Resep Toge Wortel Kuah Kuning

Resep Toge Wortel Kuah Kuning

Apa kabar, teman-teman?

Toge, kalau buat saya, 2 kelebihan utama dari sayuran ini adalah praktis dan murah, hahahah... Praktis yang artinya saya nggak perlu siangin dulu macam kangkung dan bayam.

Lalu, ketimbang sayuran macam kembang kol, apalagi brokoli, toge termasuk sayuran yang cukup murah. Seraup nggak nyampe goceng, hahah... Iye, nggak? Mentemen yang biasa masak sayur toge?

Kalau toge biasanya cuma saya masak kuah bening aja, tapi lama-lama bosen juga. Jadi kadang saya bikin kuah dengan bumbu kuning. Kalau kuahnya ada rasa bumbunya gini kan jadi lebih enak menyantapnya.
Sebelum nulis bahan-bahan serta cara memasaknya, kita bahas sedikit tentang toge ya. Pas saya baca di alodokter.com, walau praktis, ternyata toge pun nggak bisa sembarangan mengolahnya. Karena salah-salah, nanti malah kita jadi kena masalah gangguan pencernaan.

Pada umumnya kalau di daerah Asia, termasuk di Indonesia ini, toge itu terbuat dari kacang hijau. Tapi ada juga toge yang dibikinnya dari kacang kedelai.

Toge sangat baik untuk membantu penyerapan zat besi, vitamin C, dan juga Zinc. Makanya toge juga bagus dikonsumsi oleh orang-orang yang punya masalah gangguan pencernaan.

Walau menyehatkan, ternyata toge juga memiliki kandungan bakteri. Nah makanya, toge ini mesti dicuci bersih, lalu harus dimasak hingga matang, nggak boleh dimakan mentahan.

Ketika belanja, pilih toge yang masih segar. Tandanya adalah si toge enggak berbau. Lalu kalau mau disimpan di dalam kulkas, simpan dalam tempat terpisah. Jangan dicampurin dengan sayuran lain, biar nggak terkontaminasi.

Toge juga nggak boleh dikonsumsi oleh orang-orang yang daya tahan tubuhnya rendah. Kurang lebih ini yang saya baca. Untuk info lengkapnya, teman-teman bisa langsung mampir aja ya di alodokter.com.

Yuk sekarang kita mulai aja nyiapin bahan-bahannya. Oh ya, resep dasar toge dan bumbu kuning ini saya dapat dari web-nya Sajian Sedap (kalau di web-nya toge dan tahu putih), tapi udah saya modifikasi sesuai dengan selera penghuni rumah kami ya.


Bahan-bahannya:

2 genggam toge, cuci bersih
3 buah wortel, kerik kulitnya, potong dadu
Secukupnya minyak goreng

2 lembar daun salam
2 gelas air (gelas belimbing)
1 sdt gula


Bumbu gilingnya:

6 siung bawang merah
1 siung bawang putih
3 buah cabe merah

3 kemiri yang udah disangrai
½ ruas ibu jari jahe

½ ruas ibu jari kunyit
Secukupnya garam


Lalu ini cara memasaknya ya...

Panaskan minyak goreng, lalu tumis bumbu giling beserta daun salam hingga harum.

Masukkan air, lalu didihkan.

Masukkan toge dan wortel, lalu masak hingga wortelnya empuk. Gunakan api sedang.

Menjelang matang, masukkan gula, lalu aduk hingga merata.

Resep Toge Wortel Kuah Kuning
Toge Wortel Kuah Kuning
Toge Wortel Kuah Kuning ini rasanya gurih nggak begitu pedas. Kalau teman-teman mau yang lebih pedas, bisa ditambahkan irisan cabe rawit aja.

Makasih banyak ya teman-teman udah mampir dan selamat mencoba...

No comments:

Post a Comment

Hai, temans... Makasih banyak ya udah mampir. Semua komen lewat jalur moderasi dulu ya :D Don't call me "mak" or "bund", coz I'm not emak-emak or bunda-bunda :P

Mohon maaf untuk komen cuma bisa untuk akun yang punya G+ ya :)