Ikan Kukus Suwir Sambal Matah


Apa kabar, teman-teman?

Memasak ikan dengan cara dikukus ini menjadi pilihan kami biar nggak melulu menyantap menu makanan yang serba goreng atau bersantan. Kali ini saya masak ikan kukusnya dipadukan dengan sambal matah. Bahan-bahannya nggak banyak dan proses masaknya juga termasuk cepat.

Ini bahan-bahannya:

1 ekor ikan tongkol ukuran sedang
2 siung bawang merah, iris tipis
1 siung bawang putih, iris tipis
5 butir cabe rawit hijau, belah dua lalu iris tipis
3 ruas jeruk nipis
Sedikit garam

Bumbu giling untuk ikan:

1 siung bawang putih
2 ruas jeruk nipis
Sedikit garam

Lalu cara masaknya:

Setelah ikan dibersihkan, lumuri dengan bumbu giling lalu kukus kurang lebih 15 menit.

Gabungkan bawang merah, bawang putih, cabe rawit, jeruk nipis, dan garam. Aduk dengan sedikit ditekan-tekan aja biar jeruk nipisnya hancur.

Ikannya disuwir kasar, campurkan dengan sambal matah, lalu aduk.

Sajikan dengan nasi hangat.


Ikan yang disuwir kasar lalu diaduk-aduk gini, pedas cabe rawitnya jadi lebih berasa. Rasanya perpaduan antara asam dan pedas. Porsinya ini memang sedikit, mungkin cuma untuk dua orang.

Selamat makan, teman-teman. Makasih ya, udah mampir...

34 comments:

  1. Baru bangun terus lihat postingan kayak gini sungguh bikin perut ini gak tahan...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mukhsin: ini pedas. Kau tak doyan 😁

      Delete
  2. makannya pakai nasi anget duh mantep ini :D

    ReplyDelete
  3. huaaao catat

    kak, coba bikin ini laaah, "tahu walik". cari caranya di google, gampang aiiih... saya sudah coba loooh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ocha: iya saya udah lihat. Bagus itu yg Ocha bikin 😁

      Delete
  4. Waaa... Enak banget nih kayanya. Ikan n sambal matah kombinasi yang sempurna. Kuliner tradisional Indonesia emg juara. Kapan-kapan dicoba ah resepnya. Thank you for sharing, Mba...

    ReplyDelete
  5. Enak bangeet ini pasti pakai nasi panas bisa nambah dua piring.. Gagal dah diet hehehhe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mba Cantik: haha makannya jadi kalap ya 😁

      Delete
  6. Nyam!
    Wajib dicoba nih.
    Makasih resepnya Mba :)

    ReplyDelete
  7. Wah enak nih, sedaaap. Makan dengan nasi anget bisa nambah-nambah :)
    Kapan-kapan nyoba bikin ah.

    ReplyDelete
  8. Sambal matah...apa tho mbak? Aku suka pedes. Belum pernah masak ikan kukus juga. Biasanya di goreng doang...ato dibakar..

    ReplyDelete
  9. Jadi keinget jaman anak2 msh bayi aku masaknya ikan kukus tapi tentunya gak pakai gulgar
    Idenya boleh juga mbak, gk pake goreng2 lbh sehat dan hemat pastinya TFS :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mba April: iya hemat dan sehat ya 😁

      Delete
  10. Seger niiihhh ngebayanginnya. Sayangnya suami gak suka olahan ikan kecuali di goreng kering.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mba Wian: goreng kering bikin tulangnya jadi empuk ya 😁

      Delete
  11. pengen nyobain bkin ah rasane kyknya enak gampang lag y bikinnya :p

    ReplyDelete
  12. Ternyata simpel ya bikin ikan sambal matah.
    Penasaran nih, soalnya belum pernah makan sambal matah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mba Ety: sambal matah sederhana ini. Sambal matah Bali lain lagi 😁

      Delete
  13. Mbak, ikannya bisa diganti dengan ikan yang lain kan ya? disini nggak ada tongkol.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mba Dewi: apa aja sih. Salmon lebih enak 😁

      Delete
  14. Aku Belum coba yang kukus nih. Mau coba ah. Biasanya yang goreng. Hihii

    ReplyDelete
  15. sambal itu memang bikin selera makan naik, apapun makanannya... :) makanya suka dicurigain kl kebanyakan sambel mah ibarat sebenarnya makan sambelnya pake nasi atau pake ikan :))))

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kak Ria: cabe mahal ga ngaruh ya, mba 😁

      Delete
  16. Belum pernah ngekukus ikaan. Sambel matah jugah belum pernah dicoba. Tapi resepnya bahannya simpel ya mbak, cocok buat daku yang suka cepet-cepet kalo masak. Hehehe. XD. *catet resep*

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mba Nurul: iya saya pun masak malas lama2 :D

      Delete
  17. Aduh, malam-malam baca gini jadi laper.
    Habis kukus, suwor-suwir trus hidangkan? Gampang banget inih....

    ReplyDelete

Makasih ya udah meluangkan waktu untuk berkomen. Semua komen melewati jalur sensor dulu ya sebelum mejeng di blog.

Memang tidak ada notif setelah klik posting, tapi komen teman2 tetap masuk ya :)