Resep Ikan Suwir Sambal Kukus

Cara memasak ikan suwir sambal kukus – rekomendasi masakan harian tanpa minyak dan santan.


Resep Sambal Kukus
Ikan Suwir Sambal Kukus
Apa kabar, teman-teman?

Bagi teman-teman yang lagi menjalankan program diet atau untuk menjaga kesehatan, biasanya memang menghindari menu masakan yang berbahan minyak dan juga santan ya. Walhasil yang disantap lebih ke sayuran aja. Kali ini saya mau berbagi masakan olahan kukus dari ikan ya. Biar protein hewaninya tetap tercukupi walau lagi diet atau pemulihan kesehatan.


Mampir juga ya di : Resep Ikan Suwir Sambal Matah

Ikan yang saya pilih untuk memasak Ikan Suwir Sambal Kukus ini adalah ikan tongkol, karena memang tulangnya lebih sedikit. Jadi lebih gampil untuk suwir-suwirnya. Tapi kalau mungkin teman-teman ada kena alergi ikan tongkol, tukar aja dengan ikan favorit teman-teman ya. Kayak tuna juga enak, apalagi salmon ya, hehe...

Kalau yang saya di web-nya hellosehat.com, ikan tongkol ini ternyata mempunyai beberapa manfaat yang luar biasa untuk kesehatan tubuh kita. Selain kaya akan vitamin dan mineral, ikan tongkol juga mempunyai kadar protein yang tinggi. Jadi sangat membantu untuk memperbaiki sel yang rusak, meningkatkan sistem imun, serta bisa untuk menguatkan tulang dan otot juga.

Nih nggak cuma haircare dan skincare botolan yang dibutuhkan untuk menjaga kesehatan rambut dan kulit, hehe... Menyantap ikan tongkol ternyata juga bisa untuk mempercantik diri dari dalam, karena ikan tongkol ini juga bagus untuk menjaga kesehatan rambut, kulit, dan juga kuku.

Ikan tongkol juga disarankan bagi yang lagi program diet, karena ikan ini memang rendah kalori. Selain itu ternyata juga bisa untuk membantu meningkatkan fungsi otak, karena pada ikan tongkol ini juga mengandung Omega 3 dan Niacin yang berguna untuk menurunkan risiko penyakit Alzheimer dan Demensia.

Nggak cuma itu aja, ikan tongkol juga kaya akan antioksidan. Di zaman sekarang ini pastinya sangat dibutuhkan ya. Ini dia beberapa dari manfaat menyantap ikan tongkol, dari yang saya baca di web hellosehat.com ya.

Cara membuat Ikan Suwir Sambal Kukus, ini dia yang perlu disiapkan:


250 gram ikan tongkol
20 cabe merah atau 10 cabe merah + 5 cabe rawit merah
5 siung bawang merah

1 siung bawang putih
1 buah tomat merah
2 ruas jeruk nipis
Secukupnya garam


Bumbu giling untuk ikan:

2 siung bawang putih
½ sdt ketumbar
2 ruas jeruk nipis
Sedikit garam 

Lalu ini ya cara memasak Ikan Suwir Sambal Kukus:


Aduk ikan dengan bumbu giling.

Siapkan kukusan, lalu masukkan ikan beserta cabe, bawang merah, bawang putih, dan tomat. Kukus dengan api sedang sekitar 15 – 20 menit.

Giling cabe merah, bawang merah, bawang putih, tomat, jeruk nipis, dan garam hingga halus.

Masukkan ikan yang udah disuwir, lalu aduk hingga merata.


Resep Sambal Kukus
Ikan Suwir Sambal Kukus
Ini rasanya cukup pedas, apalagi kalau yang menggunakan cabe rawit merah. Disantapnya bisa sekalian dengan lalapan favorit teman-teman. Lalapannya bisa dikukus barengan juga kan.

Makasih banyak ya teman-teman udah mampir dan moga bisa menjadi resep masakan harian teman-teman ya...
nita lana faera
nita lana faera

This is a short biography of the post author. Maecenas nec odio et ante tincidunt tempus donec vitae sapien ut libero venenatis faucibus nullam quis ante maecenas nec odio et ante tincidunt tempus donec.