Resep Salad Wortel

Resep Salad Wortel
            
Apa kabar, teman-teman?

Saya bukan termasuk penyuka sayuran, apalagi sayuran yang dimakan mentahan. Dulu pas pertama kalinya ke fast food resto Jejepangan, pada menunya selalu disediakan salad wortel juga. Dan ternyata enak juga ya, haha... Karena suka, jadinya saya bikin aja di rumah, walau tentu... dari sisi rasa ya nggak bisa dibilang benar-benar sama dengan yang dibuat Chef resto, hehe...


Wortel, kalau yang saya baca di Wikipedia, merupakan tumbuhan yang menyimpan karbohidrat dalam jumlah besar untuk jenis tumbuhan. Nah bagus juga ya untuk yang bilang gagal diet mulu, hahah...

Kita-kita tentunya udah tau ya kalau wortel merupakan sayuran yang kaya akan vitamin A, yang baik banget untuk meningkatkan pandangan jarak jauh. Selain itu, wortel juga banyak mengantung vitamin B1, B2, B3, B6, B9, C, Kalsium, Zat Besi, Magnesium, Fosfor, Kalium, dan Sodium. Wow lengkap banget ya.

Wortel ternyata juga mengandung antioksidan yang bisa mencegah katarak dan degenerasi makula pada lansia.

Antioksidannya juga bisa untuk mencegah kanker mulut, tenggorokan, lambung, usus, saluran kemih, pankreas, dan payudara. Kalau untuk pencegahan kanker ini, wortelnya perlu dimasak.

Serat yang ada pada wortel juga bisa untuk menghilangkan sembelit. Nih teman-teman yang susah Be-A-Be, yuk ah banyak-banyak makan wortel.

Makan wortel juga disarankan untuk orang-orang yang perokok, karena bisa untuk mencegah kanker paru-paru. Iya, walau tetap ya... yang terbaik adalah berhenti merokok, hehe...

Wortel yang dimakan sebanyak 200 gram secara mentah setiap hari, selama 3 minggu, bisa juga untuk menurunkan kolesterol sebanyak 11%. Lalu kalau selama 5 minggu, bisa untuk menurunkan risiko stroke sebanyak 68%.

Ini sedikit info yang saya baca di Wikipedia. Moga bisa menambah wawasan kita-kita juga ya, kalau wortel... baik yang dimakan mentah maupun dimasak, banyak juga manfaatnya untuk kita menjaga kesehatan.

Yuk sekarang kita mulai aja siap-siapin bahannya untuk bikin Salad Wortel. Bahannya nggak banyak kok:


Bahan-bahannya:

2 buah wortel, bersihkan, potong-potong ukuran setengah ibu jari, iris tipis
2 buah ketimun, bersihkan, potong-potong ukuran setengah ibu jari, iris tipis
¼ kol, iris tipis

Secukupnya mayones. Kalau saya menggunakan 1 bungkus Mayumi pedas yang ukurannya 100 gram.
½ - 1 jeruk nipis, peras
1 sdm olive oil

¼ sdm oregano
Sedikit garam


Cara membuatnya tinggal campurkan semua bahan aja, lalu aduk hingga merata.

Resep Salad Wortel
Resep Salad Wortel 
Kalau yang saya buat ini menggunakan jeruk nipisnya 1 buah yang agak besar, jadi rasa asam segarnya mantap. Kalau lagi nggak ada stok olive oil dan oregano, nggak apa-apa nggak usah digunakan aja. Rasanya akan tetap gurih segar, cuma kalau ada tambahan olive oil dan oregano, jadi makin enak.

Karena pakai Mayumi pedas, salad ini jadi ada rasa sedikit pedas. Teman-teman bisa gunakan mayones biasa aja kalau nggak mau pedas.

Makasih banyak ya teman-teman udah mampir dan selamat mencoba... 


nita lana faera
nita lana faera

This is a short biography of the post author. Maecenas nec odio et ante tincidunt tempus donec vitae sapien ut libero venenatis faucibus nullam quis ante maecenas nec odio et ante tincidunt tempus donec.