Resep Sambalado Hijau Anti Langu

Sambalado hijau merupakan salah satu masakan padang dari olahan cabe ijo, serta bahan lainnya. Sambalado hijau bisa disajikan dengan lauk dan sayuran yang dikukus atau direbus bersamaan. Rekomendasi kuliner Minang olahan sambal.


Apa kabar, teman-teman?


Sedari tinggal di rumah almarhumah nenek di Jakarta dulu, menu sahur memang disiapkan sekalian dengan buka puasa atau makan malam. Selain takut mana tau bangunnya kesiangan, buat nenek, memasak dengan mata yang mengantuk itu cukup membahayakan. Jadi kalaupun terbangun lebih awal, lebih baik waktunya digunakan untuk sholat tahajud.


Jadi ketika bangun sahur, cukuplah tinggal memanaskan aja. Bahkan ada juga masakan yang nggak perlu dipanaskan lagi, misalnya masakan yang digoreng balado, maupun gulai yang menjelang tidur pun udah dipanaskan. Kalaupun harus dipanaskan, palingan kayak sup gitu.


Nggak melulu tentang masakan “kelas berat”, terkadang kami pun juga menyiapkan menu sahur yang praktis. Misal oseng-oseng, atau sambal untuk disantap dengan lalapan. Nah kalau ini biasanya dimasak pas menjelang tidur.


Untuk sayuran memang mesti dipilih, mana yang boleh disantap dalam waktu yang cukup panjang. Kalau macam sayur bayam itu hampir nggak pernah dimasak pas Ramadan, karena bayam nggak bisa lama kan. Palingan ya buat makan malam aja.


Sebagai orang Minang, kami memang terbiasa makan pedas, baik berbuka puasa atau makan malam, begitu juga dengan sahur. Bahkan sarapan pun di kampung ini, orang-orang udah terbiasa dengan ketupat berkuah pedas, haha...


Salah satu menu sahur praktis yang biasa kami masak adalah Sambalado Hijau. Sambal hijau khas Minang yang disantap dengan rebusan atau kukusan daun singkong dan terong. Atau timun dan kol mentah. Sesuaikan aja dengan lalapan kesukaan teman-teman ya. Pete kukus juga tambah mantap ya, hehe... Campurkan ini ke sambalnya.


Lalu untuk lauknya, Nit?


Biasanya sih telur rebus atau dikukus berbarengan dengan sayuran. Kami punya dandang ukuran sedang. Kulit telur yang udah dicuci, tinggal dikukus bareng aja dengan sayuran.


Terkadang juga bisa ikan tongkol kukus. Ikan yang udah diaduk dengan parutan bawang putih, garam, sedikit lada bubuk, dan jeruk nipis. Ikut juga dikukus barengan sayuran.


Makanya buat kami, Sambalado Hijau ini bisa dijadikan menu sahur praktis, karena bahannya mudah didapat, nggak banyak, serta cara memasaknya pun cepat. Biasa kami masak menjelang tidur.

 


Tips Memasak Sambalado Hijau Anti Langu dan Warnanya Hijau Cerah


Terkadang ada yang bilang, kalau mereka senang mencicipi Sambalado Hijau kayak yang ada di kedai Nasi Padang. Tapi pas masak sendiri kok rasanya langu ya, macam bumbu masak yang masih berasa mentah.


Berikut ini tips untuk memasak Sambalado Hijau yang anti langu, serta warnanya pun hijau cerah:

 


Gunakan Cabe Hijau Keriting


Biar nggak langu, gunakan cabe hijau keriting ya, atau cabe hijau yang kurus-kurus, hehe... Jangan pake cabe hijau yang gede-gede itu, apa sih namanya, haha... Itu yang bikin rasanya jadi langu, atau kayak bumbu masak yang belum matang.

 


Gunakan Air yang Mendidih


Kalau ini untuk tampilan Sambalado Hijau yang hijau cerah. Merebus cabe hijau dan tomatnya menggunakan air yang benar-benar udah mendidih ya.


Air yang mendidih juga digunakan untuk merebus daun singkong, biar warnanya pun juga hijau cerah.

 


Rasanya 2 hal ini aja yang perlu diperhatikan, biar Sambalado Hijau yang kita masak, rasanya nggak langu, serta warnanya pun hijau cerah. Yuk sekarang kita siapkan bahan-bahannya...

Sambal hijau
Resep Sambalado Hijau Nasi Padang

Cara membuat sambalado hijau anti langu, ini dia yang perlu disiapkan:


20 buah cabe hijau keriting

5 buah cabe rawit hijau

1 buah tomat hijau

5 siung bawang merah


¼ sdt garam

2 ruas jeruk nipis / 1 sdt cuka

+_ 3 sdm minyak kelapa 

Secukupnya air

 

Pelengkapnya:

Telur rebus

Daun singkong

Kol

Timun

Pokoknya lalapan yang teman-teman suka ya 



Lalu ini ya cara memasak sambalado hijau anti langu:


Didihkan air, lalu masukkan cabe dan tomat. Rebus hingga kulit tomatnya pecah dan cabenya udah layu. Angkat, tiriskan. Airnya harus mendidih ya, biar warna hijaunya bagus. Lalu cabe hijaunya yang keriting, biar rasanya nggak langu.


Bawang merahnya mentah ya. Geprek dulu biar nanti nggak susah gilingnya. Lalu campurkan cabe, tomat, garam, dan jeruk nipis. Giling mau kasar-kasar aja atau sampe halus, terserah kesukaan teman-teman aja.


Lalu ini yang bikin Sambalado Hijau jadi makin enak. Tambahkan +_ 3 sdm minyak kelapa, kemudian aduk merata.  


Kalau misalnya nggak ada minyak kelapa, nggak usah pake minyak juga enggak apa-apa kok. Cuma memang kalau dikasih minyak kelapa, sambalnya jadi lebih wangiii...


Kalau bikin sambalado hijau dicampurkan teri goreng, minyak bekas goreng teri ini bisa dimasukkan sedikit. Tapi pastikan menggoreng terinya pake minyak yang baru ya, biar sambalnya nggak item, haha...


Cobain dulu ya rasa garamnya.


Lalu kalau teman-teman mau merebus daun singkong dan terong, gunakan air mendidih juga ya, biar warna hijaunya bagus. Dicampurkan aja merebusnya dengan terong. Abis itu baru deh merebus telur.


Selain direbus, cabe, tomat, dan daun singkong maupun terong pun juga bisa dikukus. Cuma kalau teman-teman nggak punya dandang, ya direbus aja.


Sajikan Sambalado Hijau dengan sayuran daun singkong, terong, timun, kol, dan telur rebus. Sesuaikan dengan kesukaan teman-teman aja. 


Ini dia rekaman cara memasaknya...


Ini juga merupakan rekomendasi sahur praktis tanpa menggunakan minyak sawit ya. Moga bermanfaat bagi teman-teman, terutama penyuka kuliner Minang atau masakan Padang. Makasih banyak ya udah mampir...

No comments:

Post a Comment

Hai, temans... Makasih banyak ya udah mampir. Semua komen lewat jalur moderasi dulu ya :D Don't call me "mak" or "bund", coz I'm not emak-emak or bunda-bunda :P