggak familiar dengan masakan ini. Oh ya, kalau di kampung kami, masakan olahan bebek memang kurang familiar. Jadilah saya mencari info tentang itiak lado mudo ini, lewat google tentunya. Oww ternyata ini bebek yang dimasak dengan kuah cabe hijau dan rempah lainnya. Pake dedaunan juga, biar masakannya tambah maknyus.


Karena memang penyuka masakan olahan bebek, tentunya saya doyan banget dengan itiak lado mudo, yang kala itu memang asli dikirim dari Bukittinggi.


Oh ya, itiak lado mudo juga merupakan salah satu rekomendasi kuliner, bagi teman-teman yang pingin berwisata kuliner ke Bukittinggi dan sekitarnya. Bisa dibilang, itiak lado mudo ini lebih familiar dari ayam lado mudo. Cuma baik bebek maupun ayam, tentu ada penggemarnya masing-masing ya.


Sampai akhirnya, tahun lalu saya sempat berjualan masakan Padang frozen lewat aplikasi online. Untuk nambah menu, terpikirlah saya untuk berjualan itiak lado mudo juga.


Rasanya pertama kalinya saya tau channel youtube Dapur Uni Et, karena pingin nyoba masak itiak lado mudo ini. Dari yang Amak Uni Et jelaskan, ternyata masaknya nggak sesusah yang saya kira, haha...


Daging bebek itu amis dan keras. Biasanya ini yang bikin orang jadi malas untuk masak bebek. Dari yang Amak Uni Et jelaskan, saya mau berbagi tipsnya ya, biar itiak lado mudo yang kita masak itu anti amis dan anti keras.

 


Tips Memasak Itiak Lado Mudo Biar Nggak Amis dan Empuk

 

Marinasi Bebek Sebelum Direbus


Jadi setelah daging bebek dipotong, dibuang kulitnya, lalu dicuci hingga bersih, campurkan lada halus, garam, dan air jeruk nipis. Nanti takarannya saya tulis di bawah ya.


Lalu marinasi atau diamkan sekitar 5 menit. Kemudian dicuci lagi. Ini cara untuk menghilangkan bau amis pada daging bebek.

 


Buang Busa yang Keluar Ketika Direbus


Kemudian daging bebek direbus bareng dengan dedaunan. Nanti kan keluar busanya dikit-dikit, nah ini mesti dibuang, untuk ngilangin amis juga. Sampe air rebusannya kelihatan bening lagi.

 


Rebus dengan Dedaunan


Selain rempahnya yang cukup banyak, dedaunan yang digunakan juga yang bikin daging bebek jadi hilang amisnya. Makanya dedaunannya ini dimasukkan dari awal merebus.

 


Gunakan Air Panas Kalau Mau Menambah Air


Daging bebek yang empuk, tentu karena kita memasaknya dalam waktu yang cukup lama. Kalau itiak lado mudo ini dimasaknya kurang lebih 2 jam. Gunakan api pelan aja biar airnya nggak cepat habis juga.


Nah kalau misalnya airnya itu habis dan teman-teman mau menambahkannya lagi, gunakan air panas ya. Karena kalau air dingin, nanti daging bebeknya keras lagi.

 


Oke, itu beberapa tips untuk memasak itiak lado mudo yang empuk dan nggak amis. Jadi cara masaknya agak berbeda ya, dengan ayam lado mudo. Resepnya bisa mampir ke link ini aja ya -) Resep Ayam Lado Mudo


 

Yuk sekarang kita siapkan bahan-bahannya. Resepnya saya recook dari Amak youtuber kece, Dapur Uni Et, dengan takaran yang saya sesuaikan.

 

Bebek kuah cabe hijau Koto Gadang
Ini karena untuk di-frozen, jadi masih agak berkuah ya...

Cara membuat Itiak Lado Mudo – Bebek Kuah Cabe Hijau, ini dia yang perlu disiapkan:


1 ekor bebek, buang kulitnya, potong 8

½ sdt lada bubuk

1 sdt garam

1 buah jeruk nipis, peras airnya

 

500 ml air

1 bulatan bawang bombay, iris

1 ruas ibu jari lengkuas, geprek

3 lembar daun jeruk

 

3 lembar daun salam

1 lembar daun kunyit, sobek

1 batang sereh, geprek

Sedikit kayu manis

 

1 sdt garam

½ sdt kaldu bubuk

Secukupnya minyak goreng



Bumbu giling sambal ijo:


150 - 200 gram cabe ijo

20 – 30 gram cabe rawit ijo

3 ruas jeruk nipis

 


Bumbu giling:


8 siung bawang merah

6 siung bawang putih

3 butir kemiri

½ ruas ibu jari jahe

 

½ ruas ibu jari kunyit

¼ bulatan pala 

5 butir cengkeh

½ sdt lada

 

1 sdt ketumbar 

2 buah bunga lawang

3 butir kapulaga



Lalu ini ya cara memasak itiak lado mudo – bebek kuah cabe hijau:


Cuci bersih daging bebek dan lepas kulitnya. Campurkan dengan lada bubuk, garam, dan air jeruk nipis. Aduk, kemudian diamkan hingga 5 menit. Kemudian cuci lagi. Ini untuk menghilangkan amisnya.


Masukkan daging bebek, air, lengkuas, daun jeruk, daun salam, daun kunyit, sereh, dan kayu manis. Gunakan api pelan aja.


Kalau busanya muncul, dibuang ya. Ini juga biar amisnya hilang.


Panaskan minyak, lalu masukkan bumbu giling, tumis sampe wangi.


Masukkan gilingan cabe hijau, bawang bombay, garam, dan kaldu bubuk, lalu tumis lagi sampe wangi.


Kalau rebusannya udah nggak keluar busanya lagi (kurang lebih 30 menit), masukkan tumisan bumbu ke dalam air rebusan, masak lagi sampe empuk, kurang lebih 1,5 jam lagi. Gunakan api pelan aja ya.


Total masak mulai dari merebus itu kurang lebih 2 jam, gunakan api pelan aja. Kalau misal airnya kurang, tambahkan dengan air panas. Karena kalau pake air dingin, nanti daging bebeknya keras lagi.


Cobain dulu ya rasa garamnya.

 


Ini rasanya perpaduan gurih agak pedas, plus ada seger-segernya dari jeruk nipis. Kalau bebek memang lebih berminyak, ketimbang ayam. Jadi numis bumbunya juga minyaknya ngepas aja, biar masakannya nggak kelewat berminyak juga.


Oke, ini dia resep itiak lado mudo – bebek kuah cabe hijau khas Koto Gadang, Sumatera Barat. Moga bisa jadi rekomendasi masakan harian teman-teman ya, terutama penyuka kuliner Minang. Makasih banyak ya udah mampir.

No comments:

Post a Comment

Hai, temans... Makasih banyak ya udah mampir. Semua komen lewat jalur moderasi dulu ya :D Don't call me "mak" or "bund", coz I'm not emak-emak or bunda-bunda :P