Resep Sambal Terasi Asam Jawa dan Sambal Bajak

Sambal Terasi Asam Jawa dan Sambal Bajak

Apa kabar, teman-teman?

Ketimbang sambalado hijau, sambal terasi memang yang lebih sering saya bikin. Kalau bosan dengan sambal terasi biasa, seringkali saya bikin sambal terasi berkuah dari air asam jawa. Atau kalau lagi pingin yang ada rasanya kecapnya, ya udah bikin sambal bajak ya.


Yang pertama saya tulis ini yang sambal terasi asam jawa dulu ya. Ini bahan-bahan yang perlu dipersiapkan...

1 sdm asam jawa, kasih air panas kurang lebih 1/3 gelas (gelas belimbing) lalu aduk-aduk
10 buah cabe merah
5 buah cabe rawit hijau

5 buah cabe rawit merah
4 siung bawang merah
1 siung bawang putih

1 buah tomat merah
1 sachet terasi
1 ruas jeruk nipis

Sedikit garam
Secukupnya minyak goreng


Lalu ini cara memasaknya ya...

Panaskan minyak, lalu goreng cabe merah, cabe rawit hijau dan merah, bawang merah dan putih, serta tomat hingga layu. Gunakan api sedang aja dan ditutup ya karena cabenya suka meletus, haha...

Letakkan pada ulekan, campurkan dengan terasi, jeruk nipis, dan garam, lalu giling halus atau setengah halus.

Letakkan pada sebuah mangkok, lalu sendokkan air asam jawa. Kadar asamnya nanti diatur aja ya, mau gunakan berapa sendok.

Ini dia hasilnya...

Sambal Terasi Asam Jawa
Sambal Terasi Asam Jawa
Kalau saya pakai air asam jawanya itu kurang lebih 8 sdm, jadi sambalnya itu segar karena lumayan berkuah dan rasanya pun asam pedas. Muantappp... Jadi macam sambal kukus.

Lanjut pada sambal terasi yang kedua yaitu sambal bajak. Untuk resep sambal bajak memang ada banyak banget, tapi ini sambal bajak ala chef Nita ya, haha... Kalau bahan-bahan dan cara masaknya beda dengan tetangga sebelah, ya bodo amat, haha... Eh nggak gitu juga sih. Kita boleh share aja ya sambal bajak versi teman-teman.


Ini bahan-bahan yang diperlukan ya. Hampir nggak jauh beda kok

10 buah cabe merah
5 buah cabe rawit hijau
5 buah cabe rawit merah

4 siung bawang merah
1 siung bawang putih
1 buah tomat merah

1 sachet terasi
1 ruas jeruk nipis
Sedikit garam

1 sdm kecap manis
½ sdt gula
Secukupnya minyak goreng


Lalu ini cara masaknya ya...

Panaskan minyak, lalu goreng cabe merah, cabe rawit hijau dan merah, bawang merah dan putih, serta tomat hingga layu.

Letakkan pada ulekan, campurkan dengan terasi, jeruk nipis, dan garam, lalu giling.

Panaskan minyak, lalu tumis gilingan sambal sembari dicampurkan dengan kecap dan gula. Ini sih tumisnya asal aduk-aduk aja, dan gunakan api pelan aja.

Ini hasilnya...

Sambal Bajak
Sambal Bajak
 Yeps, ini 2 resep sambal terasi dari saya. Nanti kalau lagi kurang kerjaan, saya akan tulis resep sambal yang super gampil lainnya, karena tak ada sambal... makan itu jadi kurang lengkap.

Makasih banyak ya udah mampir dan selamat mencoba...