Resep Ikan Jagung Tumis Kecap Paprika

Resep Ikan Jagung Tumis Kecap Paprika

Apa kabar, teman-teman?

Tiap kali melihat masakan yang menggunakan paprika, baik yang hijau, kuning, maupun yang merah, rasanya pingin nyobain juga masak yang berbahan paprika. Tapi begitu lihat di supermarket, uweww... cukup mahal juga ya harganya kalau untuk saya, haha...


Dari hasil yang saya kepoin di wikipedia, paprika merupakan penghasil buah yang rasanya manis dan sedikit pedas. Paprika ini ada yang warnanya hijau, kuning, merah, dan ungu. Ngomong-ngomong saya belum pernah lho lihat paprika yang warnanya ungu.

Paprika ini berasal dari suku terong-terongan, bukan cabe-cabean. Biasanya, paprika ini dipakai untuk adukan campuran salad. Paprika awalnya berasal dari Amerika Selatan, tapi dibudidayakan hampir di semua daerah tropika dan subtropika.

Di Indonesia pun paprika juga ditanam di beberapa daerah. Ternyata selain enak, saya pun baru tau kalau paprika juga mengandung kesehatan. Paprika mengandung antioksidan serta vitamin C.

Pada paprika merah, terdapat kandungan karoten 9 kali lebih banyak. Selain itu, kandungan vitamin C nya juga 2 kali lipat ketimbang paprika hijau. Eh mungkin ini juga yang bikin harga paprika kadang beda-beda walau beratnya itu sama.

Itu sekilas tentang paprika serta manfaatnya. Nah pas lagi ke warung sayur, saya lihat ada paprika hijau yang nggak gitu besar sih. Pikir saya harganya akan semahal yang di supermarket. Eh ternyata harganya itu 2 ribu atau 3 ribu deh. Cukup bikin saya melongo, haha... tanpa pikir mau masak apaan, pokoknya beli aja dulu.

Dua hari terdampar di kulkas, dan kebetulan tante beli kakap fillet, jadilah itu paprika hijau dimasak untuk campuran kakap fillet serta jagung muda alias keputren.

Karena sebelumnya pernah bikin kakap fillet juga dan agak keras pas digoreng, akhirnya kakap fillet-nya saya rebus dulu sebentar. Biar pas ditumisnya juga jadi enggak lama.

Oh ya, kalau teman-teman nggak suka dengan kakap fillet ini, bisa ditukar aja ya dengan ikan yang disuka. Nggak usah yang fillet pun akan sama enaknya. Usahakan pakai ikan yang potongan aja ya.


Ini bahan-bahannya ya:

250 gram kakap fillet. Rebus sebentar dengan gilingan 1 siung bawang putih, ½ sdt ketumbar, sedikit garam. Tambahkan 1 gelas air (gelas belimbing)

8 – 10 buah jagung muda atau keputren (1 kantong kecil biasanya) belah 4
1 buah paprika hijau kecil, belah 4, iris memanjang
Secukupnya minyak goreng

4 siung bawang merah, iris
1 buah tomat, belah 2, iris memanjang
3 sdm kecap manis

1 sdt gula
½ gelas air (gelas belimbing)


Bumbu gilingnya:

1 siung bawang putih
½ sdt lada
1 sdt ketumbar
Secukupnya garam


Lalu ini cara memasaknya ya...

Panaskan minyak goreng, lalu tumis bawang merah hingga matang.

Masukkan paprika, daun bawang, dan tomat. Tumis hingga layu.

Masukkan rebusan ikan, jagung muda, kecap, gula, dan air.

Masak hingga matang dengan api sedang.

Resep Ikan Jagung Tumis Kecap Paprika
Ikan Jagung Tumis Kecap Paprika
Ini hasilnya agak berkuah ya dan rasanya enggak pedas. Kalau tumisannya ditambahkan 1 sdm margarin, rasanya mungkin akan lebih gurih. Kalau ada stok bawang bombay juga, bisa ditambahkan irisan dari ½ bawang bombay. Ini saya pas lagi nggak ada stok keduanya.

Walau ini masakan berbahan paprika, tapi kalau memang teman-teman nggak punya stok paprika, ya nggak usah digunakan aja paprikanya. Karena ini kan bukannya 1 bumbu yang akan merusak rasa seandainya nggak digunakan.

Resep Balado Ikan Kacang Panjang

Resep Balado Ikan Kacang Panjang
Balado Ikan Kacang Panjang
Untuk masakan yang kedua, masih dari olahan ikan kakap fillet, cuma ini dibalado dengan campuran kacang panjang ya.


Ini dia bahan-bahannya:

250 gram kakap fillet. Rebus sebentar dengan gilingan 1 bawang putih, ½ sdt ketumbar, sedikit garam. Tambahkan 1 gelas air (gelas belimbing)

2 ikat kacang panjang, potong ukuran ½ ibu jari

 
Bumbu gilingnya:

20 buah cabe merah
4 siung bawang merah
2 ruas jeruk nipis
Secukupnya garam


Cara memasaknya:

Goreng rebusan kakap fillet hingga matang. Gunakan api pelan menuju sedang ya.

Goreng kacang panjang hingga matang, dengan api sedang.

Panaskan minyak, tumis bumbu giling hingga matang, dengan api sedang.

Campurkan goreng ikan dan kacang panjang, lalu aduk hingga merata.


Ini karena kakap fillet yang tante beli lebih ke kulitnya, jadi memang lebih enak direbus sebentar dulu, biar pas digoreng enggak keras. Dan biasanya kami memang kalau mau goreng ikan atau ayam, apalagi daging sapi ya, memang direbus dulu. Jadi mau gorengnya nggak kering banget kek, akan tetap empuk.

Rasanya enggak pedas kalau menggoreng sambalnya benar-benar matang, dengan warna cabe yang agak oranye, nggak lagi merah menyala.

Makasih banyak ya teman-teman udah mampir. Moga bisa jadi rekomendasi masak teman-teman ya...