Ngayap-Ngayap ke Museum Bank Indonesia

Apa kabar, teman-teman?

Di awal Maret lalu, ini kali kedua saya mengunjungi Museum Bank Indonesia. Ngapain ke sana lagi? Cuma mau ngambil foto dan video aja, haha...

Museum Bank Indonesia ini adanya masih di kawasan Kota Tua Jakarta, tepatnya di Jl. Pintu Besar Utara No. 3, Jakarta Barat.

Museum Bank Indonesia
Dari Stasiun Jatinegara, kami naik kereta yang menuju Stasiun Kota. Lalu dari Stasiun Kota tinggal jalan aja menuju Kawasan Kota Tua. Siang yang lumayan terik, tapi cukup tertolong juga karena melewati jembatan penyebrangan yang ada di bawah tanah.

Ilustrasi menabung di bank jaman dulu. Museum Bank Indonesia
Karena hari Jumat, pas kami tiba jam 11an, sama petugasnya belum boleh masuk. Museum dibuka lagi jam 1. Sembari menunggu, kami memilih untuk makan siang dulu aja, di MBI Canteen, yang ada di sisi kiri museum.

Kalau mau berkunjung ke Museum Bank Indonesia
Pas udah jam 1, kami kembali masuk ke dalam Museum. Menaiki tangga sedikit, lalu menuju loket pembelian tiket. Harga tiketnya goceng dan bagi yang punya kartu pelajar bisa gretongan, kayak si Puput.

Ilustrasi horang kayah, haha... Museum Bank Indonesia
Selesai beli tiket, kami menuju ke kanan untuk menitipkan tas. Oh ya, untuk tripod nggak diperkenankan untuk dibawa masuk ya. Jadi cukup bawa kamera dan tongsis aja. Kamera pun nggak boleh menggunakan blitz. Makanya hasil foto-fotonya cukup gelap.

Di teller tempo dulu. Museum Bank Indonesia
Di area awal, kami mendapati deretan “loket” semacam bank jaman dulu. Lanjut berjalan lagi ke sisi kanan, ada tulisan dan foto-foto peresmian Museum Bank Indonesia. Selanjutnya kami pun masuk ke area utama melewati tira-tirai berwarna biru.
Gentong di Museum Bank Indonesia
Sebuah big screen dengan kursi-kursi macam di bioskop berada nggak jauh setelah dari tirai-tirai biru ini. Mungkin kalau ada rombongan yang datang, akan ada pemutaran filmnya.

Ilustrasi jaman penjajahan di Museum Bank Indonesia
Di area selanjutnya, ada patung-patung yang mengilustrasikan tentang Indonesia yang kaya akan rempah-rempah, yang bikin penjajah terngiler-ngiler untuk berburu harta di negeri ini. Lalu melalui lukisan dan pajangan perahu yang besar, dijelaskan kalau nenek moyang kita dulunya ada juga yang jadi pelaut.
Lukisan kapal di Museum Bank Indonesia
Museum Bank Indonesia
Pokoknya di area depan ini lebih menggambarkan tentang kondisi keuangan serta bank di jaman penjajahan dulu. Adanya patung-patung bikin suasana di museum ini cukup unik.

Menuju area berikutnya, ada contoh-contoh uang jaman dulu yang nggak cuma dari Indonesia aja tapi juga negara lainnya. Lalu ada juga contoh baju-baju, kayaknya seragam Jepang deh yang dipajang di lantai trus dikasih kaca.

Oh ya, di sini juga kita bisa melihat kumpulan emas di satu ruangan, tapi saya nggak berani foto ah, haha... Karena nggak tau, diizinkan atau enggak untuk foto area ini.

Horang kayah duitnya dibawain asisten. Museum Bank Indonesia
Lalu di pintu keluar, ada juga yang jualan souvenir.

Museum Bank Indonesia
So far, kalau untuk saya berkunjung ke Museum Bank Indonesia ini seru banget, karena patung-patungnya itu keren-keren banget. Jadi nggak cuma baca-baca dan lihat-lihat tentang sejarah uang aja.

Ruangannya cukup luas juga dan gelap. Kalau saya sih nggak berani keliling sendirian, haha... Baiknya sih minimal berdua, apalagi perginya pas weekdays kayak kami yang sepi banget, jadi enak buat foto-foto.

Tembak... ayo tembak... @ Museum Bank Indonesia
Ini kalau info yang saya dapat dari web www.bi.go.id, Museum Bank Indonesia dibuka tiap hari selasa sampai dengan jumat jam 7.30 – 15.00. Sedangkan di hari sabtu-minggunya dari jam 8.00-16.00. Hari senin dan hari libur besar lainnya tutup.

Museum Bank Indonesia
 Ini dia sedikit yang saya rekam tentang keseruan kami selama di Museum Bank Indonesia.

Pulang dari Museum Bank Indonesia, pingin lanjut main Ke Museum Fatahilah yang tinggal nyeberang doang, tapi udah capek dan takut sorenya hujan pula. Jadi kapan-kapan aja main lagi untuk seru-seruan di Kawasan Kota Tua ini. Enaknya ke Kota Tua memang banyak yang bisa dikunjungi.

Ngebatik di Museum Bank Indonesia
 Makasih banyak ya udah mampir. Semoga bisa jadi rekomendasi teman-teman untuk berwisata yang murah meriah tapi menambah wawasan kita juga.

Comments

1. Belum pernah mba aku masuk ke museum BI. Pernahnya ke museum Bank Mandiri. Dan itu horor aja bawaannya.

1. Mba Wian: saya ke Mandiri malah belum 😁

Delete
  2. Waktu ke Jakarta dan ke kota tua, aku pengen banget masuk, tapi waktu itu masih di renovasi...dengan gini aku jadi bisa tahu apa yang di dalam. Boleh ambil foto juga ternyata,,,wooow

1. Mba Giri: boleh asal ga pakai cahaya 😁

Delete
  3. Wisata kota yang seru, murah meriah dan gak jauh-jauh :)

ReplyDelete
  4. Bisa refreshing...plus ada nilai edukasinya mbak klo ke museum..

1. Mba Sulis: iya mba, menambah wawasan juga 😁

Delete
  5. Aku pernah ke Museum BI. Dan bawaannya horooooorrr... Sayang kurang terawat ya berdebu sana sini je

ReplyDelete
  6. Baru tahu sebrang museum Fatahillah miss ntar klo kesana mau ah ke museum ini

1. Mba Herva: Fatahilah juga keren. Ntar ah bikin videonya 😁

Delete
  7. Aku waktu itu ke Museum ini, mba. Tapi nggak sempat foto-foto dan keliling. Sesekali pengen coba ah :)

ReplyDelete
  8. Wah ini menarik museumnya, harganya murah juga. Kalo dipikir2 sebenernya jakarta bukan cuma mall melulu ya :D

blog.viniamanda.com

1. Mba Viny: enjoy Jakarta banyak juga yg bagus2 😁

Delete
  9. Saya dulu pernah ke sini neh, ternyata lumayan horor suasananya. Tapi, pengen banget ajak anak main ke sini.

ReplyDelete
  10. Aku belum ke single nih mba... Ternyata dlemnya lumayan ya. Kota tua udah tapi Indonesia belum, ah kurang yaaa...

1. Mba Ucig: Kotu emang banyak juga tempat yg dikunjungi 😁

Delete
  11. Wah bisa ngambil foto juga ya di museum Bank Indonesia itu, belum pernah kesana sih tapi kelihatannya asik buat nambah pengetahuan mbak. Bisa jadi list weekend nih.

1. Mba Rere: boleh, asal nggak pakai cahaya 😁

Delete
  12. Wah, boleh banget nih kesini, nice sharing mba :)

ReplyDelete
  13. Hemmmm jadi membayangkan suasana perbankan jaman dulu, tenkyu inpohnya mbak :)

14. Rada-rada gelap ya mba, padahal patungnya bagus2, liburan anak2 seru pasti kalau diajak kesini, jalan-jalan sekaligus belajar :)

15. dulu sering banget lewat tapi belom pernah masuk. itu patung-patung yang di foto mirip kaya di monas gitu bukan ya?

1. Sha: saya belum pernah masuk Monas 😂

Delete
  16. murah meriah ya :D klo buat anak sekolah bagus ini bisa sekalian nambah pengetahuan

ReplyDelete
  17. Aku komen kok gapernah masuk ya.. yg ini masuk nggak ya Mbak Nita?

Replies
    1. Mba Wid: masuk terus kok mba. Begitu diklik posting memang ga ada notif tapi masuk kok 😁

18. Sukaaaa museumnyaa, penasaran yang museum bank mandiri ey

1. Mba Dewi: ntar saya main ke Museum Mandiri 😁

Delete
  19. Beberapa patung di Bank BI ini ngingetin aku sama patung di Lubang Buaya loh mba hehehe

ReplyDelete
  20. Faiz sudah pengin ke sini, makasih yo Mbak, gambarane jadi aku bisa punya bayangan kalau ke sana,

1. Mba Astin: iya moga dek Faiz senang ya main ke sini 😁

21. wiih, asyik nih museum. anak-anak diajak kesini pasti seneng

22. wah asyik2 pas yang mau nabung itu lho kayak beneran,,,,
    kalo ke Jakarta harus ke banyak museum nih

Replies
    1. Mas Ikrom: area Kota Tua ini banyak yg bisa dikunjungi kalau liburan ke Jakarta 😁

23. saya prnh masuk sini wisata malam hari rada gelap tapi sangat menarik

24. Keren ni bisa tambah tambah ilmu. noted jika kejakarta nanti

1. Mas Roy: iya moga bisa jadi rekomendasi ya 😁

25. Suka serem klo ke museum yg bnyk patungnya hehe

ReplyDelete
  26. Takut kalo sendirian..agak gelap euy..cuma bagus juga ya buat edukatif ke anak kita. Thanks sharingnya semoga bs ada kesempatan,karena ngebayangin dari video aja g cukup hehe