Sambal Terasi Kukus


Apa kabar, teman-teman... Masak sendiri atau kulineran di luar hari ini?

Masih di dunia persambelan, saya mau ngasih rekomendasi sambal terasi ya, tapi kali ini bikinnya dikukus. Mungkin bisa jadi rekomendasi buat teman-teman yang pingin ngurangin makan minyak. Yuk kita siapin bahan-bahannya...

Apa aja...
10 buah cabe merah
5 buah cabe rawit merah
5 buah cabe rawit hijau
4 siung bawang merah
1 siung bawang putih
1 buah tomat merah
1 buah terasi sachet
1 ruas jeruk nipis
Sedikit garam

Selanjutnya mari kita kukus cabe merah, cabe rawit merah, cabe rawit hijau, bawang merah, bawang putih, dan tomat kurang lebih 10-15 menit. Lihat aja kalau cabenya udah layu dan kulit tomatnya juga udah belah.

Giling semuanya bareng terasi, jeruk nipis, dan garam. Garamnya dikit aja ya karena pakai terasi kan udah asin. Kalau bisa terasinya yang sachet aja ya biar nggak perlu dipanggang lagi atau digoreng.

Untuk lalapan biasanya juga dikukus antara 10-15 menit, tergantung jenis sayurannya juga sih. 

Hasil sambal kukus ini kurang lebih setengah mangkok. Pedasnya cukup. Kalau nggak suka sambal yang pedas banget, cabe rawitnya ditukar ke cabe merah semua aja, atau gunakan 15 cabe merah aja.

Makasih ya udah mampir...

26 comments:

  1. Giling itu berarti pake blenderkah Mbak?

    ReplyDelete
  2. Cabe nya di goreng juga enak ya, tapi memang lebih sehat di kukus.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mba Ria: iya bisa di-tukar2, kadang bikin yg goreng, kadang yg kukus :D

      Delete
  3. Kalau saya sih nggak suka makan pedas.

    ReplyDelete
  4. Saya jg kdg suka dikukus dl klo bikin sambel

    ReplyDelete
  5. wow banyak amat mba cabenya mesti 20 hehhe..mau coba ah cus ke pasar beli lalapannya juga :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mba Herva: cabe merah mah nggak pedes :D

      Delete
  6. masak sambal terasi juga nih mba buat nemenin si jengkol goreng hehehe, tapi sambal terasi goreng. blum pernah nyoba klo dikukus, boleh nih kapan2 bikin juga

    ReplyDelete
  7. Waaah maknyos nih. Jadi laper dan pengen makan sambal. Nyambel dulu ah...

    ReplyDelete
  8. Ihhhhhh, ini walo cuma lalapan ama sambel terasi gini, aku mah doyan bangeettt ^o^... ga perlu lauk lain juga ga papa ;p.. tapi aku hrs bikin yg pedeees mbak :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mba Fanny: mesti ditambahin rawit merah :D

      Delete
  9. AAAKKKK,....sumpah, saya ngiler ngeliatnya mba'....bisanya cuman ngisep liur dilidah aja...enak bnget tuh bareng ikan bakar, atau ayam goreng...Huhuhuuuuuuu....

    Apalagi klo ditambah jeruk nipis sama kecap......jdi laper....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Reyhan: ini juga adukannya udah pake jeruk nipis :D

      Delete
  10. Wajib dicoba nih dirumah, kelihatan seger dan enak banget sambelnya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mba Lily: iya lebih seger di kukus gini :D

      Delete
  11. aaaa sambelll...., saya nggak bisa makan kalo gak ada sambel. Makasih banyak resepnya ya mbaa..

    ReplyDelete
  12. Lihat gambarnya, pengen langsung ambil nasi dalam ricecooker trus di taruh piring dan duduk manis sambil kepedesan huahhhhh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mba Febry: makan sampe kepedesan emang yg paling enak ya :D

      Delete

Makasih ya udah meluangkan waktu untuk berkomen. Semua komen melewati jalur sensor dulu ya sebelum mejeng di blog.

Memang tidak ada notif setelah klik posting, tapi komen teman2 tetap masuk ya :)