Resep Sambal Terasi Asam Jawa dan Sambal Bajak

Cara memasak Sambal Terasi Asam Jawa dan Sambal Bajak – resep olahan sambal terasi.

Resep Sambal Terasi
Sambal Bajak
Apa kabar, teman-teman?

Sambal terasi, hemm... rasanya kalau sambal terasi udah terhidang di atas meja, makan pun jadi makin semangat ya, hehe... Entah itu cuma dengan lalapan aja, dengan terong atau tempe tahu goreng, apalagi kalau dipadukan dengan ayam atau ikan ya. Uwww... makin nambah-nambah deh makannya, hehe...

Biar makin bervariasi, biasanya sambal terasi yang saya buat suka ditambahin bahan lainnya. Kayak yang sekarang saya buat ini adalah olahan sambal terasi yang dicampurkan dengan asam jawa.

Selain Sambal Terasi Asam Jawa, Sambal Bajak juga nggak kalah maknyussnya. Sambal terasi yang udah diulek, dipanaskan sebentar sembari ditambahkan kecap dan sedikit gula. Rasanya pun jadi pedas manis dan pastinya mantap ya.

Untuk resep yang pertama, yang Sambal Terasi Asam Jawa dulu yaaa...


Resep Sambal Terasi
Resep Sambal Terasi Asam Jawa

Cara membuat Sambal Terasi Asam Jawa, ini dia bahan-bahan yang perlu disiapkan:

1 sdm asam jawa
Air panas kurang lebih setengah gelas
20 buah cabe merah atau 10 buah cabe merah dan 10 buah cabe rawit hijau
5 siung bawang merah

1 siung bawang putih
1 buah tomat merah
sachet terasi

1 ruas jeruk nipis
Sedikit garam
Secukupnya minyak goreng

Lalu ini ya cara memasak Sambal Terasi Asam Jawa:

Panaskan minyak goreng, lalu goreng cabe, bawang merah, bawang putih, serta tomat hingga layu. Gunakan api sedang aja dan ditutup ya karena cabenya suka meletus, haha... Tiriskan.

Giling semua bahan dengan terasi dan jeruk nipis.

Letakkan pada sebuah mangkok, lalu tuang air asam jawa. Ini sih diatur aja. Kalau saya lebih suka sampai sambalnya kelihatan agak berkuah, jadi asamnya ini berasa.


Lanjut pada olahan sambal terasi yang kedua yaitu Sambal Bajak. Karena pake kecap manis juga, jadi tampilannya agak hitam ya dibanding Sambal Terasi Asam Jawa yang merah merona, hehe...


Resep Sambal Terasi
Sambal Bajak

Cara membuat Sambal Bajak, ini dia bahan-bahan yang perlu disiapkan:

20 buah cabe merah atau 10 buah cabe merah dan 10 buah cabe rawit
5 siung bawang merah
1 siung bawang putih

1 buah tomat merah
1 sachet terasi
1 ruas jeruk nipis
Sedikit garam

1 sdm kecap manis
½ sdt gula
Secukupnya minyak goreng

Lalu ini ya cara memasak Sambal Bajak:

Panaskan minyak goreng, lalu goreng cabe, bawang merah, bawang putih, serta tomat hingga layu. Gunakan api sedang dan ditutup.

Giling semua bahan dengan terasi, jeruk nipis, dan garam.

Panaskan sambal dengan sedikit minyak goreng. Masukkan kecap dan gula, lalu aduk hingga merata. Ini asal panas aja kok. Gunakan api pelan ya.


Makasih banyak ya teman-teman udah mampir. Moga bisa menjadi variasi sambal untuk teman menyantap lalapan dan lauk lainnya ya...
nita lana faera
nita lana faera

This is a short biography of the post author. Maecenas nec odio et ante tincidunt tempus donec vitae sapien ut libero venenatis faucibus nullam quis ante maecenas nec odio et ante tincidunt tempus donec.