Resep Puding Tape Pandan

Cara membuat puding santan, dari olahan tape dengan pasta pandan. Rekomendasi cemilan manis yang juga bisa untuk menu hantaran.


Pudding tape pandan
Resep Puding Tape Pandan


Apa kabar, teman-teman?


Tape merupakan makanan dari olahan singkong yang difermentasi, hingga rasanya pun menjadi manis agak agak asam segar. Selain enak, tape pun biasa dijual dengan harga yang cukup terjangkau. Makanya peminatnya pun juga cukup banyak ya, terutama penyuka makanan tradisional.


Selain untuk dimakan begitu aja, ada beragam makanan yang dibuat dari olahan tape. Kayak colenak, yaitu tape yang dipanggang lalu disiram kuah gula merah. Kemudian untuk es doger juga menggunakan potongan tape, biar rasa esnya jadi ada asam segarnya. Untuk es cendol juga ada yang dimasukkan potongan tape.


Dulu sering juga saya bikin jus tape, karena katanya memang bagus untuk ngilangin jerawat. Dulu kan mukanya emang super sensi banget, haha... Kotor dikit langsung jerawatan. Makanya selain maskeran, sering minum jus tape juga. Tape yang diblender pake air. Kalau kurang manis, tambahin kental manis.


Selain itu, cemilan yang paling sering saya bikin dari olahan tape singkong adalah puding tape pandan. Tape singkong yang lembut, dimasak dengan campuran bubuk agar agar, santan, air, gula, serta pasta pandan biar warnanya hijau cerah dan wangi pandan juga.


Tapenya mau diblender halus atau diaduk kasar-kasar aja, keduanya juga sama enaknya. Kalau diblender, tentu tampilan pudingnya akan halus merata. Sementara kalau tapenya kasar-kasar aja, nanti pudingnya akan lebih berasa tapenya. Kalau untuk hantaran atau ngasih orang, bagusnya memang diblender aja.


Lalu kalau untuk santannya sih sedikit aja, biar pudding tapenya jadi lebih gurih dan warnanya pun hijau muda lebih cakep. Kalau teman-teman kurang suka santan, pake kental manis aja. Tapi kalau pake santan rasanya akan lebih gurih.


Yuk sekarang kita siapkan bahan-bahannya...


Pudding tape
Resep puding santan dari olahan tape dan pandan

Cara membuat puding tape pandan, ini dia bahan-bahan yang perlu disiapkan:


1 bungkus bubuk agar agar Swallow Globe atau sejenisnya

200 gram tape singkong, buang tulang tengahnya

200 ml santan 

 


600 ml air

8 – 10 sdm gula

Seujung sendok pasta pandan

 


Note:


Kalau teman-teman mau menggunakan santan instant, bisa pake yang segitiga ukuran 65 ml, sisanya tambah air aja.

 


Lalu ini ya cara memasak puding tape pandan:


Campurkan semua bahan, aduk merata. Gulanya masukkan 8 sdm dulu aja. Nyalakan kompor.


Kalau tapenya diblender, masak gunakan api sedang aja, sembari sering diaduk. Lalu kalau tapenya kasar kasar, masak dengan api agak pelan aja ya, biar tapenya halus sebelum mendidih.


Cobain dulu ya rasanya manisnya, karena tape ini kan manisnya beda-beda.


Kalau udah mendidih, tuang ke dalam loyang atau cetakan.


Kalau mau didinginkan di dalam kulkas, tunggu hingga udah nggak panas ya.

 


Ini rasanya perpaduan dari manis dan agak asam segar, jadi kalau dingin tambah seger banget ini.


Oke, ini dia resep puding tape pandan ala saya. Moga bermanfaat bagi teman-teman ya. Makasih banyak ya udah mampir...

No comments:

Post a Comment

Hai, temans... Makasih banyak ya udah mampir. Semua komen lewat jalur moderasi dulu ya :D Don't call me "mak" or "bund", coz I'm not emak-emak or bunda-bunda :P