Resep La Fonte Spaghetti Sosis Bumbu Sate

Resep La Fonte Spaghetti Sosis Bumbu Sate

Apa kabar, teman-teman?

Kalau sebelumnya saya udah bikin olahan dari pasta La Fonte yang menggunakan bumbu gado-gado Padang, selanjutnya pasta dari La Fonte yang saya masak adalah spagetti yang dipadukan dengan bumbu sate ayam. Ini masih untuk lomba pasta La Fonte di instagram. Untuk resep masakan yang ini saya ikutnya yang di IG @fooddrinknita ya. Boleh bantu-bantu like dan komennya ya, haha...



Karena ditujukannya untuk menu praktis, jadi saya nggak menggunakan sate ayamnya, tapi ditukar dengan potongan sosis.


Yuk kita siapkan bahan-bahannya:

225 gram La Fonte spaghetti (1 bungkus)
Secukupnya air untuk merebus
2 sdm minyak goreng

6 buah sosis, potong-potong, goreng
Secukupnya selada, iris
Secukupnya emping, goreng


Lalu untuk bumbunya:

100 gram kacang tanah, goreng
5 buah cabe merah
2 buah kemiri, goreng

50 gram gula merah
6 siung bawang merah dan 1 siung bawang putih, goreng
2 ruas jeruk nipis

4 sdm kecap manis
350 ml air kaldu / air
Secukupnya garam


Sekarang kita masak kuah kacangnya dulu ya...

Haluskan kacang tanang, cabe, kemiri, dan gula merah.

Campurkan jeruk nipis, kecap manis, air kaldu, dan garam. Didihkan sembari diaduk.

Masukkan bawang goreng dan sosis, lalu aduk hingga merata.


Kalau kuah kacangnya udah matang, sekarang kita masak spaghetti-nya...

Didihkan secukupnya air dan 2 sdm minyak goreng.

Masukkan spaghetti, lalu rebus hingga matang.

Tata spaghetti, tambahkan selada, tuang bumbu sate, lalu aduk hingga merata.

Tambahkan emping sebagai pelengkap.


Ini hasilnya kurang lebih bisa untuk 4 porsi. Rasanya sih nggak pedas dan ada rasa manis dari gula merah dan kecap. Ya pedas manis deh. Dengan menggunakan air kaldu, rasa kuahnya ini jadi makin gurih. Tapi kalau teman-teman nggak punya persediaan air kaldu atau kalau mau bikinnya repot, ya udah pakai air biasa aja nggak apa-apa.

Pada resep masakan sebelumnya saya juga udah nulis kalau so far pasta dari La Fonte itu memang kenyal, jadi nggak gampang hancur pas dimasaknya, walau merebus pasta memang lebih lama kan dari mie biasa. Rasanya juga nggak hambar dan selain itu harganya juga terjangkau. Untuk spaghetti dan fettuccine yang saya beli juga nggak sampai 10 ribu dengan porsi yang banyak. 

Ini bahan-bahan untuk bikin air kaldunya ya. Karena bukan untuk masak sup, jadi yang saya bikin ini cuma kaldu asal aja kok, tapi rasanya tetap enak.

Beberapa lembar kulit ayam atau pakai ceker juga bisa
1000 ml air

Bumbu gilingnya:

2 siung bawang merah
1 siung bawang putih
½ sdt lada

1 sdt ketumbar
½ ibu jari jahe
Secukupnya garam


Cara masaknya:

Didihkan semua bahan dengan api pelan hingga kurang lebih airnya berkurang 1/3 atau setengahnya.

Setelah matang, disaring biar air kaldunya tetap bening.

Sisa kaldunya bisa disimpan di freezer untuk masak yang lain.


Makasih banyak ya teman-teman udah mampir dan selamat mencoba.