Resep Perkedel Tahu

Resep Perkedel Tahu

Apa kabar, teman-teman?

Layaknya tempe, tahu juga merupakan salah satu makanan yang paling ada di meja makan kami. Mungkin begitu juga dengan teman-teman ya. Baik cuma dikukus atau digoreng siram sambal aja, tahu juga seringkali kami bikin olahan masakan lainnya, biar nggak bosan makan tahu. Seperti yang kali ini saya masak kali ini, yaitu gorengan perkedel tahu.


Kalau yang saya baca di Wikipedia, tahu merupakan olahan makanan yang dibuat dari endapan biji kedelai. Tahu pertama kalinya berasal dari Tiongkok. Iya, begitupun dengan olahan kedelai lainnya ya kayak kecap dan juga tauco.

Kata “tahu” ini berasal dari bahasa Hokkian, yaitu “tauhu” yang artinya kedelai yang difermentasikan. Tahu ternyata udah dikenal sejak ribuan tahun yang lalu ya, yaitu sejak zaman dinasti Han sekitar 2200 tahun yang lalu. Wow...

Kalau di Jepang, tahu yang terkenal itu adalah tahu sutra. Tekstur tahunya lebih lunak dan kurang tahan yang dijadikan pengolahan masakan selanjutnya. Makanya, tahu sutra atau tahu Jepang ini lebih suka dimakan mentahan gitu aja.

Pada akhirnya, oleh para perantau Cina, tahu diperkenalkan ke para pecinta masak di seluruh dunia, hingga akhirnya sampai juga ke Asia Timur dan juga Asia Tenggara.

Di Indonesia sendiri, tahu ada yang berwarna putih dan juga kuning. Di Kediri, tahu udah menjadi makanan khas mereka. Begitupun dengan Sumedang ya, ngetop juga kan dengan kuliner tahu Sumedang.

Iyess... kurang lebih ini ya sejarah singkat tentang tahu seperti yang saya baca di Wikipedia. Moga bisa menambah wawasan kita-kita yang baru tau kayak saya ya, hehe... Yuk sekarang kita mulai bikin perkedel tahunya.


Bahan-bahan yang diperlukan:

5 potong tahu putih ukuran sedang, bejek-bejek
+_ 3 sdm terigu
1 butir telur

2 siung bawang merah, iris
1 batang daun bawang, iris

1 batang seledri, iris
Secukupnya minyak goreng


Bumbu gilingnya:

2 siung bawang merah
1 siung bawang putih
½ sdt lada

1 sdt ketumbar
½ ruas ibu jari kunyit

3 cabe merah
Secukupnya garam


Lalu ini cara memasaknya ya...

Campurkan semua bahan kecuali minyak goreng. Aduk hingga merata. Penggunaan terigu ini disesuaikan aja, mungkin perlu ditambah atau cukup segini aja. Yang penting adonan nggak kelewat lembek dan jangan keras juga.

Panaskan minyak goreng, lalu ambil adonan kurang lebih 1 sdm, goreng hingga kuning keemasan dengan api pelan menuju sedang.

Resep Perkedel Tahu
Perkedel Tahu
 Menggorengnya jangan dengan api besar ya nanti dalamnya nggak matang. Ini rasanya cukup gurih khas rempah dan enggak pedas. Jadinya kurang lebih 10 – 15 potong deh.

Makasih banyak ya teman-teman udah mampir dan selamat mencoba...

14 comments:

  1. tahu itu makanan aku sehari-hari. tahu memang bisa dibikin berbagai macam jenis makanan. hemmm. termasuk perkedel ini kadang aku sering makan.

    ReplyDelete
  2. aku suka bikin ini dicampur udang, bisa buat cemilan atau sebagai lauk pada akhirnya hehe
    anak2 juga seneng deh sama ini..Tapi ku nggak pakai bawang merah mbaaa

    ReplyDelete
  3. Ooo nita bikin perkedel tahunya pake kunyit dan ketumbar? Ade mah simple banget ya.. xixixi. Cuma bawang merah putih plus tambah irisan daun bawang. Pengen coba ah rasanya seperti apa kalau tambah kunyut dan ketumbar. ^_^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haha jadi makin mantep Ummi rasa bumbunya :D

      Delete
  4. Jadi pengen coba, soalnya saya suka banget sih ama perkedel kentang. Mungkin yang ini juga bakal suka.

    ReplyDelete
  5. Tahu sama tempe iniii yang paling sering dikangenin kalo mudik ke India. Kalo pas di Indonesia maunya masak tahu atau tempe mulu, tapi suamiku nggak doyan. wkwkkw..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah Kak Salam ayuk cobain tahu tempe dong, haha...

      Delete
  6. Ada lagi yang ngetop di Kota Kediri tuh, Ms. Nita, namanya tahu takwa hehehe :) Tahu mah enak dimasak apa aja terutama goreng dan tumis. Aku doyan dipakein cabe rawit orens nih mantap. Teoungnya kudu renyah2 gurih hhmm... lapar jadinya deh.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makin bertakwa awak ntar kalo makan, hahahah...

      Delete
  7. Saya cukup sering masak perkedel tahu tapi nggak deep fried melainkan pakai teflon cetakan martabak mini, jadi adonan di tumis dengan minyak sedikit aja :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah enak juga ya, Mba, macam dipangggang :D

      Delete

Hai, temans... Makasih banyak ya udah mampir. Semua komen lewat jalur moderasi dulu ya :D Don't call me "mak" or "bund", coz I'm not emak-emak or bunda-bunda :P

Mohon maaf untuk menghindari serangan spam anonymous, komen cuma bisa untuk akun yang punya G+ ya :)