#14FoodTalk: Resep Pudding Buah Naga

Resep Pudding Buah Naga

Apa kabar, teman-teman?

Pada #14FoodTalk di bulan Februari 2018 ini, tema yang kami pilih adalah tentang buah. #14FoodTalk ini sendiri merupakan agenda menulis bulanan saya bersama Mba Ade, Mba Nurul, dan Mba Febri tentang makanan. Yuk mampir di #14FoodTalk saya bulan lalu, yaitu tentang es krim.




Karena sering bikin pudding dari buah naga merah, jadi sekalian aja saya nulis resepnya di sini ya. Tapi sebelum itu, saya mau bahas sedikit tentang buah naga dulu ya, seperti yang udah saya baca di Wikipedia.

Buah naga merupakan buah yang berasal dari Meksiko, Amerika Tengah, dan Amerika Selatan. Lalu oleh orang-orang Asia, buah naga ini dibudidayakan di Taiwan, Vietnam, Filipina, Indonesia, dan juga Malaysia.

Selain itu, buah naga juga banyak ditanam di Okinawa, Israel, Australia Utara, serta di Tiongkok Selatan.

Saya pun baru tau kalau penamaan dragon fruit atau buah naga ini ternyata ada ceritanya juga. Jadi pada tahun 1870, oleh orang Perancis, tanaman ini dibawa dari Guyana menuju Vietnam sebagai tanaman hias.

Oleh orang Vietnam dan Cina, tanaman ini dianggap sebagai pembawa hoki, makanya selalu ditarok di antara 2 ekor patung naga berwarna hijau, di atas meja altar.

Warna merah dari kulit buah ini terlihat begitu mencolok di antara warna naga-naga yang hijau. Nah dari kebiasaan ini, di kalangan orang Vietnam, buah ini disebutlah sebagai Buah Naga. Di Eropa, buah naga diterjemahkan dengan nama Dragon Fruit.

Buah Naga Merah
Buah Naga Merah
Buah naga ada 4 macam, yaitu buah naga yang kulitnya warna merah dan isinya warna putih. Ada juga yang kulitnya warna merah muda dan isinya warna merah juga, kayak yang saya bikin pudding ini.

Lalu ada juga yang kulitnya warna kuning dan isinya warna putih. Ini kemarin saya lihat di fotonya foodgram Malaysia, haha... Kok ya saya nggak pernah lihat buah naga yang kulit kuning ini. Dan yang terakhir adalah buah naga yang kulitnya sangat merah.

Untuk makannya, tinggal dibelah aja. Bijinya bisa dimakan langsung barengan buahnya, cuma mesti dikunyah juga ya, biar makin mudah dicerna di dalam tubuh.

Selain enak dan segar, buah naga pastinya punya banyak manfaat untuk tubuh kita. Buah naga ini bisa untuk membantu terapi kanker. Vitamin C nya bagus untuk menjaga kesehatan kulit. Bahkan kulit buah naga ini bisa digunakan untuk bahan lulur. Uww mantap, untuk saya yang kulitnya udah alergi bahan kimia, kayaknya perlu dicoba ini.

Buah naga juga bermanfaat untuk membantu penyembuhan diabetes. Lalu antioksidan dan vitaminnya juga bisa untuk menambah stamina. Kalsium organik yang terdapat pada buah naga juga bisa untuk mencegah osteoporosis.

Lalu vitamin B3 pada buah naga juga bisa untuk menurunkan kolesterol serta bisa juga untuk menyembuhkan batuk, asma, serta mengatasi tekanan darah tinggi.

Beta karotennya bisa untuk menjaga kesehatan mata, serta vitamin C, B1, B2, dan B3 nya bisa untuk menjaga kesehatan jantung.

Ini sedikit info tentang buah naga ya, yang saya baca dari Wikipedia. Biasanya, untuk yang paling mudah selain dimakan langsung, buah naga juga sering saya buat jus.

Resep Jus Buah Naga Merah
Jus Buah Naga Merah
Cukup 1 potong buah naga merah yang dicampur dengan 1 gelas air (gelas belimbing). Nggak perlu ditambah gula lagi, karena saya memang membiasakan untuk minum jus tanpa gula.

Selain dijus, tentunya buah naga juga enak untuk dibikin sebagai campuran pudding. Bagusnya memang buah naga merah, biar warna pudding-nya menor cetarrr... Yuk kita siapkan bahan-bahannya...


Bahan-bahan yang diperlukan:

1 buah naga merah, potong-potong
1 bungkus agar-agar Swallow Globe warna bening
2/3 – 1 gelas gula (gelas belimbing)

3 gelas air
1 sachet susu kental manis putih


Lalu ini cara membuatnya ya...

Blender halus buah naga dengan 1 gelas air.

Masukkan ke dalam panci bersama agar-agar, gula, dan krimer kental manis. Nyalakan kompor, lalu tuang air sedikit demi sedikit sembari diaduk.

Tuang pada cetakan lalu tunggu hingga mengeras.

Resep Pudding Buah Naga
Pudding Buah Naga
Kalau yang saya buat ini pakai 1 gelas gula, makanya rasa manisnya sedikit lebih. Teman-teman bisa masukkan gulanya sedikit demi sedikit dulu aja, biar rasanya pas. Pastinya ini seger banget ya, selain enak.

Makasih banyak ya teman-teman udah mampir dan selamat mencoba... Mampir juga ya di tulisannya pasukan #14FOODTalk yang lainnya, di...

Mba Ade di www.adeufi.com

Mba Nurul di www.nurulsufitri.com

Mba Febri di www.tulisanfebri.com

22 comments:

  1. aku lebih suka yang kulitnya merah muda dan dagingnya merah juga miss pernah coba beli yang dagingnya putih ga suka kalau di Cimahi buah naga yang dagingnya putih dijadiin keripik buah.

    yang kulitnya kuning juga belum liat ntar ah ubek2 juga di IG, dan puding buah naga aku belum pernah mix buah sama agar2 kayaknya enak nih miss makasi resepnya longweekend eksperimen ini :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayo cobain buat Neyna. Keripik buah naga juga enak itu, saya pernah nyoba :D

      Delete
  2. oh pakai susu kental manis juga ya. Kebetulan di sini buah naga lagi murah banget. Thanks resepnya ya mbak, coba ahh

    ReplyDelete
  3. Makasi resepnya mbak, aku pernah gagal bikin pudding buah naga soalnya, hehe aku pakai susu bubuk, ternyata bisa juga pakai susu kental manis, jadi mengurangi gula. Iya juga.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Susu bubuknya gumpal ya? Mungkin baiknya susu bubuknya ikut diblender bareng buah naganya. Ayo bikin lagi mba :D

      Delete
  4. tiap baca blognya mbak nita jadi laper. wkwkwk.. pas banget lagi hamil gede gini bawaannya gerah pengen makan yang seger-seger teruss. hehe..

    ReplyDelete
  5. Aduh buah kesukaan tapi aku blm pernah dijadiin puding .Selalu belah terus makan langsung 😂 nggak mati gaya deh buah iniii

    ReplyDelete
  6. Buah kesukaanku nih, Miss. Adeeeem di perut rasanya. Biasanya aku bikin smoothies campur oat buat sarapan. Segar dan mengenyangkan :D
    Bisa nih kapan-kapan dicoba buat puding. Merah merona ulalaaa XD.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pakai oat jadi berair ya oat-nya. Enak juga ini :D

      Delete
  7. Kalau anakku lebih suka yang dalemnya putih. Kebetulan di rumah mertu ada pohonnya. Nah, kalau aku suka yang dalemnya merah, berasa eksotis dan lebih manis aja. Selain di smoothie, saya suka dimakan langsung aja. Tapi ide puding ini kayaknya lumayan juga. Bisa nanti dikreasikan dengan puding favorit anak2.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah iya bikin pakai yang buah naga putih aja mba, bening banget deh hasilnya :D

      Delete
  8. Buah naga banyak ditanam di daerah Sulawesi Selatan, dijadikan tanaman buah yang ditanam di halaman rumah. Resepnya gampil ya Mba, mau coba bikin juga ahh. Kebetulan ada stock buah naga di kulkas.
    Thank you for sharing, Mba Nita 👍.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah enak banget di halaman ada, tinggal metik ya :D

      Delete
  9. aku pengen bikin puding ini ah ntar buat anakku. makasih resepnya, mbak

    ReplyDelete
  10. Aku anaknya gak mau ribet, cuma dibelah langsung dimakan pake bantuan sendok. Kadang belahnya langsung tanpa pisau, kalo lagi mager bangeeeet makannya digigit langsung karena ngupasnya so ez pz xD *agak gaenak gitu ya, tp ywdhlah yg makan sendiri ini wkwk . Kalo lagi rajin deh bikin puddingnya ,hehe

    acipah.com

    ReplyDelete
  11. Aku doyan banget makan buah naga. Khasiatnya juga banyak. Biasanya ya langsung dimakan gitu aja. Tapi dibuat jadi puding kaca gini kayaknya oke juga ya, Nit. Biar bisa dinikmati lebih lama :).

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya udah pakai susu putih masih tetap kayak kaca ya, kak :D

      Delete

Hai, temans... Makasih banyak ya udah mampir. Semua komen lewat jalur moderasi dulu ya :D Don't call me "mak" or "bund", coz I'm not emak-emak or bunda-bunda :P

Mohon maaf untuk menghindari serangan spam anonymous, komen cuma bisa untuk akun yang punya G+ ya :)