Resep Ikan Goreng Sambal Bajak

Resep Sambal Bajak

Apa kabar, teman-teman?

Kalau beli ikan utuh yang masih ada tulangnya, biasanya memang paling enak digoreng sampai garing. Kalau saya memang kurang suka menyantap ikan yang digoreng polosan. Biasanya ikan goreng selalu saya campur dengan bumbu, saus, maupun di balado.

Ketika lagi bosan dengan ikan goreng yang disiram atau diaduk dengan balado merah dan hijau, biasanya ikan gorengnya saya siram dengan sambal bajak aja. Sambal bajak yang biasanya disantap dengan lalapan, pastinya juga enak untuk dimakan sebagai sambal ikan goreng. 

Cara membuat ikan goreng sambal bajak, ini dia bahan-bahan yang perlu disiapkan:

2 ekor ikan, yang bisa teman-teman pilih sesuai selera teman-teman aja
Secukupnya minyak goreng
1 – 1/5 sdm kecap manis
½ sdt gula


Bumbu giling untuk ikan:

2 siung bawang putih
½ sdt lada
½ sdt ketumbar
Sedikit garam

Bahan-bahan untuk sambal bajak:

15 buah cabe merah
5 buah cabe rawit merah
4 siung bawang merah

1 siung bawang putih
1 buah tomat merah
1 sachet terasi

Sedikit garam
1 ruas jeruk nipis

Lalu ini ya cara memasak ikan goreng sambal bajak:

Lumuri ikan dengan bumbu giling, lalu diamkan sebentar biar bumbunya meresap.

Panaskan minyak goreng, lalu goreng ikan dengan api pelan, biar ikannya garing dan nggak hangus. Goreng hingga kuning keemasan.

Panaskan minyak goreng, lalu goreng cabe merah, cabe rawit merah, bawang merah, bawang putih, dan juga tomat. Gunakan api sedang dan goreng hingga layu, atau tomatnya udah pecah.

Giling beserta terasi, garam, dan juga jeruk nipis. Jeruk nipisnya bisa diganti juga dengan setengah jeruk limo. Kalau terasinya yang mentah, bisa dipanggang atau digoreng sebentar.

Panaskan +_ 2 sdm minyak goreng, lalu panaskan sambal beserta kecap manis dan juga gula. Aduk hingga merata. Ini sih sampai panas aja gpp.

Campurkan sambal bajak di atas ikan goreng.

Sambal Bajak
Resep Ikan Goreng Sambal Bajak
Sambal bajak yang saya buat ini rasanya memang nggak kelewat pedas. Hasilnya mungkin masih cukup untuk memasak 3 ikan goreng.

Makasih banyak ya teman-teman udah mampir dan selamat mencoba...

No comments:

Post a Comment

Hai, temans... Makasih banyak ya udah mampir. Semua komen lewat jalur moderasi dulu ya :D Don't call me "mak" or "bund", coz I'm not emak-emak or bunda-bunda :P