Rekomendasi Wajan dan Panci Set Terbaik

Sebelum berbelanja alat masak, tentu kita harus mencari tau dulu kualitasnya. Karena selain melihat model dan ukuran, wajan dan panci set yang sehat serta awet, tentu juga harus menjadi pertimbangan utama. Berikut ini beberapa pilihan untuk berbelanja alat masak set secara online.


Rekomendasi wajan dan panci terbaik
Rekomendasi Wajan dan Panci Set Terbaik

Apa kabar, teman-teman?


Wajan dan panci, rasanya nggak cuma milik orang-orang yang seneng masak aja kan ya. Bagi anak kos sekalipun, banyak juga yang menyimpan wajan dan panci kecil di dalam kamar. Sekedar untuk menggoreng telur atau memasak mie instant.


Bagi saya, alat masak merupakan layaknya investasi. Makanya sebisa mungkin, kalau beli wajan dan panci itu yang pemakaiannya bisa tahan lama. Kalau sebulan masak, itu wajan ngelupas atau gagangnya gampang patah, tentunya akan bikin buang-buang duit. Sementara duit masuk sekarang susahnya minta ampun, ehh... malah curhat...


Nggak cuma investasi dari sisi ekonomi aja, investasi kesehatan jauh lebih penting bagi saya. Terutama untuk alat masak yang anti lengket. Kalau kurang bagus kualitasnya, salah-salah malah bisa bikin kanker. Padahal memasak sendiri merupakan salah satu cara kita untuk menjaga kesehatan, walau bukan berarti masakan beli matang itu nggak sehat ya.


Jadi sebelum memutuskan untuk berbelanja alat masak, ada beberapa tips yang mesti diperhatikan. Jadi jangan sampe, yang kita lihat cuma karena modelnya bagus, serta harganya yang murah. Bukan berarti alat masak dengan harga yang murah itu jelek, tapi mana tau kualitasnya memang kurang baik, apalagi kalau sampe ketemu alat masak dari brand tertentu yang palsu. Haduhhh...

 


Tips Memilih Wajan dan Panci Set yang Sehat:

 

Nggak Gampang Lengket


Wajan dan panci anti lengket, biasanya menjadi pilihan kita-kita kalau pingin berbelanja alat masak.


Ada 2 jenis lapisan pada wajan anti lengket. Yang pertama ada lapisan PTFE, atau yang lebih kita kenal dengan sebutan teflon. Lalu ada pula wajan keramik yang menggunakan bahan dari gel berbasis silika.


Ternyata wajan teflon ini bisa lebih tahan lama ketimbang wajan keramik, pemirsahhh... Tentu kalo kita makenya kagak brutal, hahahah... Tapinya, wajan teflon juga lebih gampang kena goresan.


Makanya terutama pada wajan teflon, harus menggunakan spatula dari kayu atau bahan-bahan yang nggak bikin wajan tergores. Begitupun dengan cara mencucinya. Gunakan spons atau busa yang lembut, biar wajan nggak kena gores juga.

 


Nggak Gampang Mengelupas


Wajan dan panci anti lengket yang berkualitas baik, tentunya lapisannya nggak gampang mengelupas juga, walaupun kita masak dengan api besar.


Salah satu perawatannya, jangan siram wajan ketika baru aja selesai digunakan. Tunggu dulu sampe udah dingin. Biasakan nyuci piring dan wajan entar-entaran, haha...

 


Panasnya Merata atau Tidak


Umumnya wajan dan panci anti lengket itu dibuat dari alumunium dan stainless steel. Wajan stainless steel bisa menghasilkan panas yang merata, tapi biasanya memang lebih berat dan lebih mahal.


Kalau teman-teman punya kompor tanam, nah ini gunakan wajan dan panci dari stainless steel ya.


Sementara wajan yang dibuatnya dari aluminium, ini nggak bisa untuk menghasilkan panas secara merata.


Kembali lagi pada kebutuhan masakan kita ya. Ada masakan yang perlu api merata, dan ada juga yang enggak.

 


Perhatikan Label Pada Kemasan


Gini, ada kandungan Perfluorooctanoic ACID atau PFOA, yang sifatnya karsinogenik. Ini bisa jadi pemicu timbulnya kanker.


Jadi kalau beli wajan dan panci anti lengket itu, jangan lupa perhatikan label “Bebas PFOA” atau “PFOA Free”.


Walaupun sekarang ini brands alat masak itu udah nggak menggunakan label ini (mungkin udah ada sistem pengecekan lain ya), tapi tetaplah kita berhati-hati sebelum berbelanja.

 


Perhatikan Gagangnya


Pilih wajan dan panci dengan gagang yang lembut. Kalau kalau mau beli yang ukurannya besar, pilih yang gagangnya cukup panjang ya.

  

 


Itu dia tips memilih wajan dan panci set yang sehat dan tahan lama. Lalu berikut ini beberapa brands yang bisa menjadi rekomendasi kita-kita, untuk berbelanja alat masak.

 


Rekomendasi Wajan dan Panci Set yang Bagus

 

Esier Cookware


Esier Cookware
Esier Cookware

Esier Cookware merupakan brand alat masak dari Indonesia, yang berbahan stainless steel dan marble coating. Ada beberapa variants wajan dan panci dari produknya Esier Cookware ini.

 


Berikut ini beberapa keunggulan dari Esier Cookware:


Less oil needed – memasak jadi nggak perlu banjir minyak.


Non sticky coating – menggunakan lapisan anti lengket.


Top durability – dibuat dari bahan premium.


PFOA Free – aman dari zat yang bisa bikin kanker


Cadmium Free – aman dari semacam logam yang bisa beracun.


Anti strach pan – dibuat dari bahan premium.


High heat distribution – penyebaran panasnya merata.

 


Mau lihat-lihat produk dari Esier Cookware, klik link ini aja ya -) Esier Cookware   

 


Pero Indonesia

Pero Indonesia
Pero Indonesia

Seusia namanya, Pero merupakan brand alat masak dari Indonesia. Selain menjual wajan dan panci set, koleksi Pero juga nggak kalah lengkapnya nih. Mulai dari peralatan dapur, elektronik, peralatan makan, alat baking, pisau dan gunting dapur, perlengkapan rumah, serta lainnya.


Berikut ini beberapa keunggulan dari Pero:


Terbuat dari alumunium coating granite 4 lapis


Non sticky coating


PFOA Free


Bisa digunakan untuk kompor gas maupun kompor listrik


Berbahan food grade

 


Produk alat masak dari Pero, bisa dikepoin di link ini ya -) Pero Indonesia 



Cypruz Kitchenware


Cypruz Kitchenware
Cypruz Kitchenware

Cypruz Kitchenware merupakan brand alat masak dari China. Selain wajan dan panci set, juga ada cookware lainnya, drinkware, electrical, home and living, kitchenware, serta tableware.


Lid atau gagang tutup panci yang terbuat dari kayu, menjadi salah satu keunggulan dari tampilan Cypruz Kitchenware.


 

Berikut ini beberapa keunggulan lainnya dari Cypruz Kitchenware:


Ketebalannya 33 MM – lebih tebal dari wajan atau panci umumnya.


Pada marble coating series, memiliki 3 lapis.


Pada diecast series, memiliki extra diamond coating.


Anti lengket dan anti gores.


Lapisan coating-nya tebal, jadi nggak mudah mengelupas


PFOA Free


Gagang handle-nya kokoh, nggak panas dan nggak licin saat api lagi dinyalakan.

 


Mau lihat-lihat produknya Cypruz Kitchenware, klik link ini aja ya -) Cypruz Kitchenware

 


Bima

Bima stainless steel
Bima Stainless Steel

Sesuai namanya – Bima, logonya pun juga gambar wayang Bima. Dulu nenek kalau beli panci juga dari brand Bima ini. Ternyata Bima udah eksis sejak tahun 1950. Ow my God, legend juga ya...


Lalu pada tahun 1970, Bima menjadi brand panci stainless steel pertama di Indonesia. Hingga sekarang, Bima udah banyak diekspor ke beberapa benua.


Yang khas dari produk Bima ini adalah pancinya bening, jadi sembari masak bisa ngaca, haha...


Selain panci, juga ada cookware lainnya, serta kitchen utensils dan tabletop.

 


Berikut ini beberapa keunggulan dari Bima:


Finest Stainless Steel 304 – premium tahan karat.


Modern classic finishing – modelnya klasik elegan.


High Technology Spot Welding – gagangnya ini kokoh.


Quality Tempered Glass Lid – penutup pancinya ini dari kaca dengan pengaturan temperatur uap yang baik.


Ergonomic Heat Resistant Handle – gagangnya itu nggak panas ketika api dinyalakan.  

 


Mau lihat-lihat koleksi dari Bima, klik link ini aja ya -) Bima Stainless Steel

 


Oke, ini dia rekomendasi dari wajan dan panci, serta alat masak lainnya. Kalau ada yang baru lagi, nanti saya tambah infonya ya. Moga bermanfaat bagi teman-teman juga. Makasih banyak ya udah mampir...

4 comments:

  1. Jadi kepengen ganti semua yang di rumah nih, aku jadi tau gimana milih yang bagus dan aman buat masak di rumah, thank u kak

    ReplyDelete
  2. Eh jadi tertarik beli yg BIMA. Aku ga suka masak mba, tapi punya panci set bagus itu mutlak hukumnya 😄😄. Walopun yg pakai si asisten. Tapi dengan punya wajan berkualitas premium, masak jadi LBH cepet dan hemat. Yg aku Pake skr ini steincookware sih, yg marble series. Ceplok telur udh ga perlu minyak, Krn beneran ga lengket.

    Tapi walo punya lengkap, aku pengen juga punya wajan yg dr aluminium dan iron cast, kayak yg dijual Ama tintinrayner. 😄.padahal sbnrnya kalo buatku LBH Krn seneng aja punya begitu, dipake masak belum tentu 🤣

    ReplyDelete
    Replies
    1. Apalagi kalau untuk orang lain yg pake ya, kayak asisten. Mending beli yg premium sekalian, biar awet. Yang penting diajarin cara pake dan cucinya aja. Bima emang legend sih ya :D

      Delete

Hai, temans... Makasih banyak ya udah mampir. Semua komen lewat jalur moderasi dulu ya :D Don't call me "mak" or "bund", coz I'm not emak-emak or bunda-bunda :P