Resep Ikan Asem Asem Gandaria

Resep Ikan Asem Asem Buah Gandaria

Apa kabar, teman-teman?

Akun IG @nitalanaf memang lebih banyak berteman dengan pecinta masak dan kuliner. Nah beberapa foto yang saya like back, pada posting tentang Sambal Gandaria. Pucuk di cita, somebody yang berbaik hati ngasih buah gandaria pun tiba, haha...


Di ibu warung sayur tetangga yang dagangannya cukup variatif aja, belum jualan buah gandaria. Makanya begitu ada yang ngasih, langsung deh saya masak, tapi nggak saya bikin sambal dulu.

Gandaria, so far yang saya tau adalah nama jalan di Jakarta ini. GanCit alias Gandaria City adalah nama mall-nya di daerah sana. Saya pun baru tau kalau gandaria merupakan nama buah, haha...

Buah gandaria
Buah gandaria
Buah gandaria ini tampilannya kecil-kecil macam duku. Pas dikupas, bentuknya semacam mangga. Makanya yang masih muda banget warnanya hijau agak putih, dan yang udah matang berwarna kuning cerah. Persis kayak mangga kan.

Kalau yang saya baca di Wikipedia, tanaman gandaria ini berasal dari kepulauan Indonesia dan Malaysia. Tanaman gandaria hidup di daerah tropis dan lebih banyak dibudidayakan di daerah Sumatera dan Thailand. Kalau di Indonesia juga ada di beberapa daerah ya selain di Sumatera.

Buah gandaria ini mengandung banyak air, vitamin C, dan serat. Makanya baik juga untuk kesehatan, terutama yang berurusan dengan vitamin C. Biasanya buah gandaria memang diolah untuk campuran sambal dan juga rujak.

Buah gandaria bisa dimakan atau dimasak langsung, kayak untuk campuran sambal terasi. Kalau dimakan gitu doang juga bisa, asal kuat aja asamnya, haha... Sedangkan daunnya bisa untuk dijadikan lalapan. Hemm... moga saya ada kesempatan masak daun gandaria ini.


Yuk sekarang mari kita siapkan bahannya-bahannya:

4 ikan ekor kuning, atau ikan kesukaan teman-teman, bersihkan


Bumbu giling untuk ungkep ikan:

2 siung bawang putih
½ ibu jari kunyit
½ sdt ketumbar

1 ruas jeruk nipis
Sedikit garam


Bahan lainnya:

3 – 5 buah gandaria kecil, buang bijinya, iris
1 buah tomat merah, belah 4 lalu iris
5 buah cabe merah, iris

5 buah cabe rawit hijau, iris
½ paprika hijau kecil, iris
2 sdm kecap manis

1 – 2 sdt gula
300 ml air
Secukupnya minyak goreng


Bumbu giling untuk tumisan:

6 siung bawang merah
1 siung bawang putih
½ ruas ibu jari jahe

½ ruas ibu jari kunyit
Secukupnya garam


Lalu ini cara memasaknya ya...

Lumuri ikan dengan bumbu giling ungkep, lalu diamkan kurang lebih 30 menit. Bisa juga disimpan di dalam kulkas biar lebih meresap.

Panaskan minyak goreng, lalu goreng ikan hingga kuning keemasan dengan api pelan.

Panaskan minyak goreng yang baru, tumis gandaria, tomat, cabe merah, cabe rawit hijau, paprika, dan bumbu giling. Tumis hingga harum.

Masukkan air, aduk sebentar lalu didihkan.

Masukkan gula dan kecap, aduk sebentar hingga merata.

Letakkan ikan goreng pada sebuah wadah, lalu siram dengan kuah.

Resep Ikan Asem Asem Buah Gandaria
Ikan Asem Asem Gandaria 
Ikan ekor kuning ini lembut banget, jadi pas membalik saat digorengnya juga hati-hati banget ya, haha... Nunggu agak kering dulu kalau pakai wajan biasa. Baiknya memang menggoreng pakai wajan anti lengket, tapi saya menggorengnya pakai wajan biasa juga kok.

Kalau yang masakan ini pakai 5 buah gandaria, jadi asamnya muantappp... Pokoknya rasa kuahnya itu asem agak manis dan seger banget.

Ikan gorengnya cukup disiram kuahnya aja biar nggak lembek banget. Tunggu kurang lebih 5 – 10 menit kuahnya juga akan meresap ke ikannya.

Rasanya nggak pedas ya. Kalau mau yang lebih pedas, tambahkan aja beberapa cabe merah atau rawit ke dalam gilingan bumbu tumisan.

Paprikanya bisa di-skip kalau nggak ada stok. Buah gandaria juga bisa ditukar dengan belimbing wuluh atau mangga muda kalau memang susah hunting-nya.


Makasih banyak ya teman-teman udah mampir dan selamat mencoba... 

Terima kasih juga Mba Utie @utie.essen yang udah ngasih buah gandarianya :D 
nita lana faera
nita lana faera

This is a short biography of the post author. Maecenas nec odio et ante tincidunt tempus donec vitae sapien ut libero venenatis faucibus nullam quis ante maecenas nec odio et ante tincidunt tempus donec.