2 Resep Sambal Rawit

2 Resep Sambal Rawit

Apa kabar, teman-teman?

Walaupun penyuka sambal, tapi kalau untuk cabe rawit, apalagi yang dimakan mentah gitu aja, saya kurang suka. Pedesnya berasa banget, haha... Tapi pas makan bebek goreng di sebuah kedai nasi bebek, sambal yang disuguhkannya itu sambal rawit yang tentunya pakai rawit mentah, hahah...

Walau cuma colekin dikit doang, apalagi itu sambal pakai rawit merah juga, ternyata enak juga. Ya karena udah digabung dengan bumbu lainnya ya.

Sejak itu, saya jadi suka bikin sambal rawit, haha... Dan tetap, makannya cuma dikit doang. Jadi ini porsi yang saya buat juga cuma sedikit ya. Mungkin teman-teman bisa bikin 2 porsi aja kalau mau banyakan.


Sambal Rawit
Sambal Rawit
Yuk kita siapkan bahan-bahannya:

10 butir cabe rawit hijau
5 butir cabe rawit merah
1 siung bawang putih
Sedikit garam
1 - 2 sdm minyak goreng

Lalu cara buatnya:

Giling cabe rawit hijau, rawit merah, bawang putih, dan garam sampai halus, atau mungkin nggak halus amat. Terserah teman-teman aja. Penggunaan garamnya dikit banget ya, karena cabenya cuma sedikit.

Letakkan pada sebuah mangkok.

Panaskan minyak goreng. Asal udah panas aja. Lalu siramkan 1 sdm ke mangkok.

Aduk hingga merata. Nanti wangi bawang putihnya akan keluar deh.

Kalau dirasa perlu ditambahkan minyak panasnya lagi, tambahkan aja 1 sdm lagi. Jangan kebanyakan ya minyaknya, kalau buat saya sih kurang enak jadinya.

Ini mungkin bisa dimakan untuk berdua atau bertiga ya dan pastinya pedes banget, haha...

Sambal Rawit Tomat Terasi
Sambal Rawit Tomat Terasi
Lalu ini Sambal Rawit yang kedua, yaitu menggunakan tambahan terasi dan tomat. Jadi bahan-bahannya itu ada...

10 buah cabe rawit hijau
5 buah cabe rawit merah
1 siung bawang putih

Sedikit garam
¼ terasi sachet
1 tomat merah kecil
2 – 3 sdm minyak goreng

Lalu cara masaknya:

Giling cabe rawit hijau, rawit merah, bawang putih, dan garam.

Letakkan dalam sebuah mangkok.

Iris dadu tomat, lalu campurkan.

Campurkan terasi. Kalau terasinya bukan yang sachet ber-merk, biasanya masih mentah. Goreng dikit aja. Penggunaan terasinya memang dikit aja ya.

Panaskan minyak goreng.

Tuang 2 sdm minyak goreng ke mangkok, lalu aduk hingga merata sembari dibejek aja terasi dan tomatnya pakai sendok.

Kalau dirasa minyaknya kurang, tambahkan 1 sdm aja.


Kalau yang kedua ini, karena pakai tomat, jadi agak berkurang dikit lah pedesnya. Rasanya pun ada rasa asam dari tomat dan khas terasi juga.

Makasih banyak teman-teman udah mampir. Selamat mencoba juga yaaa...

2 comments:

  1. Aku udah lama banget gak mampir ke blog Mba Nita, walaupun kadang melipir ke instagram Mba. Eh sekali mampir liat resep sambel di blog Mba Nita, ini air liur tidak tertahankan mba. Aku juga pecinta sambel mba, karena saking sukanya jadi lambung aku sakit hiks. Aku bookmark ah, kali-kali bisa liat resep bikin sambil ala Mba Nita

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bikin sambalnya pakai cabe merah aja mba, jangan pakai rawitnya kalau lambung gampang sakit :D

      Delete

Makasih banyak ya teman-teman udah meluangkan waktu untuk mampir. Semua komen akan melewati jalur sensor dulu yaaa...

BTW don't call me "Mak" or "Bunda" cause I'm not Emak-Emak or Bunda-Bunda :P