#14FoodTalk : Jus Kurma Pisang Susu dan Jus Pepaya



Apa kabar, teman-teman?

Pada postingan kali ini, saya nggak berbagi resep masakan, tapi diselingi dengan minumannya juga. Moga ini awal dari saya rajin posting-posting tentang minuman juga, biar imbang, haha...


Hemm... sebenernya tema minuman ini juga merupakan tema nulis barengan saya bersama teman-teman yang kami kasih nama #14FoodTalk. Lalu untuk bulan ini yang kami bahas adalah tentang minuman.

Tante saya termasuk rajin beli kurma kiloan. Karena tau kalau kurma itu bagus banget untuk kesehatan, sedangkan saya kurang doyan makan kurma langsung gitu, jadi biar makannya agak banyakan, mendingan saya bikin jus aja.

Awalnya saya bikin jus kurma ini dengan campuran susu kental manis aja, tapi pas ditambahkan dengan pisang ambon, rasa jus kurma ini jadi lebih enak. Jadi selanjutnya saya bikin dengan ketiga bahan ini.

Ini ya bahan-bahannya:

11 kurma, buang bijinya
2 pisang raja atau 1 pisang ambon
1 sachet susu kental manis
2 gelas air (gelas belimbing)

Untuk membuatnya cukup campurkan semua bahan lalu blender halus. Kalau untuk lebih halus memang biasanya saya saring setelah diblender.

Ini hasilnya...

Jus Kurma Pisang Susu
Jus Kurma Pisang Susu
Jus Kurma Pisang Susu ini rasanya perpaduan dari rasa khasnya kurma dan wangi dari pisang. Penggunaan susu kental manisnya ini untuk pengganti gula, karena rasa manisnya jadi lebih enak kalau menggunakan susu kental manis. Ini jadinya bisa untuk 2 porsi.

Lanjut ke minuman yang kedua. Minuman selanjutnya yang saya suka dan sering bikin adalah Jus Pepaya. Bagi sebagian orang, minuman kesukaan saya ini agak aneh, haha... Pepaya kok dijus, gimana rasanya?

Ini lagi-lagi karena saya memang rada malas makan buah-buahan secara langsung gini. Jadi enakan dijus aja biar langsung minum. Begitupun dengan pepaya. Kalau untuk jus pepaya ini nggak pakai campuran apa-apa lagi. Cukup potongan pepaya dan air.


Ini ya takarannya:

250 gram pepaya
200 ml air

Blender potongan pepaya dengan air hingga halus. Kalau pepaya ini mah lebih gampang halusnya.

Ini ya hasilnya...

Jus Pepaya
Jus Pepaya
Jus pepaya ini jadinya 1 gelas gede. Walau rasanya sedikit hambar, tapi saya memang membiasakan minum jus tanpa gula. Jadi usahakan pepaya yang kita pilih yang merah banget ya, biar rasanya lebih manis.

Jus pepaya ini nggak bisa lama-lama minumnya karena cepat basi. Kalaupun disimpan di kulkas, bisa tahan beberapa jam, tapi kalau kata saya rasanya jadi nggak begitu fresh kalau disimpan di kulkas lama-lama gitu. Jadi begitu bikin langsung diminum aja ya.

Ini 2 jus buah yang sering saya bikin. Nanti mampir juga di minuman favoritnya teman-teman saya di:


Mba Ade di www.adeufi(dot)com


Makasih banyak ya, teman-teman, udah mampir. Moga bisa jadi rekomendasi kalau teman-teman mau bikin minuman yang praktis dan sehat ya...

Copyright © food @nitalanaf. Made with by OddThemes