Resep Ikan Kukus Suwir Sambal Petis

Resep Ikan Suwir Sambal Petis


Apa kabar, teman-teman?

Ketemu lagi di 14FoodTalk pada bulan ini, sebuah agenda nulis dengan tema makanan yang sama, dari saya dan teman-teman. Pada bulan ini, tema yang kami pilih adalah tentang sambal. Uwww... karena kami memang sesama penyuka sambal.


Kalau untuk resep sambal yang saya pilih adalah sambal petis, yang dipadukan dengan suwiran ikan kukus.

Ketimbang menggunakan terasi, bisa dibilang saya jarang banget masak yang menggunakan olahan petis. Karena memang di warung sayur daerah rumah, nggak ada yang jualan petis, haha... entah kenapa. Sampai pada akhirnya begitu ngelihat sebotol kecil bertuliskan petis udang, langsung saya hajarrr.

Walau sering mendengar dan makan sambal petis pas kulineran, saya pun juga baru tau kalau petis itu juga terbuat dari udang. Ada pula yang dari ikan pindang serta kupang. Petis ini merupakan air sisa perebusan ikan (atau kupang dan udang) yang dipanasi hingga kuah air itu mengental kayak saus, tapi lebih padat.

Abis itu, pengolahannya ditambah dengan gula batok. Ini yang bikin petis itu warnanya jadi coklat kehitaman serta rasanya ada manis-manisnya, macam iklan ape gitu yak, hahah...

Petis udang dikenal sebagai olahan masakan Sidoarjo. Kalau di Boyolali juga ada petis sapi, yang pemasakannya ini dari air sisa perebusan untuk pembuatan dendeng dan abon sapi.

Biasanya, petis ini digunakan sebagai penyedap rasa di beberapa masakan, kayak rujak dan tahu campur. Biar masakannya jadi makin enak.

Kalau di Madura juga ada petis ikan tuna. Ciri khas dari petis Madura ini, rasanya agak asin serta warnanya juga lebih cerah, merah kecoklatan. So far Madura memang terkenal sebagai pulau penghasil petis yang cukup terkenal.

Yesss kurang lebih segitu info yang saya dapat tentang petis dari Wikipedia. Mau masak aje nengok Wikipedia dulu yak, hahah... Yeps, selain bisa menyantap, baiknya kita memang harus tau juga ya proses di balik bahan makanan itu, apalagi untuk masakan yang merupakan kuliner khas daerah. Jadi makin kaya juga kan pengetahuan kita tentang kuliner di negeri ini.


Yuk sekarang kita mulai masaknya. Apa aja yang perlu disiapkan...

1 ekor ikan tongkol ukuran sedang. Kalau agak kecil, pakai 2 aja juga nggak apa-apa.
10 buah cabe merah
5 buah cabe rawit hijau

5 buah cabe rawit merah
4 bawang merah
1 bawang putih

1 tomat merah
+_ 1 sdt petis udang
1 ruas jeruk nipis
Sedikit garam


Bumbu giling untuk ikan:
1 siung bawang putih
1 ruas jeruk nipis
Sedikit garam


Lalu ini cara memasaknya ya...

Bersihkan ikan, lumuri dengan bumbu giling, lalu kukus barengan dengan cabe merah, cabe rawit hijau, cabe rawit merah, bawang merah, bawang putih, dan tomat. Kurang lebih 10 – 15 menit. Bisa dilihat dari kulit tomatnya udah pecah atau udah lembek.

Giling semua kukusan bahan sambal (kecuali ikan) dengan petis, jeruk nipis, dan garam. Mau giling kasar atau halus, yang penting petisnya ini udah tercampur rata.

Suwir ikan, lalu aduk dengan sambal.

Resep Ikan Kukus Suwir Sambal Petis
Ikan Kukus Suwir Sambal Petis
Karena pakai cabe rawit merah jadi rasanya cukup pedas dan ada rasa manis khas petis. Kalau teman-teman nggak suka pedas, pakai cabe merah semua aja, antara 15 – 20 buah. Dengan ditambah suwiran ikan kukus ini, makan pun jadi makin mantep. At least ada gizinya, ehehe...

Kalau teman-teman ada yang alergi ikan tongkol, ya udah ditukar aja dengan ikan yang lain dan disesuaikan aja ya penggunaannya.

Oke, ini sharing dan sedikit resep masakan simple saya tentang sambal ya. Jangan lupa mampir juga ya di tulisannya teman-teman saya:

Mba Ade di www.adeufi.com

Mba Nurul di www.nurulsufitri.com

Mba Febri di www.tulisanfebri.com


Makasih banyak ya teman-teman udah mampir. Moga bisa jadi rekomendasi masak teman-teman ya...  

Comments

  1. kalo makanan seperti jenis ini mengandalkan daging ikan sebagai bahan dasarnya ya, mbak? aku suka ikan laut.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Baiknya ikan. Karena kalau ayam atau daging sapi, ada bumbu tambahan lagi sih :D

      Delete
  2. Aku jarang sih makan ditemenin sambel petis. Tenyata terbuat dari hewan laut ya salah satunya udang. Kupang itu aku kok agak lupa :D Kalau aku sih lebih suka ikan digoreng setengah matang. Anak2 demen ikan tuna dikukus. Beda cara masak beda juga rasanya mungkin ya. Apalagi baru ngeh kalau sambal petis bikinnya ditambahain gula batok hhmm... nambah nasi ini mah judulnya hahahha.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah tuna kukus lebih enak ini, Mba Nurul :D

      Delete
  3. Ikan tuna aku suka, sering kumasak sama jagung pipil mba

    ReplyDelete

Post a Comment

Makasih banyak ya teman-teman udah meluangkan waktu untuk mampir. Semua komen akan melewati jalur sensor dulu yaaa...

BTW don't call me "Mak" or "Bunda" cause I'm not Emak-Emak or Bunda-Bunda :P