Resep Sambal Terasi Tempe dan Tempe Goreng Saus Barbeque

Sambal Terasi Tempe dan Tempe Goreng Saus Barbeque

Apa kabar, teman-teman?

Dalam rangka di kulkas ada tempe selonjoran yang pas dipotong, bisa nyampe 10 potong, jadi saya masak sekalian dua masakan aja yaitu tempe goreng bejek yang dipadukan dengan sambal terasi, serta tempe goreng yang dicampur dengan saus barbeque.


Dari 10 potong tempe ini, saya balurkan dengan gilingan 1 siung bawang putih, sedikit garam, dan sedikit air. Lalu panaskan minyak dan goreng hingga matang dengan api sedang.

Selanjutnya kita bagi tempenya jadi dua masakan. Yang pertama kita masak sambal terasi tempe dulu ya.


Bahan-bahan yang perlu disiapkan itu...

2 potong tempe goreng
Secukupnya minyak goreng

10 buah cabe merah
5 buah cabe rawit hijau
5 buah cabe rawit merah

4 siung bawang merah
1 siung bawang putih
1 buah tomat merah

1 sachet terasi
1 ruas jeruk nipis
Sedikit garam


Lalu ini cara masaknya ya...

Panaskan minyak lalu goreng cabe merah, cabe rawit hijau, cabe rawit merah, bawang merah, bawang putih, dan tomat hingga layu atau kulit tomatnya pecah. Gunakan api sedang.

Giling semuanya dengan terasi, jeruk nipis, dan garam. Kalau terasi yang teman-teman gunakan itu terasi mentah, digoreng sedikit dulu ya dan baiknya jangan ditambahkan garam dulu, karena terasi mentah ini biasanya lebih asin.

Masukkan tempe, bejek kasar atau halus, barengan sambal. Biar merata sih aduk pakai sendok aja.

Ini dia hasilnya...

Sambal Terasi Tempe
Sambal Terasi Tempe
 Sambal terasi tempe ini jadinya kurang lebih satu mangkok kecil dengan rasa yang lumayan pedas karena pakai cabe rawit merah. Makan pakai nasi hangat kayak gini doang mah udah enak banget, haha...


Lanjut ke masakan yang kedua yaitu tempe goreng yang dimasak dengan saus barbeque. Ini ya bahan-bahannya yang diperlukan...


8 potong tempe goreng, potong dadu
Secukupnya minyak goreng

4 siung bawang merah, iris
1 siung bawang putih, iris
3 buah cabe rawit hijau, iris
3 buah cabe rawit merah, iris

1 buah tomat merah, belah empat lalu iris
2 SDM saus barbeque
Sedikit garam
½ SDT gula


Lalu ini cara masaknya...

Panaskan minyak, lalu tumis bawang merah dan bawang putih hingga matang.

Masukkan cabe rawit merah, cabe rawit hijau, dan tomat, lalu tumis hingga harum.

Masukkan saus barbeque, garam, dan gula, lalu aduk hingga merata.

Masukkan tempe, lalu aduk hingga merata.


Ini dia hasilnya...

Tempe Goreng Saus Barbeque
Tempe Goreng Saus Barbeque
Tempe goreng saus barbeque ini hasilnya kurang lebih satu piring. Walau pakai cabe rawit merah tapi rasanya nggak begitu pedas, karena cabenya cuma diiris aja. Kalau mau lebih pedas lagi mungkin teman-teman bisa tambahkan 1 SDT lada hitam aja. Saus barbeque yang rasanya khas banget, bikin rasa masakan ini jadi khas juga.

Makasih banyak ya teman-teman udah mampir dan selamat mencoba...

19 comments:

  1. Aaaak, penasaran sama yang pakai saus barbeque, dimakannya sama nasi yang masih hangat, trus minumnya yang segeeer, pasti maknyuss ya mbak :D

    ReplyDelete
  2. Belum pernah coba masak atau mkn tempe goreng bumbu barbeque. Layak utk dicoba ini. Makasih ya Mba utk ide kreatifnya.

    ReplyDelete
  3. Nelan ludah... Nita, saus barbeque nya gimana ya bentuknya? Apa sekarang di Indonesia ada kemasan sachet atau gimana? kalau diganti saus tiram atau teriyaki?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya pakai merk Delmonte, macam botolan tapi ini plastikan :D Ganti saus tiram berarti rasanya jadi rasa khas saus tiram, gpp pakai aja :D

      Delete
    2. ow pake Delmonte aku taunya Delmonte cuman buat Spagethi itu miss itu samakah?mau cobalah bosan masak tempe cuman di oreg atau dikecap :D

      Delete
    3. Ini Delmonte yg saus barbeque aja, untuk diolah lagi mba :D

      Delete
  4. aku pingin nyoba sambel tempe yg dibejek ini

    ReplyDelete
  5. Pas mba..aku tergoda sama yang diatas. Soalnya trasi-tempe-tomat gampang dicari. Mumpung cabe murah juga..pke nasi anget, pasti nambah2 makannya..

    ReplyDelete
  6. Selama ini tahunya saos barbeque itu buat udang atau cumi ya. Ternyata dipadukan tempe juga bisa wkwkwk. Resep gampang ini buat org yg malas masak macam diriku haha

    ReplyDelete
  7. Mba nitt, aku tempe lovers lho. tapi sungguh anehnya aku sama sekali belum nyoba 2 jenis masakan mba. apalagi tempe saus barbequenya. bikin penasaran. Makasih ya mba Nit resepnya :)

    ReplyDelete
  8. Wah mantep banget, harus coba nih resepnya tempe pake saus barbeque....Belum pernha coba hehehe

    ReplyDelete
  9. Nita nih semeng banget ya bikin masakan apa aja diolah pakai saus barbeque. Sampe ke tempe2 dibikin barbeque.

    Kreatif idenya. Bs jadi menu sabtu minggu nih. Soalnya sabtu minggu jatahnya ade masak ^_^

    ReplyDelete

Makasih banyak ya teman-teman udah meluangkan waktu untuk mampir. Semua komen akan melewati jalur sensor dulu yaaa...

BTW don't call me "Mak" or "Bunda" cause I'm not Emak-Emak or Bunda-Bunda :P