Unplanned Ngayap (Ngayap-Ngayap ke Kuala Lumpur dan Melaka with Pandra Tour)

Kuala Lumpur

Apa kabar, teman-teman?

Pekan Keempat Februari 2017

Nit, gue bulan depan mau bawa rombongan ke Kuala Lumpur dan Melaka. Lu mau ikut, nggak? Beli tiket pesawat aja deh. Hotel dan bus nebeng aja.

Begini kira-kira pesan WA dari Mba Piet, my best ngayapmate yang juga seorang juragan travel Pandra Tour, haha... Rombongan yang Mba Piet mau bawa adalah ibu dan anak yang masih teman-temannya Mas Pandji, anak pertamanya Mba Piet.

Sebelumnya saya pernah nulis, cerita-cerita seorang teman yang pernah 2 tahun tinggal di Kuala Lumpur, bikin saya mupeng abis untuk bisa kelayapan ke sana. Tanpa saya pikir, emang punya duit??? Iya saya nggak punya duit, saya punya impian kayak orang yang punya duit.

Kuala Lumpur lah alasan saya untuk bikin paspor. Yang penting bikin paspor dulu, rezeki dan kesempatan ngayap akan menyusul kemudian. Pikir saya saat itu.

Tapi Allah belokkan mimpi saya dengan kelayapan ke Singapura, seminggu setelah paspor udah di dompet. Yeps... Unplanned ngayap untuk ngecap paspor. Begitu ngelihat promo Air Asia ke Singapura, bersamaan dengan abis tanda-tangan teenlit ketiga.

Lalu Allah belokkan lagi mimpi saya ke Melaka plus Singapura lagi. Ini juga unplanned ngayap, karena bisa kelayapan ke Melaka nggak pernah ada dalam mimpi saya, haha... Kembali karena Mba Piet yang ngajakin untuk “pelajari” buka rute, jadi kami ngayap cuma bertiga dengan Mba Ninna.

Ketika membuka pintu keluar money changer di Kelapa Gading sewaktu nukerin duit buat ke Melaka dan Singapura, saya pun berucap dalam hati, kalau suatu saat nanti saya akan ke sana lagi untuk nukerin ringgit buat ke Kuala Lumpur. Cuma asal ngemeng doang, ketimbang nggak punya doa, haha...

Sampai akhirnya, impian untuk bisa kelayapan ke Kuala Lumpur itu teringat lagi dan itu... untuk bulan depan.

Karena hotel dan bus nebeng, walau saya semingguan nanya ke Mba Piet, nanti Mba Piet rugi, nggak? Karena kan ini bisnis, kok saya digratisin, haha... Katanya mumpung gue lagi aja rezeki. Dan akhirnya saya pun memutuskan untuk ikut aja karena kebetulan lagi... berbarengan dengan duit ngeblog dan main socmed yang nyampenya hampir bersamaan, haha...

Maaf saya bukannya mau pamer rezeki ya, walaupun saya memang tukang pamer, haha... Saya cuma mau bilang, bisa kelayapan baik di sini maupun ngecap paspor, ini bukan karena saya orang tajir atau utang sana sini. Tapi karena saya pergunakan sisa waktu dan tenaga untuk mengumpulkan another income.

Ketika mungkin orang lain leyeh-leyeh sepulang kerja, saya lanjut ngetik novel dan ngirim tulisan macam resep masakan sekalipun. Pas weekend pagi hingga siang, saya punya private student di 2 rumah. Dan sekarang, menjadi private teacher merupakan pekerjaan utama saya, dan another income saya dapat dari ngeblog dan main socmed.

Mengirit gaji bukanlah hal yang mudah buat saya, karena saya cuma guru les yang duitnya nggak seberapa. Solusinya saya harus punya another income di sisa waktu dan tenaga. 

Awal Maret 2017 

Ini persiapan saya untuk unplanned ngayap ke Kuala Lumpur dan Melaka:

Paspor Indonesia

Paspor

Paspor saya masih berlaku sampai tahun depan. Oh ya, kalau teman-teman ada berencana mau bikin paspor, saya pernah nulis ya bersamaan dengan persiapan saya ke Singapura.


Tiket Pesawat

Saya ngasih foto paspor ke Mba Piet untuk beli tiket Air Asia PP seharga 1,2 juta. Iya ini memang mahal kalau cuma untuk ke Kuala Lumpur, karena pas lagi long weekend dan belinya juga sebulan sebelumnya, haha... Namanya juga unplanned ngayap.

Pas saya tanya ke Mba Piet, saya udah bisa bayar tiket, belum. Eh ternyata udah ditalangin Mba Piet dari kemarinnya, haha... Maap ya, Mba Piet. Makasih lagi dan lagi untuk kepercayaannya sama saya.

So far persiapan saya di bulan Maret sih ini aja... Lalu lanjut pas di H-2 mau berangkat, saya baru ke money changer, haha... Ini karena hampir seminggu sakit dan mesti istirahat banget biar sehat pas kelayapan.

Kalau booking penginapan, biasanya saya pas di bulan yang sama aja, atau jeda sebulan kemudian, karena duitnya mesti dikumpulin lagi, haha...

Uang

Saya nggak mau rempong soal uang, karena nyari uangnya juga udah rempong, haha... Rempong maksudnya, saya nggak akan kelilingin money changer se-Jakarta ini untuk nyari rate termurah. Yang penting duit asli.

Saya masih punya 8 ringgit 20 cent sisa ngayap, haha... Saya cuma nukerin 300 ringgit, dan 1 RM itu 3.150. Ini turun banyak dari 2 tahun yang lalu seharga hampir 3.600.

Asumsinya: sekali makan semahalnya plus beli air minum itu 20 ringgit dan ongkos itu semahalnya 10 ringgit. Jadi sehari saya akan mengeluarkan 70 ringgit x 3 hari itu 210 ringgit. (walau saya cuma sampai siang di Kuala Lumpur ya, artinya saya nggak beli makan malam. Dan saya pun cuma keluar ongkos di hari pertama). Sisanya baru untuk beli apaan kek atau dibawa pulang lagi. Oh ya, saya nggak punya perhitungan seminim mungkin, jadi ini hitungan middle saya. 

Saya memang masih ngeluarin ongkos untuk Day 1 karena nggak ikut rombongan ke Sunway Lagoon, wahana lengkap keluarga. Selain mahal, haha... saya kan belum mejeng di Petronas dll. Jadi mending ke sini dulu aja.

Ketika membuka pintu keluar, doa saya adalah... Suatu saat nanti, saya akan datang lagi untuk nukerin baht. Jika memang Bangkok dan Pattaya menjadi doa teman-teman juga, moga doa kita sama-sama didengar Tuhan ya, haha... (Al Fathihah untuk almarhum MasCum yang pernah mendoakan saya juga, suatu saat nanti saya bisa ke Bangkok). 

Eh tapi... saya pun juga pingin nukerin ringgit lagi buat ke Penang. 

Friend I Know (just) from Instagram 


Saya dan Mba Cici di KLCC Park
Perkenalan saya nggak sengaja dengan Mba Cici, orang Solo yang menikah dan tinggal dengan Pak Cik di Kuala Lumpur. Pas libur akhir tahun kemarin, Mba Cici pulang ke Solo dan ngirimin saya oleh-oleh.

Saat itu saya bilang, moga suatu saat nanti kita ketemuan ya di Kuala Lumpur. Oh ya, Mba Cici ini juga katanya sering baca-baca tulisan saya di blog ini.


Souvenir Malaysia



Saya pun berkirim pesan ke Mba Cici di instagram. Saya senang banget begitu Mba Cici bilang kalau bisa temenin saya kelayapan di Kuala Lumpur di hari pertama. Saya sih bilang, yang penting ngelihat Petronas dan tulisan I Love KL aja deh, haha... Selebihnya bebas.

Dan akhirnya kami pun plan untuk kelayapan ke KLCC Park tempat Petronas Twin Tower mejeng, makan di restoran melayu di Jalan Pahang, lalu ke Dataran Merdeka area yang ada KL City Gallery, Masjid Jamek Kuala Lumpur, Central Market, Petaling Street, dan ke kuil Sri Marriaman.

Wokehhh... persiapan saya mah cuma segini aja. Yang paling saya khawatirkan itu... sakit saya belum sembuh banget.

14 April 2017

Paket Internet

Sehari sebelumnya, Mba Piet ngabarin kalau baiknya kita beli paket internet di sana aja, karena lebih murah. Waktu ngayap sebelumnya saya mah bodo amat sama kuota, tapi karena mesti janjian sama Mba Cici dan pisah ngayap sama Mba Piet di hari pertama, jadi saya mesti beli paket internet.

Saya bilang sama Mba Piet kalau mau nukerin 50 ringgit deh buat beli kartu seharga 30 ringgit. Di Kalibata Plaza ada money changer kok, sekalian paginya ngajar di Kalibata juga. Eh entah ini sial atau bukan, hahahah... lah itu money changer udah ditutup (belum nyampe seminggu lho saya lihat masih buka).

Mba Piet, beli kartunya boleh ngutang, nggak? Nggak sempet ke money changer Kelapa Gading lagi... ketik saya ke WA Mba Piet.

Pastinya saya diutangin dong, hahahah....

Menjelang sore saya berangkat ke Rawangun untuk naik Damri ke Soekarno Hatta terminal 2E. Damri masih 40 ribu ya dari Rawamangun. Ternyata terminal 2E dan 2F ini turun Damrinya sama, haha... Sebelumnya kan biasa di terminal 3.

Kurang lebih setengah jam saya duduk sendirian di KFC, haha... Mba Piet pun dateng. Inilah pertama kalinya saya ketemu sama Mas Pandji dan De Rajend. Kami pun makan dulu sebelum check in.

When My Name was Lita, not Nita

Jam 6 lewat kami pun check in. Ini akibat teledornya saya juga sih, nggak ngecek bener-bener. Pas di Damri, saya baru lihat kalau nama saya kok diketiknya Lita, bukannya Nita. Lapor dulu lah akhirnya ke Manager Air Asia. Pas paspor dan KTP saya diminta, lalu nama saya pun diganti di sistem mereka, tapi di tiket tetap Lita. Tapi ini nggak masalah, baik di imigrasi maupun boarding room. Karena yang dilihat kan kode boarding-nya.

Kami pun lanjut masuk berjalan ke penyecekan imigrasi. Di sini saya sempet dikepoin, berapa lama di Kuala Lumpur. Saya jawab 3 hari sambil ngasih lihat tiket pulang, walau enggak ditanya. Biar cepet, haha... Dan bener kan, paspor saya langsung dicap, haha.... Ini mungkin karena sebelumnya saya juga udah punya cap Malaysia.

Selanjutnya kami jalan lagi menuju boarding room Air Asia. Ransel saya cuma dilihatin doang, nggak disuruh ditimbang. Elalah ternyata pesawatnya delay kurang lebih 1 jam, sampe kami dikasih snack kotakan isinya roti keju, chocopie, dan air mineral. Mas Pandji dan De Rajend udah bete banget, walau sempet seger pas makan chocopie, haha... 

Bersama De Rajend. Walau delay tetap semangat
Harusnya kami berangkat jam 20.30, eh melar jadi jam 21.30 baru deh pesawat dari Kuala Lumpurnya dateng, penumpangnya turun dulu, baru pintunya dibuka.

Di dalam pesawat, udah ngantuk plus badan saya yang nggak fit juga, selama kurang lebih 2 jam, saya pun tidur. Rasanya penumpang lain juga pada tidur karena sepi banget, haha... 

Segini dulu ya ceritanya. Selanjutnya saya akan cerita ketibaan kami di KLIA 2 dan hari pertama saya di Kuala Lumpur. Makasih banyak ya teman-teman udah mampir... 

No comments:

Post a Comment

Hai, temans... Makasih banyak ya udah mampir. Semua komen lewat jalur moderasi dulu ya :D Don't call me "mak" or "bund", coz I'm not emak-emak or bunda-bunda :P