Udang Jagung Kuah Kecap Indofood


Apa kabar, teman-teman?

Setiap keluarga biasanya punya moment seru untuk merayakan Ramadhan ya. Untuk yang enggak merayakan Ramadhan pun, seringkali saya dengar cerita-cerita, entah dari teman-teman, orang-tua murid, begitupun dengan bocah-bocah murid saya. Mereka pun juga nggak mau kalah untuk punya kegiatan seru selama Ramadhan.


Ikut berburu takjil kolak dan gorengan selepas Ashar, serta berbelanja mukena atau pakaian lebaran untuk dihadiahkan pada orang-orang muslim terdekat, merupakan dua dari beberapa kegiatan mereka selama Ramadhan. Salah satu mukena dan hijab saya dari brand muslim terkenal pun, merupakan hadiah dari orang tua murid saya yang Chinese non muslim. Toleransi yang nggak akan saya lupakan.
Bahkan salah seorang sahabat saya pernah ikut merasakan sahur dan berbuka puasa karena kami satu tempat kerja semuanya berpuasa. How nice, walau bagi kami, enggak apa-apa kok kalau dia mau makan minum di depan kami.

Kalau mereka yang non muslim aja banyak juga yang antusias dengan datangnya Ramadhan, apalagi kita-kita yang muslim ya. Pasti ada aja kebiasaan yang dilakukan pada tiap keluarga, termasuk di keluarga saya.

Berbuka puasa bersama dengan adik-adik sepupu merupakan bahagia sederhana bagi saya. Kebetulan rumah kami memang berdekatan. Nggak harus dengan menu yang super mewah yang mesti kami pesan dari restoran mahal. Takjil kami cukuplah dengan gorengan yang saya masak lalu dicocol dengan kecap Indofood.

Bakwan goreng feat sambal kecap Indofood 
Selesai menyantap takjil, ada yang lanjut makan malam dan ada juga yang makan selepas tarawih. Yang penting selepas Ashar, saya udah menyiapkan masakan untuk makan malam dan sekalian untuk sahur.

Masak menjelang sahur memang nggak dibiasakan di rumah kami. Jadi masaknya sekalian 2 porsi, yang 1 disimpan di kulkas kalau memang akan basi, lalu tinggal dipanaskan aja menjelang makan sahur.

Masakan yang saya buat tentunya yang simple tapi mesti sehat juga. Salah satu masakan yang saya buat adalah Udang Jagung Kuah Kecap, yang kecapnya saya gunakan kecap manis Indofood.

Kenapa kecap Indofood? Karena pas saya pernah baca, kecap Indofood ini diolah dengan fermentasi selama 6 bulan, untuk menghasilkan rasa kecap yang gurih alami.

Seperti halnya Ramadhan untuk proses diri kita #JadiLebihBaik, kecap Indofood pun juga terus berproses untuk #JadiLebihBaik ketika terhidang bersama masakan saya dan kita-kita.   


Yuk kita siapkan bahan-bahannya:

Kecap manis Indofood
250 gram udang, bersihkan lalu aduk dengan sedikit garam
150 gram jagung muda atau keputren, iris menyerong
4 siung bawang merah, iris tipis
¼ bawang bombay besar. Kalau yang kecil, gunakan ½ aja. Iris
1 buah tomat merah kecil, belah 4 lalu potong dadu
1 batang daun bawang, iris menyerong
3 buah cabe merah, iris menyerong
3 buah cabe rawit hijau, iris menyerong
Secukupnya minyak goreng
100 ml air (kurang lebih ¼ gelas belimbing)
½ sdt gula pasir


Bumbu gilingnya:

1 siung bawang putih
½ sdt lada
1 sdt ketumbar
Secukupnya garam


Lalu ini cara masaknya ya:

Panaskan minyak secukupnya, lalu tumis bawang merah hingga matang.

Masukkan bawang bombay, tomat, daun bawang, cabe merah, cabe rawit, dan bumbu giling. Aduk hingga harum.

Masukkan air, jagung muda, dan gula pasir. Aduk hingga merata.

Masukkan 3 sdm kecap manis Indofood, lalu aduk hingga merata.

Tutup sembari sesekali diaduk, tunggu sampai jagungnya matang. Kurang lebih 5 s/d 10 menit ya. Gunakan api pelan menuju sedang.

Masukkan udang, lalu aduk hingga merata. Hingga kuah kecapnya terlihat agak kental.

Letakkan pada sebuah wadah, lalu dipindahkan ke meja, dan tunggu sampai buka puasa baru disantap dengan nasi hangat, haha...


Udang Jagung Kuah Kecap ini rasanya enggak pedas. Kecap Indofood yang warna hitamnya kece, manisnya nggak berlebihan, serta gurihnya pas, bikin Udang Jagung Kuah Kecap makin mantap untuk disantap.

Ramadhan memang nggak cuma perihal sibuk dengan menu-menu berbuka puasa dan sahur aja. Di bulan yang baik ini, ibadah kita pun harus #JadiLebihBaik ya.

Kalau teman-teman sendiri, biasa menu olahan kecapnya apa sih? Bersama kecap Indofood, masakan dan jajanan kita #JadiLebihBaik yaaaa...


Makasih banyak ya, teman-teman udah mampir...

58 comments:

  1. Maaak..jago banget iih masak.. jadi pengen udang malam-malam

    ReplyDelete
  2. Weehh...bikin ngiler, pasti enak ini

    ReplyDelete
  3. wah udang dan jagung tambah kecap indofood jadi lebih enak yaa

    ReplyDelete
  4. Hmmm kebayang enaknya,,, mba Nita itu kalau kecap Indofood kalau kelamaan d masak bau hangus gk?? takutnya aroma kecapnya hilang,,,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tetap berasa kok, Mba Utie, walau masak dengan api agak besar :D

      Delete
  5. Saatnya praktekin utk nanti berbuka, makasih resepnya mba.

    ReplyDelete
  6. Bisa banget nih untuk variasi menu harian di rumahku mbak..

    ReplyDelete
  7. wadaaaw, pagi2 baca dan lihat ini, sungguh cobaaan :)

    ReplyDelete
  8. Boleh kan dikirim itu udang & bakwannya :D bumil lg males bgt masak, maunya makan doang #eh hihihihi

    ReplyDelete
  9. Boleh nih varian menu baru. Ijin niru ya mbk

    ReplyDelete
  10. Kebetulan aku punya semua nih bahannya (udang dan jagung), mau nyoba resep ini nanti sore aahh

    ReplyDelete
  11. Huaa, udang, jagung plus kecap? Duuh, mendadak pengen masak iniii

    ReplyDelete
  12. Ooo udangnya digaremin dulu ya? Kalau ade masak udang nyemplung2in aja.. Xixixi.. Coba aah..

    Btw, sama kita di keluarga ade ga ada masak pas sahur. Yg ada anget2in doang. Soalnya kebayang kalau telat bangun blm ada makanan.. Sakitnya tuh disini (nunjuk dada) ^_^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau doyan yang tanpa garam ya gpp, Ummi. Malah bagus kan :D

      Delete
  13. Yummmy. Makan pakai nasi hangat enak nya. Bisa nambah nih makan nya

    ReplyDelete
  14. Ok fix... Ini krn si mba ART sudah mudik, sepertinya aku bakal coba resep ini nanti :D.. Sampe hr minggu ini, terpaksa harus muter otak gimana supaya si papi dan anak2 bisa makan :p. Untung kantor udh libur...

    ReplyDelete
  15. Udang jagungnya seruuuuu.. Salah timing nih aku naca resep jam segini.. Jadi ngiler.. Heuheu.. Thanks sharing resepnya mbak.. ;)

    ReplyDelete
  16. dari dulu juga indofood suka jadi pilihan keluarga

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya produk lainnya pun banyak dan enak2 ya :D

      Delete
  17. Yeyeyeye dapet menu simpel lagi. Penyelamat di saat maidless. Kmrn udh berhasil nyontek menu dari sini, ikan bakar sambal kecap, sama apa sambal ijo gitu.

    Ni yaaaa aku ngebayangin klo main2 ke rumah mba nita, pasti bakal disuguhin masakan enak2 nih..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ntar ikannya bakarnya pake kecap Indofood juga aja biar tambah enak :D Ayuk main lah, kita makan2, haha...

      Delete
  18. Bahannya jagung dan udang kesukaanku semua, nyaamm

    ReplyDelete
  19. Wah ini kalo orang Jawa nyebutnya dadar jagung, ternyata simpel ya mba buatnya. Bisa untuk referensi menu sarapan juga kalo lagi nggak puasa :)

    ReplyDelete
  20. Wah Nita, bikin saya ngeces nih lihat udang. Pake jagung? Endeuus kayaknya. Aku biasa bikin bakwan jagung pake udang.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haha iya campur jagung muda juga, Teh :D

      Delete
  21. Waaah, menu baru ini. Biasanya jagung cuma diolah jadi perkedel, hihihi. Makasih sharingnya mbak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah Ibu Paus mah masakannya lebih kreatif :D

      Delete
  22. Semalem aku makan udang, dan kayaknya dibumbu kecap udang bisa jadi lebih enak nih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya ntar cobain juga ya masak ini, Mba :D

      Delete
  23. bikin ngileerrrr mbaaa.. mau bikin kecap drawitin juga ih. kemaren makan sama gurami goreng di resto maknyuuusss..

    ReplyDelete
  24. Saya klo mood masaknya lagi bagus.. hal yg aku lakuin cek blog mba terus cari resep yang sekiranya cocok buat di bikin

    Kayanya besok liburan aku mau coba masak ini.. nyaaammmm

    ReplyDelete
  25. Biasanya saya kalau masak Udang hanya di goreng tepung atau di cabein. Baca postingan mba Nita jadi dapat resep baru, boleh juga kapan kapan saya cobain.

    ReplyDelete
  26. Yummyy bangeett mbaaak. . Pengen cobaa ah resepnyaaa. . Biasaya kalau masak udang cuma goreng tepung biasa hehehe oiya mbakk ku jugaaa sukaa makan bakwan dicocol sama kecaaap. Lebihhh sedaaap soalnya hehehe trus bikin nagih 😂

    ReplyDelete
  27. Waaa,boleh juga resepnyaa.. endeus banget ni

    ReplyDelete
  28. Berburu takjil terutama gorenga itu salah satu yang aku kangenin dari Ramadan kemarin hehehe. Udang ini oalahan laut yang enak banget apalagi kalau ada dibalik bakwan. Enak,deh. Sayang euy aku ternyata alergi sama udang. Jadi cuma ngeces aja liatnya.

    ReplyDelete
  29. Sayang ya.. Adek Fi alergi udang. Jadi ga bisa di eksekusi nih.. Hiks

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah kalau gitu tukar ikan potong aja Ummi :)

      Delete

Makasih ya udah meluangkan waktu untuk berkomen. Semua komen melewati jalur sensor dulu ya sebelum mejeng di blog.

Memang tidak ada notif setelah klik posting, tapi komen teman2 tetap masuk ya :)

I'm a member of

I'm a member of