2 Resep Sambal Rawit


Apa kabar, teman-teman?

Walaupun penyuka sambal, tapi kalau untuk cabe rawit, apalagi yang dimakan mentah gitu aja, saya kurang suka. Pedesnya berasa banget, haha... Tapi pas makan bebek goreng di sebuah kedai nasi bebek, sambal yang disuguhkannya itu sambal rawit yang tentunya pakai rawit mentah, hahah...


Walau cuma colekin dikit doang, apalagi itu sambal pakai rawit merah juga, ternyata enak juga. Ya karena udah digabung dengan bumbu lainnya ya.

Sejak itu, saya jadi suka bikin sambal rawit, haha... Dan tetap, makannya cuma dikit doang. Jadi ini porsi yang saya buat juga cuma sedikit ya. Mungkin teman-teman bisa bikin 2 porsi aja kalau mau banyakan.


Yuk kita siapkan bahan-bahannya:

10 butir cabe rawit hijau
5 butir cabe rawit merah
1 siung bawang putih
Sedikit garam
1 - 2 sdm minyak goreng

Lalu cara buatnya:

Giling cabe rawit hijau, rawit merah, bawang putih, dan garam sampai halus, atau mungkin nggak halus amat. Terserah teman-teman aja. Penggunaan garamnya dikit banget ya, karena cabenya cuma sedikit.

Letakkan pada sebuah mangkok.

Panaskan minyak goreng. Asal udah panas aja. Lalu siramkan 1 sdm ke mangkok.

Aduk hingga merata. Nanti wangi bawang putihnya akan keluar deh.

Kalau dirasa perlu ditambahkan minyak panasnya lagi, tambahkan aja 1 sdm lagi. Jangan kebanyakan ya minyaknya, kalau buat saya sih kurang enak jadinya.


Ini mungkin bisa dimakan untuk berdua atau bertiga ya dan pastinya pedes banget, haha...


Sambalnya di gelas. Karena pakai terasi jadi kelihatan lebih hitam ya

Lalu ini Sambal Rawit yang kedua, yaitu menggunakan tambahan terasi dan tomat. Jadi bahan-bahannya itu ada...

10 buah cabe rawit hijau
5 buah cabe rawit merah
1 siung bawang putih
Sedikit garam
¼ terasi sachet
1 tomat merah kecil
2 – 3 sdm minyak goreng

Lalu cara masaknya:

Giling cabe rawit hijau, rawit merah, bawang putih, dan garam.

Letakkan dalam sebuah mangkok.

Iris dadu tomat, lalu campurkan.

Campurkan terasi. Kalau terasinya bukan yang sachet ber-merk, biasanya masih mentah. Goreng dikit aja. Penggunaan terasinya memang dikit aja ya.

Panaskan minyak goreng.

Tuang 2 sdm minyak goreng ke mangkok, lalu aduk hingga merata sembari dibejek aja terasi dan tomatnya pakai sendok.

Kalau dirasa minyaknya kurang, tambahkan 1 sdm aja.


Kalau yang kedua ini, karena pakai tomat, jadi agak berkurang dikit lah pedesnya, haha... Rasanya pun ada rasa asam dari tomat dan khas terasi juga.

Makasih banyak teman-teman udah mampir. Selamat mencoba juga yaaa...



15 comments:

  1. Kalau ngasih terasi emang ga usah banyak-banyak ya Miss, dikit aja udah pasti kecium. Kalau aku ya, makan nasi anget begitu pakai tempe goreng dan makan saat lapar. Pasti langsung tahu betapa berharganya cabe rawit hahaha. Karena penyuka pedes, kayaknya resep pertama bisa dicoba tuh

    ReplyDelete
  2. kebalikan nih mba, kalau aku suka sambel mentah.
    rasanya tuh masih alami

    ReplyDelete
  3. aku mau coba yang resep pertama klo yang pake terasi kurang suka..
    aku kira lihat bahan dasar ada minyak digoreng semua cabe dll taunya cuman disiramin biasanya klo aku nyambel ddigoreng miss tapi beletak beletok malesin hahaha
    btw miss ini sambel korek yang bebek selamet itu bukan?

    ReplyDelete
  4. Loh kok sama sih? Aq juga dulu ga suka sambal mentah, tapi gara2 beli mie ayam trus kecium aroma bawang mentah, aq jadi suka wkkkk,,,
    Ini resep wajib aku simpan nih,,, ooh minyaknya dipanasin dulu ya,, sip sip sippp

    ReplyDelete
  5. Nita,, yang pakai tomat itu nggak pakai bawang kan ya?? Ini aku seriusan nyoba nih, aq nurutin resep pertama, pake bawang, tapi enak juga. Hehe

    ReplyDelete
  6. Saya suka versi pertama. Udah sering bikin buat ayam geprek. Awalnya sih suami protes karena bawang putihnya kerasa banget. Tapi beberapa kali bikin ga protes lagi. Udah biasa kali. Hihihi... oh ya sy bawang putihnya kebanyakan kali ya. Biasanya pakai kurleb 3 biji tergantung besar atau kecil siungnya :D

    ReplyDelete
  7. Aku lagi seneng sama sambal matah dan big no makan sambel yang pake terasi. Bukan apa-apa sih, abisnya punya alergi sama udang. Kalau makan nasinya masih panas dan ada sambel suka pengen nambah hahaha... #elusinperut

    ReplyDelete
  8. Rawit merah tuh maksudnya rawit orange? Hmm.. Jadi pengen nyoba. Yg pake trasi kayaknya lebih sedep deh tuh.

    ReplyDelete
  9. suka banget sama sambel rawit. klo lagi nga selera makan mesti buat sambel rawit. tapi sy biasanya pake bawang merah plus bawang putih...hmmm ntar deh dcoba tanpa bawang merah hehe :)

    ReplyDelete
  10. aku doyan banget sambellll.., langsung bookmark artikel ini jadinya ;p

    ReplyDelete
  11. Aku suka semuanya miss, entah itu matah atau digoreng, makan cabe langsung juga gpp, soalnya kalau nggak ada sambel/cabe rasanya makan ad yg kurang, hihi
    Aku suka bikin yang no.2, tapi pake bawang merah, terus tomatnya kurebus dulu

    ReplyDelete
  12. Lebih enak lagi terasi asli mbak, bukan yg pabrikan. Aku sering dikasih pakde yang punya tambak udang. HArum dan rasanya beda pake banget. Lebih jozzz

    ReplyDelete
  13. Asik nih sambalnya. Kalau aku kadang pake bawang merah juga selain bawang putih. Enak dua2nya sih yang penting ada bawang jadi harum. Buat kesehatan juga bagus banget. Cabe orensnya yang gendut2 iiih mnatap nendang ke mulut panasnya hahahha..suka deh.

    ReplyDelete
  14. Sama Miss, Aku juga enggak terlalu suka pedes, kalau makan pake sambel jadi dicolek-colek ajah dikit. Menu sambal yg kedua kayaknya cocok niyy karna pake tomat jadi gak terlalu pedes.

    #Bikinahh

    ReplyDelete
  15. Huaduh jadi ngiler nih liat sambalnya, makan dengan nasi hangat, ikan goreng dan sayur lalap. Enak!
    Aku suka sambal tapi jarang bikin karena anak-anak nggak bisa makan pedas. Kalo kangen sambal baru deh bikin dikit hehe

    ReplyDelete

Makasih ya udah meluangkan waktu untuk berkomen. Semua komen melewati jalur sensor dulu ya sebelum mejeng di blog.

Memang tidak ada notif setelah klik posting, tapi komen teman2 tetap masuk ya :)