Resep Sambal Terasi Tempe dan Tempe Goreng Saus Barbeque

Sambal Terasi Tempe dan Tempe Goreng Saus Barbeque

Apa kabar, teman-teman?

Dalam rangka di kulkas ada tempe selonjoran yang pas dipotong, bisa nyampe 10 potong, jadi saya masak sekalian dua masakan aja yaitu tempe goreng bejek yang dipadukan dengan sambal terasi, serta tempe goreng yang dicampur dengan saus barbeque.


Dari 10 potong tempe ini, saya balurkan dengan gilingan 1 siung bawang putih, sedikit garam, dan sedikit air. Lalu panaskan minyak dan goreng hingga matang dengan api sedang.

Selanjutnya kita bagi tempenya jadi dua masakan. Yang pertama kita masak sambal terasi tempe dulu ya.


Bahan-bahan yang perlu disiapkan itu...

2 potong tempe goreng
Secukupnya minyak goreng

10 buah cabe merah
5 buah cabe rawit hijau
5 buah cabe rawit merah

4 siung bawang merah
1 siung bawang putih
1 buah tomat merah

1 sachet terasi
1 ruas jeruk nipis
Sedikit garam


Lalu ini cara masaknya ya...

Panaskan minyak lalu goreng cabe merah, cabe rawit hijau, cabe rawit merah, bawang merah, bawang putih, dan tomat hingga layu atau kulit tomatnya pecah. Gunakan api sedang.

Giling semuanya dengan terasi, jeruk nipis, dan garam. Kalau terasi yang teman-teman gunakan itu terasi mentah, digoreng sedikit dulu ya dan baiknya jangan ditambahkan garam dulu, karena terasi mentah ini biasanya lebih asin.

Masukkan tempe, bejek kasar atau halus, barengan sambal. Biar merata sih aduk pakai sendok aja.

Ini dia hasilnya...

Sambal Terasi Tempe
Sambal Terasi Tempe
 Sambal terasi tempe ini jadinya kurang lebih satu mangkok kecil dengan rasa yang lumayan pedas karena pakai cabe rawit merah. Makan pakai nasi hangat kayak gini doang mah udah enak banget, haha...


Lanjut ke masakan yang kedua yaitu tempe goreng yang dimasak dengan saus barbeque. Ini ya bahan-bahannya yang diperlukan...


8 potong tempe goreng, potong dadu
Secukupnya minyak goreng

4 siung bawang merah, iris
1 siung bawang putih, iris
3 buah cabe rawit hijau, iris
3 buah cabe rawit merah, iris

1 buah tomat merah, belah empat lalu iris
2 SDM saus barbeque
Sedikit garam
½ SDT gula


Lalu ini cara masaknya...

Panaskan minyak, lalu tumis bawang merah dan bawang putih hingga matang.

Masukkan cabe rawit merah, cabe rawit hijau, dan tomat, lalu tumis hingga harum.

Masukkan saus barbeque, garam, dan gula, lalu aduk hingga merata.

Masukkan tempe, lalu aduk hingga merata.


Ini dia hasilnya...

Tempe Goreng Saus Barbeque
Tempe Goreng Saus Barbeque
Tempe goreng saus barbeque ini hasilnya kurang lebih satu piring. Walau pakai cabe rawit merah tapi rasanya nggak begitu pedas, karena cabenya cuma diiris aja. Kalau mau lebih pedas lagi mungkin teman-teman bisa tambahkan 1 SDT lada hitam aja. Saus barbeque yang rasanya khas banget, bikin rasa masakan ini jadi khas juga.

Makasih banyak ya teman-teman udah mampir dan selamat mencoba...
Copyright © food @nitalanaf. Made with by OddThemes