Sambalado Asam Durian Masakan Padang

Cara memasak sambalado asam durian khas Pariaman, Sumatera Barat. Rekomendasi sambal khas Minang dari fermentasi durian.   

 


Apa kabar, teman-teman?


Tiap kali musim durian, almarhumah nenek dulu selalu membeli beberapa durian. Nggak lupa nenek juga memasak ketan untuk menyantap duriannya.


Terkadang dari potongan durian itu suka ada yang asam. Daging durian yang asam ini dikumpulkan, untuk dimasak sambalado asam durian. Jadi tetap nggak rugi ya, kalau kita beli durian, eh ternyata ada yang asam. Cuma agak manyun aja sih, karena harapannya kan menyantap durian yang manis semua, haha...


Sambalado merupakan salah satu jenis sambal khas Minang. Sambalado bisa dibilang merupakan sambal kukus atau sambal rebus, karena cabe dan tomatnya dikukus atau direbus dulu hingga empuk, barulah digiling dengan bahan lainnya. Ini yang membedakan dengan sambal goreng atau sambal balado. Kalau sambal balado kan ulekan sambalnya ini kemudian digoreng.


Sambalado biasanya identik dengan sambal ijo. Kalau teman-teman mau masak sambalado hijau, bisa mampir ke link ini aja ya -) Resep Sambalado Hijau


Setiap daerah di Sumatera Barat turut menyumbang kuliner khasnya, yang bikin kuliner Minang pun jadi alangkah banyaknya dan enak-enak, haha... Begitupun dengan Pariaman, kampung kami yang berada di daerah pesisir. Selain terkenal akan masakan gulai baga dan cemilan sala lauak, sambalado asam durian juga berasal dari Pariaman. Saya pun baru tau ini, hehe...


Kalau teman-teman mau masak gulai baga, bisa mampir ke link ini aja ya -) Resep Gulai Bagar Pariaman


Sambalado asam durian, merupakan masakan olahan sambal untuk memanfaatkan daging durian yang asam. Tapi kalau kita pingin memasak sambalado asam durian kan, nggak harus nunggu sampe ketemu durian yang asam dulu, haha...


Kita bisa bikin fermentasi duriannya, dengan menarok aja secukupnya daging durian dalam 1 wadah, kemudian simpan di dalam kulkas bawah. Diamkan kisaran 3 s/d 7 hari, sampe udah terasa asam.


Katanya kalau orang-orang yang jualan asam durian, proses fermentasinya dibantu dengan ragi. Ini bisa lebih cepat nih proses asamnya. Mungkin teman-teman mau nyoba. Kalau ibu saya di rumah sih biasanya pake yang fermentasi tanpa ragi aja. Di dekat rumah ini juga ada kedai yang jualan asam durian, jadi ibu saya juga suka beli aja.


Sambalado asam durian menggunakan cabe merah. Karena daging duriannya udah asam, jadi nggak menggunakan tomat lagi. Daging duriannya dikukus barengan cabe merah. Bisa barengan dengan daun singkong, buncis, atau telur rebus untuk menyantap sambalnya. Kukusnya sampe cabe merahnya layu aja, kurang lebih 15 menit. Kemudian daging durian dan cabe merahnya digiling dengan bahan lainnya.


Yuk sekarang kita siapkan bahan-bahannya...



Cara membuat sambalado asam durian, ini dia yang perlu disiapkan:

2 sdm asam durian

20 buah cabe merah

5 buah cabe rawit merah

4 siung bawang merah

 

¼ sdt garam

1 ruas jeruk nipis

3 sdm minyak kelapa (kalau nggak ada, skip aja)

 


Sayuran pelengkapnya:

Daun singkong, buncis, timun

Telur

 


Note:


Asam durian ini bisa dari potongan durian yang rasanya asam. Bisa juga dengan fermentasi durian, letakkan secukupnya daging durian dalam 1 wadah, simpan di dalam kulkas bawah aja. Diamkan kisaran 3 s/d 7 hari, sampe daging duriannya asam.


Cabe merah di Jakarta biasanya kurang pedas, makanya ditambah dengan cabe rawit merah. Kalau di kampung, memang cukup cabe merah aja.


Minyak kelapa nggak dipake juga nggak apa-apa. Tapi sambalnya akan lebih enak, kalau pake minyak kelapa. Kalau di kampung ini, sambalado pada pake minyak kelapa.

 


Lalu ini ya cara memasak sambalado asam durian khas Pariaman:


Letakkan daging durian dalam wadah. Kemudian kukus barengan cabe merah. Kalau ada sayuran yang mau dikukus, kayak daun singkong, buncis, atau telur rebus, bisa barengan. Kukus sampe cabe merahnya layu, kurang lebih 15 menit.


Giling cabe merah, bawang merah mentah, garam, dan jeruk nipis. Sambalado biasanya gilingnya nggak sampe halus banget. Oh ya, sambalado menggunakan bawang merah mentah ya.


Campurkan asam durian, lalu aduk merata. Letakkan dalam mangkok.


Panaskan minyak kelapa, kemudian siram ke sambalnya. Kalau nggak dipanaskan juga nggak apa-apa kok, langsung dicampurkan aja, trus diaduk. Minyak kelapa yang dipanaskan ini, sambalnya jadi lebih wangi.


Cobain dulu ya rasa garamnya.


Sajikan sambalado dengan sayuran pelengkap yang teman-teman suka. Bisa juga dengan telur, biar sekalian ada lauknya.

 


Ini rasanya perpaduan dari pedas, asam, dan wangi durian pula. Plus wangi minyak kelapa. Disantap cuma pake telur rebus dan daun singkong pun, makan udah enak banget ini, haha...


Untuk cemilannya bisa dari olahan durian juga dong, haha... Mari klik aja link-nya -) Resep Puding Durian Pandan


Oke, ini dia resep sambalado asam durian yang saya buat. Moga bisa jadi rekomendasi masakan harian teman-teman ya, terutama yang penyuka durian. Makasih banyak ya udah mampir... 

No comments:

Post a Comment

Hai, temans... Makasih banyak ya udah mampir. Semua komen lewat jalur moderasi dulu ya :D Don't call me "mak" or "bund", coz I'm not emak-emak or bunda-bunda :P