Resep Mie Goreng Bumbu Rujak

Resep Mie Goreng Bumbu Rujak

Apa kabar, teman-teman?

Sebutkan nama buah-buahan dalam satu kata? Rujak...

Iyesss... ini lelucon yang udah basi banget ya, haha...

Okehhh... sebelum ngalor ngidul makin kagak jelas, kita lanjut ke tema utama. Rujak, si Indonesian fruit salad alias gabungan dari beberapa buah asam, eh tapi bengkoang nggak asem deng, yang dimakan dengan sambalnya.

Saya pernah nyobain sambal rujak sewaktu di Melaka, tepatnya Mba Pipiet yang beli sih dan saya serta Mba Ninna cuma minta, haha... Walau bumbu dasarnya sih nggak jauh beda - kacang tanah dan cabe, tapi bumbu rujak alias “rojak” di Melaka itu rasanya agak beda. Warnanya juga agak hitam macam dikasih kecap.

Waktu itu harga rojak yang Mba Pipiet beli sekitar 6 atau 9 ringgit, jualan abang-abang alias Pak Cik pakai gerobak juga di pinggiran menuju ke Jonker St. Kalau rojak Singapur saya belum pernah nyobain. Kabarnya rojak Penang pun enak banget. Nanti saya tanya Mba Fanny karena doi khatam banget soal Penang, haha...

Ketimbang buahnya, saya sendiri lebih suka dengan bumbu rujak. Biasanya tiap kali ada yang beli rujak, saya malah beli kerupuk putih untuk dicoel ke bumbu rujaknya. Kadang walau enggak ada buah apapun, saya suka juga bikin bumbu rujak yang cuma untuk dimakan pakai kerupuk putih.

Daripada dimakan pakai kerupuk putih doang yang bisa bikin lidah kebas karena kebanyakan makan kerupuk, hahah... Bumbu rujaknya saya bikin untuk campuran mie goreng aja.


Ini dia bahan-bahan yang perlu disiapkan:

1 bungkus mie telor, rebus hingga matang lalu tiriskan
2 butir telur
4 siung bawang merah, iris

1 siung bawang putih, iris
1 batang daun bawang, iris
1 buah tomat, belah 4, iris
Secukupnya minyak goreng


Bumbu gilingnya:

1 genggam kacang tanah yang udah digoreng
250 gram gula merah
5 buah cabe merah

1 sachet terasi
+_ 3 sdm air asam jawa
Secukupnya garam


Lalu ini cara masaknya ya...

Panaskan minyak goreng, lalu tumis bawang merah dan bawang putih hingga matang.

Masukkan daun bawang dan tomat, lalu tumis hingga layu.

Masukkan telur, orak-arik.

Masukkan bumbu giling, lalu aduk hingga meletup-letup.

Masukkan mie, lalu aduk hingga merata.

Resep Mie Goreng Bumbu Rujak
Mie Goreng Bumbu Rujak
Menggoreng kacang tanahnya gunakan api pelan aja ya. Kalau udah menjelang matang, langsung angkat aja karena bagian bawahnya akan matang dengan pas. Kalau udah ditunggu matang banget, kadang bagian bawahnya jadi hangus. Kacang tanah yang masaknya tepat, warnanya akan kuning keemasan.

Kalau mie-nya udah agak keras pas mau dimasukkan ke wajan, bisa ditambahkan sedikit air panas dan diaduk kembali. Mie yang menggumpal keras biasanya memang bikin jadi agak susah mengaduknya ya.

Mie goreng bumbu rujak yang saya bikin ini rasanya enggak pedas. Jadi teman-teman bisa tambahin gilingan cabe rawit aja ya kalau mau yang lebih pedas. Baiknya ditambah cabe rawit ya, jangan lada.

Makasih banyak ya, teman-teman udah mampir. Moga bisa jadi rekomendasi masak teman-teman ya...

14 comments:

  1. Satu hal yang membuatku kadang ga pede buat rujak adalah menggoreng kacang. Maklum, kalau kacangnya di goreng terllau lama jadi kerasa pahit dan rusaklah rasa rujak itu. Hahaha. Jadi kayaknya kalau bikin mie rujak, harus pastikan dlu bahan rujak yakni kacang tergoreng dengan baik. Terllau bentar juga kurang garih dan ga asyik. Makasih ide bikin mienya mba :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mba, ketika udah hampir matang, langsung angkat aja. Nanti akan matang di luar.

      Delete
  2. Iiih sama deh, ade juga sukanya makan bumbu rujak pake kerupuk putih. Udahannya seret.. hahaha.. termasuk nyeleneh nih denya mie bumbu rujak. Tapi mau aaah dicoba.

    ReplyDelete
  3. hihhh kenapa sih resepnya mba nita selalu bikin mupeng! aku tambah gemuk nih mba! tanggung jawab #eh

    btw terasinya bisa pake sambel terasi homemade itu kan ya mba? aku ngga terlalu kuat bau terasi tapi kok kayanya ini enak banget

    ReplyDelete
  4. Dari dulu aku pun suka banget bumbu rujak, asam manis pedas, selalu nyetok di kulkas, enak buat cocolan apapun, pas malem iseng ya bikin mie goreng sambelnya juga pake bumbu rujak hihi..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau nyetok pas dipakainya jadi lebih cepat ya mba :D

      Delete
  5. Udah lama enggak makan rujak, boleh juga idenya Mbak, makan mie sekaligus icip sambel rujaknyaaa

    ReplyDelete
  6. Wahhhh aku baru tau nih mie goreng bumbu rujak dan penasaran sama rasanya haha.Kayaknya sih seger plus gurih gitu kali ya.😋

    ReplyDelete
  7. Muantap loh kamu mak.. sumpah.. gak kebayang mie dimasak dg bumbu rujak.. kalo ikan atau ayam bumbu rujak mah aku sering bikin mak.. ditambah timun dan nanas makin muanteepph..

    Lah.. aku malah ngebayangin mie kuah bumbu rujak campur nanas ama timun.. sok atuh di coba mak.. kalo enak aku ngikut nyobain.. hihihi...

    ReplyDelete

Makasih banyak ya teman-teman udah meluangkan waktu untuk mampir. Semua komen akan melewati jalur sensor dulu yaaa...

BTW don't call me "Mak" or "Bunda" cause I'm not Emak-Emak or Bunda-Bunda :P