Resep La Fonte Spaghetti Sosis Bumbu Sate

Resep spaghetti bumbu nusantara

Resep Spaghetti La Fonte Bumbu Sate


Apa kabar, teman-teman?

Bumbu sate ayam yang rasanya gurih manis, apalagi plus pedas kalau ditambahkan sambal, pastinya enak banget ya sebagai teman penyantap sate ayam dan juga lontong. Untuk menambah variasi masakan, bumbu sate ayam juga enak kok untuk dijadikan bumbu adukan spaghetti, yang disantap sekalian dengan irisan sosis.

Untuk pemilihan spaghetti, sebenernya saya nggak punya brand khusus, tapi so far saya memang menggunakan La Fonte aja, karena selalu ada di minimarket dekat rumah. Yang saya suka dari La Fonte sih, karena kemasannya ada yang standar untuk sekali masak. Jadi nggak perlu keluar uang lebih, untuk beli yang kemasan besar. Kecuali memang masak spaghetti tiap hari ya, haha... Ini sih mending beli yang kemasan besar aja.

Resep spaghetti bumbu nusantara
Spaghetti Sosis Bumbu Sate
Saya lupa harga La Fonte yang saya beli ini, tapi rasanya 7 ribuan deh untuk ukuran 225 gram. Ini cukup kok untuk sekali masak, yang kurang lebih bisa untuk 4 atau 5 porsi. Spaghetti-nya mungkin bisa direbus setengah dulu, kalau di rumah teman-teman, orangnya memang nggak banyak. Lalu bumbu satenya bisa disimpan di kulkas dan tinggal dipanaskan aja kalau besoknya mau disantap lagi bareng spaghetti-nya.

Oh ya, sebelumnya saya juga udah pernah nulis resep dari olahan La Fonte juga. Mampir juga ya teman- teman, ke ...


Cara membuat Spaghetti La Fonte Bumbu Sate, ini dia bahan-bahan yang perlu  disiapkan:


225 gram La Fonte spaghetti (1 bungkus)
Secukupnya air untuk merebus
2 sdm minyak goreng

6 buah sosis, potong-potong
6 siung bawang merah, iris
1 siung bawang putih, iris

1 sdt asam jawa
3 sdm kecap manis
Secukupnya air

Secukupnya garam
1 sdt gula


100 gram kacang tanah (+_  2 – 3 genggam)
5 - 10 buah cabe merah
2 buah kemiri, gongseng
1 sdm gula merah 

Lalu ini ya cara memasak Spaghetti La Fonte Bumbu Sate: 

Goreng kacang tanah hingga kuning keemasan. Gunakan api pelan aja ya.

Haluskan kacang tanah, barengan dengan cabe merah, kemiri, dan gula merah.

Panaskan minyak goreng, lalu goreng bawang merah dan bawang putih hingga kuning keemasan.

Masukkan halusan bumbu kacang, kecap, asam jawa, dan garam. Tuang air sedikit demi sedikit hingga kuah kacang terlihat kental. Sembari diaduk juga ya dan gunakan api pelan aja.

Menjelang matang, masukkan gula, biar tambah gurih.

Goreng sosis hingga kuning keemasan, atau sekedar dipanaskan aja dengan sedikit minyak.

Rebus spaghetti dengan air dan 2 sdm minyak goreng. Ditambahkan minyak pada air ini, biar spaghetti-nya nggak lengket. Boleh ditambahkan sedikit garam juga, tapi kalau saya nggak pakai sih. Masak spaghetti sedikit lebih lama ya dari mie instant, dan nggak mengembang kayak mie instant.

Letakkan secukupnya spaghetti dan bumbu sate pada wadah makan. Aduk hingga merata, lalu taburkan irisan sosis.

Resep spaghetti bumbu nusantara
Spaghetti Sosis Bumbu Sate
Bumbu sate yang saya masak ini menggunakan 10 buah cabe merah, jadi rasa pedasnya cukup berasa. Kalau pakai 5 buah cabe merah, ini rasanya gurih manis. Mungkin cocok kalau untuk anak-anak atau teman-teman yang kurang suka pedas.

Untuk lebih lengkapnya memang enak jika ditambahkan kerupuk dan irisan telur rebus. Biar makin maknyuss menyantapnya. Kuliner nusantara kaya akan bumbu khasnya, jadi kenapa nggak kita padukan aja dengan olahan pasta yang biasanya identik dengan saus.

Makasih banyak ya teman-teman udah mampir. Moga bisa jadi rekomendasi masakan teman-teman ya, terutama bagi yang penyuka olahan pasta maupun bumbu kacang... 
nita lana faera
nita lana faera

This is a short biography of the post author. Maecenas nec odio et ante tincidunt tempus donec vitae sapien ut libero venenatis faucibus nullam quis ante maecenas nec odio et ante tincidunt tempus donec.