Resep Sup Tomat Sosis

Cara memasak sup tomat dengan campuran sosis, jagung, dan juga wortel.

Cara memasak sup tomat sosis
Sup tomat sosis
Apa kabar, teman-teman?

Kaya akan vitamin C, biasanya ini yang menjadikan banyak orang senang untuk mengkonsumsi tomat. Entah dimakan gitu aja, dipotong lalu ditaburi gula, dicampurkan ke dalam masakan, hingga menjadi bahan untuk membuat pasta.

Kalau yang saya baca di food detik, tomat memang mengandung banyak licopen, yang berguna banget sebagai penangkal radikal bebas. Selain mengandung vitamin C, tomat juga kaya akan vitamin A.

Dibanding tomat hijau, mengkonsumsi tomat merah memang lebih dianjurkan, karena lebih mengandung banyak vitamin. Kalau tomat hijau biasanya buat sambel ya, haha...

Saya memang kurang suka menyantap makanan berkuah bening. Jadi untuk makanan berkuah, seringkali saya masak gurih atau minimal ya ada rasanya, entah itu asam, manis, maupun pedas. Seperti kali ini saya memasak sayur wortel serta jagung, dengan kuah asam dari tomat. Nggak lupa dicampurkan dengan sosis biar sayurnya makin maknyusss...

Mungkin masakan ini juga cocok untuk menu anak-anak ya, karena memang nggak menggunakan sambal atau bumbu pedas lainnya. Kalau pingin makan pedas, tinggal ditambahkan sambal terpisah aja.

Sup tomat yang saya buat ini memang pure cuma menggunakan blenderan tomat aja, nggak ditambahkan saus tomat lagi. Jadi warnanya juga nggak merah banget ya. Ini masakan yang cukup simple karena cuma membutuhkan sedikit bahan dan sedikit bumbu pula, plus cara masak yang bisa dibilang cepat.


Cara membuat sup tomat sosis, ini dia bahan-bahan yang perlu disiapkan:

4 buah tomat
3 buah sosis, iris
1 buah jagung, serut
2 buah wortel, kerik, potong dadu

4 siung bawang merah, iris
1 siung bawang putih, iris
1 batang daun bawang dan seledri, iris
1 – 2 gelas air (gelas ukuran sedang)

1 sdt gula
½ sdt oregano (kalau nggak ada nggak apa-apa)
Secukupnya garam
Sedikit minyak goreng

Lalu ini ya cara memasak sup tomat sosis:

Rebus tomat dengan secukupnya air, hingga kulit tomatnya pecah atau udah kelihatan empuk. Tiriskan, buang kulitnya, blender halus.

Panaskan minyak goreng, tumis bawang merah dan bawang putih hingga halus.

Masukkan daun bawang dan seledri, tumis hingga layu atau wanginya menguar.

Masukkan blenderan tomat, air, gula, dan garam. Didihkan.

Masukkan sosis, jagung, dan wortel, masak hingga wortelnya empuk.

Menjelang matang, masukkan oregano.

Cara membuat sup tomat sosis
Sup tomat sosis
Kalau pakai oregano, rasanya jadi lebih gurih. Tapi kalau lagi nggak ada stok ya nggak apa-apa, karena pakai gula juga rasanya udah gurih. Saya menggunakan airnya 1,5 gelas dan hasilnya jadi lebih kental gini. Jagung serutnya memang bikin kuahnya jadi agak kental. Kalau teman-teman lebih suka berkuah agak banyak, bisa pakai air 2 gelas sedang.

Makasih banyak ya teman-teman udah mampir. Moga bisa jadi rekomendasi masakan simple teman-teman ya, terutama yang lagi hunting menu untuk anak-anak...

Mampir juga ya di resep olahan sayuran saya lainnya...