Resep Selada Padang

Resep Selada Padang

Apa kabar, teman-teman?

Setelah nulis resep Gado Gado Padang, kuliner edisi sayur khas Minang selanjutnya yang saya share adalah Selada Padang. Mungkin teman-teman juga ada yang sering makan ini ya. 


Mampir juga yaww di Resep Gado Gado Padang

Yang khas dari Selada Padang ini adalah sausnya yang merupakan perpaduan dari kentang dengan kuning telur rebus. Yuk sekarang kita siapkan aja bahan-bahannya:


Bahan-bahannya:

200 gram kentang, kukus atau rebus hingga empuk, kupas kulitnya, belah dua lalu iris tipis
4 butir telur, rebus, belah dua, pisahkan kuningnya untuk saus, lalu iris tipis putih telur
2 buah ketimun, belah dua lalu iris tipis

2 lembar selada, iris (maaf kalau di foto ini nggak ada seladanya ya)
1 buah tomat, belah dua lalu iris tipis
Secukupnya emping


Sekarang kita siapkan untuk bahan sausnya ya:

200 gram kentang, kukus atau rebus hingga empuk, kupas kulitnya, haluskan
4 kuning telur
6 siung bawang merah iris + 1 siung bawang putih iris, goreng

1 sdt lada bubuk
75 gram margarin, lelehkan
250 gram air kaldu

1 sdt gula
1 sdt cuka
Secukupnya garam


Lalu ini cara masaknya ya:

Campurkan kentang halus, kuning telur, margarin leleh, lada bubuk, gula, dan garam.

Nyalakan kompor, tuang sedikit demi sedikit air kaldu, aduk hingga kuahnya mengental.

Masukkan cuka dan bawang goreng, lalu aduk hingga merata.

Tata sayuran, lalu aduk dengan saus.

Tambahkan emping sebagai pelengkap.


Ini jadinya bisa untuk 3 s/d 4 porsi. Ada rasa sedikit pedas dari lada dan juga gurih dari margarin dan gula. Air kaldu juga bikin saus kentang ini jadi gurih. Karena udah nggak lagi makan kerupuk merah, jadi saya tukar emping aja. Kalau kentang irisnya mau digoreng, juga sama enaknya sih.


Untuk bumbu air kaldunya, saya cuma bikin dari kulit ayam aja. Ini ya bumbunya:

Secukupnya kulit ayam
1000 ml air
Bumbu gilingnya: 2 siung bawang merah, 1 siung bawang putih, ½ sdt lada, 1 sdt ketumbar, ½ ibu jari jahe, secukupnya garam


Cara membuatnya: 

Semua bahan direbus dengan api pelan sampai airnya berkurang, kurang lebih setengahnya. 

Setelah matang, air kaldunya disaring biar bening. Sisa kaldunya bisa disimpan di freezer untuk masak yang lain.


Makasih ya teman-teman udah mampir dan selamat mencoba.

13 comments:

  1. Aku suka sausnya itu lho Mba Nit.. Trus krenyes2 pas ngunyah sayurnya.. Hehe.. Kayaknya gampang bikinnya nih.. Tfs mbaa.. :D

    ReplyDelete
  2. Eh selada padang nih baru denger loooh. Ade kirain awalnya ininpake kacang, ternyata kentang toh. Ntar praktek aaah.. trus suruh mertua cicipin hahaha.. dah bisa belom jadi orang padang hahaha apa masih betawi.

    ReplyDelete
  3. Saya bingung pada "Resep Gado-gado Padang" itu kenapa kalimat di bawahnya gak nyambung ya.. Ternyata maksudnya 'baca juga' hehe.
    Btw, sudah 4 tahun saya tinggal di Padang, saya malah baru tahu dengan Selada Padang ini. Ckckck

    ReplyDelete
    Replies
    1. Karena saya nggak mau nyuruh2 orang baca, jadi nggak saya tulis, haha...

      Delete
  4. Aku baru tahu ada menu ini di masakan Padang, Kak.. ^_^

    ReplyDelete
  5. Idem komen yang diatas aku juga mikirnya itu Miss typo ga sih?wkwkwkwk taunya :D
    Dan aku baru denger ada selada Padang ini banyak bener dah kulineran padang yang mesti dicoba :P

    ReplyDelete
  6. Mantap ahh makin uhuy deh skill masaknya. Selada yg biasa jadi luar biasa di tangan suhu satu ini wkkwkw. Pas lah ya utk porsinya utk sekali makan orang serumah wkwk

    ReplyDelete
  7. Aku suka banget sama semua masakan Padang. Medok bumbunya itu bikin nagih semua. Tapi belom pernah cobain yang kayak gini.. jdi penasaran

    ReplyDelete
  8. air kaldu juga dibumbui ya, berarti selama ini aku kurang bumbu ya, hehehe

    ReplyDelete
  9. Mirip seladanya orang Bangka ya kalau nggak salah. Cuma kalau orang Bangka pakai daging ikan yang diancurin kasar.
    Ini resepnya tengkyu banget deh Mbak. Kayaknya enak. Save ah! 😊

    ReplyDelete
  10. Selada itu salad ya? Kayaknya gampang sih, mbak. Kapan-kapan praktek ah ^^

    ReplyDelete
  11. Mama dulu srg bgt bikin ini mba.. Krn dulu kita ga suka sayur, tp ntah kenapa nyobain selada padang ini pada suka semua mungkin krn ada rasa gurihnya yaaa :). Jd rasa selada yg merupakan sayur hambar, jd ketutup hihihi

    ReplyDelete
  12. wah baru dengar selada padang, kirain kaya gado2, ternyata bukan ya?

    ReplyDelete

Makasih banyak ya teman-teman udah meluangkan waktu untuk mampir. Semua komen akan melewati jalur sensor dulu yaaa...

BTW don't call me "Mak" or "Bunda" cause I'm not Emak-Emak or Bunda-Bunda :P