Resep Sambal Terasi Mangga

Resep Sambal Terasi Mangga


Apa kabar, teman-teman?

Sebagai penyuka sambal terasi, bikin sambal terasi dengan ditambahan campuran bahan makanan lainnya, rasa sambal terasinya jadi makin enak. Begitupun dengan sambal terasi yang dicampur dengan irisan mangga muda.

Mangga muda merupakan mangga yang belum matang. Biasanya ditandai dengan warna dagingnya yang kuning pucat. Dari yang saya baca di web manfaat.co.id, mangga muda memiliki kandungan vitamin C yang tinggi, tapi vitamin A nya rendah.

Selain berguna untuk menyehatkan tubuh yang ada hubungannya dengan vitamin C, seperti gigi dan juga tulang, mangga muda juga bisa untuk mengatasi gangguan pencernaan dan sembelit.

Mangga muda ternyata juga memiliki kandungan kalori dan karbohidrat, makanya bisa juga sebagai sumber energi. Pastinya ini energi tambahan ya. Ye kali kite makan mangga muda doang seharian, hahah... kagak kenyang, kecut iye.

Mangga muda biasanya juga dikonsumsi oleh ibu hamil, untuk mengurangi mual atau morning sickness. Itu sekilas tentang manfaat mangga muda yang saya baca ya. Yuk mari kita mulai bikin sambalnya.


Bahan-bahan yang perlu disiapkan itu...

1 buah mangga muda, iris memanjang
Secukupnya minyak goreng
4 siung bawang merah
1 siung bawang putih

10 buah cabe merah
5 buah cabe rawit ijo
5 buah cabe rawit merah

1 buah tomat
1 sachet terasi
1 ruas jeruk nipis
Sedikit garam


Lalu ini cara memasaknya ya...

Panaskan minyak goreng secukupnya, lalu goreng bawang merah, bawang putih, cabe merah, cabe rawit ijo, cabe rawit merah, dan tomat hingga layu.

Giling bersama terasi, jeruk nipis, dan garam. Bisa halus maupun kasar.

Campurkan irisan mangga, lalu aduk hingga merata.

Resep Sambal Terasi Mangga Muda
Resep Sambal Terasi Mangga
Sambal Terasi Mangga yang saya buat ini rasanya cukup pedas dan pastinya asam segar khas mangga muda. Kalau pedasnya mau dikurangi, bisa gunakan cabe merah semua aja ya.

Terima kasih banyak ya teman-teman udah mampir dan selamat mencoba...


Note: di foto ini mangga muda yang saya beli, udah nginep di kulkas, makanya warnanya kuning kayak udah matang, hahah... tapi rasanya masih asam.