Resep Gado-Gado Padang

Cara membuat Gado Gado Padang – gado gado berisi gabungan sayuran mentah dan rebus, serta mie kuning, dengan kuah kacang pedas yang wangi daun jeruk.

Resep Gado Gado Padang
Gado Gado Padang


Apa kabar, teman-teman?


Kalau ngomongin masakan Padang, mungkin yang terlintas dalam pikiran teman-teman adalah menu yang serba daging atau yang bersantan ya, macam rendang maupun gulai ayam. Lalu kalau tentang sayuran, biasanya memang daun singkong atau gulai nangka yang lebih familiar, karena selalu tersaji hampir di seluruh kedai masakan Padang.


Gado Gado Padang, adakah teman-teman yang udah pernah mencicipinya? Emang ada ya Gado Gado Padang? Haha... biasanya begini komentar teman-teman saya. Iya ada dong, Gado Gado yang sayurannya ini ada beberapa yang mirip dengan Gado Gado Betawi, eh atau apa ya saya menyebutnya. Ya udah saya bilangnya Gado Gado Betawi aja ya karena saya kan belinya di Jakarta, hehe...


Menggunakan kol mentah dan juga mie kuning, ini yang cukup khas dari Gado Gado Padang. Lalu apalagi yang unik? Yaitu bumbu kacangnya yang pedas dengan aroma daun jeruk. Pedasnya tentu disesuaikan aja dengan selera kita ya.


Lalu penggunaan kerupuk merah yang diremas dan ditaburi di atasnya, juga merupakan yang khas dari Gado Gado Padang. Bisa juga ditambahkan kerupuk emping maupun kerupuk udang.


Gado Gado Padang ada juga dijual di beberapa restoran masakan Padang. Cuma kalau di kedai daerah perumahan mungkin jarang aja ya. Makanya saya lebih suka bikin sendiri aja.


Oh ya, untuk sayurannya ini sih disesuaikan aja ya dengan selera teman-teman. Cuma umumnya sayuran untuk Gado Gado Padang ya ini. Lalu untuk kuah kacangnya, ini yang diajarkan oleh my late grandma. Nggak pakai santan dan gula merah kayak kuah kacang Gado Gado Padang umumnya. Bumbunya pun juga lebih simple, tapi ini nggak kalah enak kok. Rasanya lebih ke gurih dan pedas, serta wangi daun jeruk. Yuk kita siapkan aja masak-masaknya...

 

Resep Gado Gado Padang
Gado Gado Padang

Cara membuat Gado Gado Padang, ini dia bahan-bahan yang perlu disiapkan:

¼  kol ukuran sedang, iris tipis

2 buah timun, belah dua, iris tipis

+_ 200 gram mie kuning, rebus hingga matang, tiriskan (bisa juga 1 bungkus mie telur atau 2 bungkus mie instant)


2 ikat kacang panjang, potong-potong, rebus hingga empuk, tiriskan

 2  buah kentang, rebus hingga empuk, kupas kulitnya, lalu belah dua dan iris.

2 - 4 buah telur, rebus hingga matang (+_ 15 menit), kupas, belah dua lalu iris tipis

 

2 genggam kacang tanah

1,5 gelas sedang air

Secukupnya minyak goreng

 

4 siung bawang merah, iris

1 siung bawang putih, iris

2 sdm cabe giling

1 sachet terasi

 

5 lembar daun jeruk

2 ruas jeruk nipis / 1 sdt cuka

½ sdt garam

½ sdt penyedap

 

Secukupnya kerupuk merah

Secukupnya kerupuk emping untuk tambahan

 


Lalu ini ya cara memasak Gado Gado Padang:


Panaskan minyak goreng, lalu goreng kacang tanah hingga kuning keemasan. Gunakan api pelan aja ya. Kalau udah mau matang, matikan aja apinya. Biar ketika diangkat, bagian bawahnya yang masih di kompor enggak hangus.


Blender kacang tanah dengan terasi. Bisa dicampurkan sedikit air yang akan digunakan.


Panaskan minyak goreng, lalu goreng bawang merah dan bawang putih hingga kuning keemasan.


Masukkan cabe giling, daun jeruk, jeruk nipis, garam, dan penyedap. Tumis hingga harum. Garam dan penyedapnya masukkan ¼ sdt dulu aja.


Masukkan blenderan kacang tanah, lalu tuang air sedikit demi sedikit sembari diaduk. Kuah kacangnya jangan sampai encer ya.


Masak hingga mendidih atau meletup sembari diaduk. Gunakan api sedang aja.


Tata sayuran secukupnya di atas piring, lalu siram dengan kuah kacang. Aduk merata, dan sajikan dengan kerupuk merah dan kerupuk lainnya.

 

Resep Gado Gado Padang
Gado Gado Padang

Ini rasanya gabungan dari gurih agak pedas dengan wangi daun jeruk. Nggak pakai santan pun juga udah gurih. Jadinya cukup banyak juga sih.


Makasih banyak ya teman-teman udah mampir. Moga bisa jadi rekomendasi bagi teman-teman penyuka gado gado atau kuliner Minang...