Daging Sapi Penyet


Apa kabar, teman-teman? Always good yaaa... Amien...

Kalau kemarin saya udah masak dan nulis yang edisi daging kambing, sekarang yang daging sapi, tepatnya daging sapi penyet. Untuk bumbu rebusnya hampir sama dengan yang rebusan daging kambing, cuma bawang putihnya dikurangin satu aja trus tambahin lada.

Ini bahan-bahannya...
300 gram daging sapi
500 gram air untuk merebus daging pertama
500 gram air untuk merebus daging kedua
2 sdm kecap manis
Secukupnya minyak goreng
1 sdm margarin

Bumbu rebusannya, giling halus:

5 siung bawang merah
5 siung bawang putih
½ sdt lada
1 sdt ketumbar
5 butir cengkeh
½ ibu jari biji pala (pakai setengahnya aja ya)
½ ibu jari jahe
Secukupnya garam

Bahan sambalnya:

20 buah cabe merah
5 buah cabe rawit ijo
4 siung bawang merah
1 buah tomat merah
1 terasi sachet
Sedikit garam

Cara masaknya:

Rebus daging dengan 500 ml air kurang lebih setengah jam dengan api pelan. Angkat.

Rebus daging dengan 500 ml air (yang baru) berikut bumbu gilingnya dengan api pelan, hingga lunak.

(Ini saya masaknya nggak pakai panci presto, dan saya kalau masak daging sapi atau kambing memang lebih suka diganti airnya, biar lebih bening).

Kalau airnya udah tinggal sedikit, masukkan kecap, lalu aduk.

Potong-potong daging agak pipih macam potongan dendeng.
Kalau dagingnya mau dipotong duluan trus direbus juga bisa, tapi kalau saya lebih suka setelah direbus karena lebih gampang.

Panaskan minyak campur margarin, lalu goreng daging dengan api pelan. Karena pakai kecap ini biasanya gampang hangus. Jadi penggunaan apinya diperhatikan ya.

Sekarang goreng bahan sambalnya. Panaskan minyak sisa goreng daging, lalu goreng cabe merah, cabe rawit, bawang merah, dan tomat, hingga layu.

Giling bahan sambal berikut terasi sachet dan garam.
Garamnya dikit aja karena terasi udah asin. Terasi sachet yang saya beli udah nggak perlu dipanggang lagi. Kalau beli terasi mentah, panggang atau goreng dikit dulu ya.

Ini kalau saya emang lebih suka diaduk gini sambil bejek dikit, biar lebih meresap rasa sambalnya, hehe... Ini jadinya lumayan banyak juga. Rasanya pedas dengan sedikit manis.

Selamat masak atau minta dimasakin, teman-teman...  Makasih ya udah mampir.

10 comments:

  1. Saya nggak tahu masak, takut gagal kalau coba-coba. Hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mukhsin: haha anak kos mah beli mateng aja biar simple

      Delete
  2. Kyaknya enak nih kak nit. Namanya penyet, pasti pedes nih...

    Pdahal sy gk trlalu suka sma pdes sih. Klo cabenya dikurangin msih enak gk kak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Reyhan: cabe rawitnya nggak usah dipakai. Jadi nggak gitu pedes :D

      Delete
  3. balado daging ya mbak,... kmrn dagingku juga dimasak gini ama si mbak ART :). paling suka nih aku,, apalagi makan pake nasi panas.. duuuh, bisa nambah2 :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mba Fanny: iya cuma ini pake sambel terasi :D

      Delete
  4. Kayaknya enak ya.
    Orang sini jarang pakai pala, mbak. Harus pakai ya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mba Rochma: nggak juga nggak gitu ngaruh sih, mba. Bawang putihnya yg penting buat ngilangin amis :D

      Delete
  5. mauuuu mba. saya ada daging sapi di rumah udah bolakibalik ganti menu nih :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mba Kania: iya mungkin bisa untuk ganti2 menu :D

      Delete

Makasih ya udah meluangkan waktu untuk berkomen. Semua komen melewati jalur sensor dulu ya sebelum mejeng di blog.

Memang tidak ada notif setelah klik posting, tapi komen teman2 tetap masuk ya :)