Resep Gulai Nanas Hati Ampela

Resep Gulai Nanas Hati Ampela

Apa kabar, teman-teman?

Selain menggunakan belimbing wuluh, buah nanas juga sama enaknya untuk digunakan sebagai campuran masakan untuk menghasilkan rasa yang asam dan segar. Selain dibuat kuah asam pedas merah, potongan nanas pun juga enak untuk dibuat gulai.


Pada gulai nanas kali ini, saya memang menggunakan santan instant karena kelupaan beli kelapa parut, haha... Jadi kalau teman-teman mau menggunakan kelapa parut juga bisa, nanti saya tulis ya takarannya.


Yuk mari kita siapkan bahan-bahannya:

5 pasang hati ampela, bersihkan. Atau bisa juga gunakan 10 potong hati ayamnya aja.
100 gram nanas, iris-iris agak tipis aja ya
Secukupnya minyak goreng

20 buah cabe merah, blender (kalau menggunakan cabe giling disesuaikan aja ya, mungkin sekitar 2 sdm)
1 ibu jari lengkuas, keprek
5 – 10 lembar daun jeruk, sobek tak putus

1 lembar daun kunyit, sobek-sobek
1 batang serai, keprek
1 bungkus santan instant (saya pakai Sun Kara bungkus kecil, rasanya ukuran 55 ml)
2 gelas air (gelas belimbing)


Bumbu gilingnya:

8 siung bawang merah
3 siung bawang putih
1 sdm lada

1 sdm ketumbar
½ ibu jari jahe
½ ibu jari kunyit
Secukupnya garam


Lalu ini cara memasaknya ya...

Panaskan minyak goreng lalu masukkan bumbu giling bersama lengkuas, daun jeruk, daun kunyit, serai, dan juga nanas. Tumis hingga harum.

Masukkan santan dan air, lalu aduk hingga merata.

Masukkan hati ampela. Masak hingga empuk dan kuahnya mengental. Gunakan api pelan aja ya.

Resep Gulai Nanas Hati Ampela
Resep Gulai Nanas Hati Ampela

Memasak Gulai Nanas Hati Ampela ini baiknya memang menggunakan api pelan aja. Selain biar kuahnya nggak cepat habis, rasa nanasnya ini akan lebih berasa di kuahnya. Nanasnya memang ditumis aja barengan semua bumbu, biar rada hancur juga jadi lebih meresap di kuahnya.


Kalau kadar pedasnya, teman-teman sesuaikan aja ya. Mau yang lebih pedas bisa ditambahkan aja cabe merahnya, nggak usah ladanya, karena rasa pedas dari lada ini beda dan agak menyengat.

Rasanya ya jadi asam segar dan agak pedas. Untuk memasak gulai pastinya dalam beberapa jam mesti dipanaskan lagi ya biar nggak cepat basi. Oh ya, gulainya ini jadinya bukan gulai dengan santan yang pekat ya, karena kurang baik juga kan untuk kesehatan.


Kalau teman-teman mau nukar santan instant dengan santan perasan, ini ya bahan-bahannya:

2  genggam kelapa parut
2 gelas air
Peras kelapa dengan segelas air, lalu saring. Lakukan sekali lagi.


Makasih banyak ya teman-teman udah mampir. Moga bisa jadi rekomendasi masakan teman-teman ya.   

7 comments:

  1. Enak nih, kalau pas ada stock Nanas bisa saya coba dirumah. Bahan & bumbunya mudah didapat. Memang kalau masakan ditambah nanas jadi ada rasa manis yang khas.

    ReplyDelete
  2. Nanasnya pakai nanas madu bisa ga ya? Yg dijual di abang2 tuh yang kecil2. Secara cari nanas biasa tuh gampang2 susah kalau nggak musim banget.

    Pengen banget nyoba menu gulai yang baru dan pas banget nih ada resepnya.^_^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Ummi. Tante juga belinya nanas madu di abang2 kok yg udah udah potongan tinggal makan. Pakai 1 bungkus aja.

      Delete
  3. Aku biasannya pke nanas cuma untuk ngempukin daging mb..
    Ternyata bisa ditambahkan di gulai ya..
    Seger kayaknya

    ReplyDelete
  4. Blm pernah nanas dipadu ke masakan, apalagi untuk yg berbahan dasar ati ampela. Bikin ngiler Mba lihatnya. Coba ah... makasih mba resepnya:)

    ReplyDelete
  5. Beberapa masakan kampung ku di sibolga, gulainya jg ada yg pake nenas mba. Jd ga aneh sih kalo nenas digulai. Malah bikin rasa gulai jd makin seger :)

    ReplyDelete
  6. sukaa ati ampela. tapi kalo udah makan ini suka nyut2an asam urat, hadeuuh faktor U

    ReplyDelete

Makasih banyak ya teman-teman udah meluangkan waktu untuk mampir. Semua komen akan melewati jalur sensor dulu yaaa...

BTW don't call me "Mak" or "Bunda" cause I'm not Emak-Emak or Bunda-Bunda :P