Udang Jagung Kuah Kecap Indofood


Apa kabar, teman-teman?

Setiap keluarga biasanya punya moment seru untuk merayakan Ramadhan ya. Untuk yang enggak merayakan Ramadhan pun, seringkali saya dengar cerita-cerita, entah dari teman-teman, orang-tua murid, begitupun dengan bocah-bocah murid saya. Mereka pun juga nggak mau kalah untuk punya kegiatan seru selama Ramadhan.


Ikut berburu takjil kolak dan gorengan selepas Ashar, serta berbelanja mukena atau pakaian lebaran untuk dihadiahkan pada orang-orang muslim terdekat, merupakan dua dari beberapa kegiatan mereka selama Ramadhan. Salah satu mukena dan hijab saya dari brand muslim terkenal pun, merupakan hadiah dari orang tua murid saya yang Chinese non muslim. Toleransi yang nggak akan saya lupakan.
Bahkan salah seorang sahabat saya pernah ikut merasakan sahur dan berbuka puasa karena kami satu tempat kerja semuanya berpuasa. How nice, walau bagi kami, enggak apa-apa kok kalau dia mau makan minum di depan kami.

Kalau mereka yang non muslim aja banyak juga yang antusias dengan datangnya Ramadhan, apalagi kita-kita yang muslim ya. Pasti ada aja kebiasaan yang dilakukan pada tiap keluarga, termasuk di keluarga saya.

Berbuka puasa bersama dengan adik-adik sepupu merupakan bahagia sederhana bagi saya. Kebetulan rumah kami memang berdekatan. Nggak harus dengan menu yang super mewah yang mesti kami pesan dari restoran mahal. Takjil kami cukuplah dengan gorengan yang saya masak lalu dicocol dengan kecap Indofood.

Bakwan goreng feat sambal kecap Indofood 
Selesai menyantap takjil, ada yang lanjut makan malam dan ada juga yang makan selepas tarawih. Yang penting selepas Ashar, saya udah menyiapkan masakan untuk makan malam dan sekalian untuk sahur.

Masak menjelang sahur memang nggak dibiasakan di rumah kami. Jadi masaknya sekalian 2 porsi, yang 1 disimpan di kulkas kalau memang akan basi, lalu tinggal dipanaskan aja menjelang makan sahur.

Masakan yang saya buat tentunya yang simple tapi mesti sehat juga. Salah satu masakan yang saya buat adalah Udang Jagung Kuah Kecap, yang kecapnya saya gunakan kecap manis Indofood.

Kenapa kecap Indofood? Karena pas saya pernah baca, kecap Indofood ini diolah dengan fermentasi selama 6 bulan, untuk menghasilkan rasa kecap yang gurih alami.

Seperti halnya Ramadhan untuk proses diri kita #JadiLebihBaik, kecap Indofood pun juga terus berproses untuk #JadiLebihBaik ketika terhidang bersama masakan saya dan kita-kita.   


Yuk kita siapkan bahan-bahannya:

Kecap manis Indofood
250 gram udang, bersihkan lalu aduk dengan sedikit garam
150 gram jagung muda atau keputren, iris menyerong
4 siung bawang merah, iris tipis
¼ bawang bombay besar. Kalau yang kecil, gunakan ½ aja. Iris
1 buah tomat merah kecil, belah 4 lalu potong dadu
1 batang daun bawang, iris menyerong
3 buah cabe merah, iris menyerong
3 buah cabe rawit hijau, iris menyerong
Secukupnya minyak goreng
100 ml air (kurang lebih ¼ gelas belimbing)
½ sdt gula pasir


Bumbu gilingnya:

1 siung bawang putih
½ sdt lada
1 sdt ketumbar
Secukupnya garam


Lalu ini cara masaknya ya:

Panaskan minyak secukupnya, lalu tumis bawang merah hingga matang.

Masukkan bawang bombay, tomat, daun bawang, cabe merah, cabe rawit, dan bumbu giling. Aduk hingga harum.

Masukkan air, jagung muda, dan gula pasir. Aduk hingga merata.

Masukkan 3 sdm kecap manis Indofood, lalu aduk hingga merata.

Tutup sembari sesekali diaduk, tunggu sampai jagungnya matang. Kurang lebih 5 s/d 10 menit ya. Gunakan api pelan menuju sedang.

Masukkan udang, lalu aduk hingga merata. Hingga kuah kecapnya terlihat agak kental.

Letakkan pada sebuah wadah, lalu dipindahkan ke meja, dan tunggu sampai buka puasa baru disantap dengan nasi hangat, haha...


Udang Jagung Kuah Kecap ini rasanya enggak pedas. Kecap Indofood yang warna hitamnya kece, manisnya nggak berlebihan, serta gurihnya pas, bikin Udang Jagung Kuah Kecap makin mantap untuk disantap.

Ramadhan memang nggak cuma perihal sibuk dengan menu-menu berbuka puasa dan sahur aja. Di bulan yang baik ini, ibadah kita pun harus #JadiLebihBaik ya.

Kalau teman-teman sendiri, biasa menu olahan kecapnya apa sih? Bersama kecap Indofood, masakan dan jajanan kita #JadiLebihBaik yaaaa...


Makasih banyak ya, teman-teman udah mampir...

No comments:

Post a Comment

Makasih banyak ya teman-teman udah meluangkan waktu untuk mampir. Semua komen akan melewati jalur sensor dulu yaaa...

BTW don't call me "Mak" or "Bunda" cause I'm not Emak-Emak or Bunda-Bunda :P