Ayam Goreng So Good Sambal Hijau Belimbing

Ayam Goreng So Good Sambal Hijau Belimbing

Apa kabar, teman-teman?

Salah satu yang membahagiakan bagi saya dan tante adalah punya tetangga yang di halaman rumahnya ada pohon belimbing wuluh alias belimbing sayur, haha... Kalau lagi buahnya banyak, pemilih rumahnya selalu nawarin tante untuk ngambil, karena tau kalau tante seneng banget masak dengan campuran belimbing wuluh.

Biasanya, belimbing wuluh ini kami masak untuk campuran gulai ikan atau sambal terasi. Lalu pas saya masak untuk campuran ayam goreng sambal hijau, ternyata juga sama enaknya. Yuk sekarang kita siapkan bahan-bahannya...

So Good Ayam Potong
So Good Ayam Potong
Untuk ayamnya, saya pilih ayam potong produknya So Good. Yang saya punya ini, campuran paha dan dada ukuran 1 kilo. Ada juga sih yang 450 gram. Kalau variant dari ayam potong So Good lainnya itu ada juga yang ayam utuh potong dan daging sup ayam yang kedua ukurannya itu 1 kilo.

Begitu plastiknya dibuka, potongan-potongan ayam ini nggak nempel satu sama lain, jadi walau dari freezer, nggak perlu saya diamkan atau direndam dulu. Udah bisa langsung digunakan dan nggak perlu dicuci lagi, karena udah bersih dari sononyahhh... Lebih praktis, muantappp...

Lalu untuk masalah kesehatannya gimana? Pas saya baca infonya, So Good ayam potong ini, begitu ayamnya selesai dipotong, langsung dibekukan dengan sempurna selama 45 menit, dengan suhu -35 derajat celcius. Menggunakan tekhnologi IQF atau Individual Quick Frozen.

Proses packaging seperti ini gunanya untuk menjaga kualitas ayam biar tetap segar, bergizi, enak, dan pastinya bersih. Udah gitu warna ayamnya juga pink segar, rasanya nggak amis, serta pastinya jadi praktis.

Info lebih lengkapnya lagi bisa klik di link ini aja ya -> www.dapursogood.id


Ini dia bahan-bahan yang perlu disiapkan...

1 kilo So Good Ayam Potong
3 buah belimbing wuluh, potong-potong agak tipis
Secukupnya minyak goreng
1 ibu jari lengkuas, keprek
4 lembar daun salam
500 ml air


Bumbu giling untuk rebusan ayam:

2 siung bawang merah
3 siung bawang putih (biasanya saya pakai 4 ya)
½ sdt lada
1 sdt ketumbar
½ ibu jari jahe
1/2 ibu jari kunyit
Secukupnya garam


Bumbu giling untuk sambal:

15 buah cabe hijau
4 siung bawang merah
1 ruas jeruk nipis
Secukupnya garam


Lalu ini cara memasaknya ya...

Rebus ayam dengan air, bumbu giling untuk rebusan ayam, lengkuas, dan daun salam. Masak dengan api sedang sembari sesekali diaduk. Kalau ayam, empuknya ini lumayan cepat ketimbang daging sapi.

Panaskan minyak, goreng ayam dengan api pelan hingga kuning kecoklatan.

Panaskan minyak yang baru, tumis bumbu giling untuk sambal dan belimbing dengan api agak sedang hingga matang.

Masukkan ayam lalu aduk hingga merata.


Ini contoh ayamnya yang udah digoreng dan belum dikasih sambal. 

Ayam Goreng So Good
Ayam Goreng dari So Good Ayam Potong 
Untuk belimbing wuluhnya yang saya gunakan ini yang besar-besar. Kalau nanti yang teman-teman punya itu yang sedang atau kecil, bisa gunakan 4 atau 5 aja. Cabe hijaunya juga yang saya gunakan yang besar-besar juga. Misalnya yang teman-teman punya yang langsing-langsing, haha... Bisa gunakan sampai 20 aja nggak apa-apa.

So Good ayam potong ini punya rasa yang lebih juicy, makanya kalau biasanya saya bikin rebusan ayam itu dengan 4 siung bawang putih biar nggak amis, dengan So Good ayam potong ini saya cuma pakai 3 siung aja.

Karena pakai sambal hijau, jadi rasanya nggak begitu pedas dengan perpaduan asam dari belimbing wuluh. Jadi gurih pedas segar. Masakan ini saya rekomendasikan untuk teman-teman penyuka ayam goreng balado yang nggak terlalu pedas.

Untuk pecinta pedas bisa ditambahkan 5 cabe rawit yang dibelah 2 aja, lalu masak berbarengan dengan goreng sambalnya.

Makasih banyak ya udah mampir dan selamat mencoba... 
Copyright © food @nitalanaf. Made with by OddThemes