De Arca - De Mata, 2 Tempat Wisata dalam 1 Lokasi di Jogja

De Arca Statue Art Museum Jogja

Apa kabar, teman-teman?

Sebenernya saat itu saya nggak ada rencana untuk liburan lagi ke Jogja. Eh tapi pas ada temen yang share info tentang De Arca dan De Mata, langsung deh saya googling untuk cari info lebih lanjut.

Ngelihat foto dan videonya, eh kok keren banget ya, haha... Langsung deh saya kirim pesan ke 2 teman, ngajakin untuk ngayap ke Jogja bulan depannya. Alhamdulillah, 2 teman saya pun punya rasa kepo yang sama, haha... Jadilah kami sepakat untuk ngayap ke Jogja bulan depannya, horeyyy...

Berapa lama kami ke Jogja? Cukup 2 hari aja, hahah... Karena tujuannya memang cuma pingin ke De Arca dan De Mata aja, lalu besoknya mau menggila naik speed boat di GL Zoo.

Tiba di penginapan, istirahat sebentar, langsung kami cuss menuju halte Trans Jogja terdekat. Saat itu kami masih bisa naik Trans Jogja yang di depan Benteng Vredeburg. Entah kalau sekarang ya karena lokasi Malioboro juga udah berubah ya.

Dari Malioboro, Trans Jogja pun membawa kami menuju halte Trans Jogja yang tepat berada di seberang XT Square. Kami tinggal menyeberang, lalu jalan ke kanan sedikit. Tibalah kami di XT Square, di mana De Arca dan De Mata ini berada.

Sebelum seru-seruan, kami sarapan dulu di sebuah kedai makan yang berada di area belakang selurusan De Arca. Karena masih pagi, food court-nya belum dibuka, cuma kedai lainnya udah banyak yang mulai buka.

Selesai makan, lanjut kami berjalan ke arah depan dan masuk ke gedung De Arca. Di sini kami beli tiket yang terusan, karena pingin ke De Mata juga. Beli tiket terusan ini tentunya sedikit lebih murah ketimbang beli satu-satu di De Mata nanti. Saat itu harga tiket terusannya 75 ribu ya.

Saatnya keliling De Arca, sebuah museum patung yang ada di Jogja. Pada area depan, mata kami pun diperlihatkan deretan patung para pahlawan serta orang-orang yang berjasa, serta dikenal di Indonesia. Oh ya, ukuran patung di sana itu menurut infonya, sama dengan tinggi aslinya para tokoh tersebut, wow...


De Arca Statue Art Museum Jogja
Patung Pahlawan Nasional di De Arca Statue Art Museum, Jogja
De Arca Satue Art Museum Jogja
Patung Pak Soeharto dan Ibu Tien di De Arca Statue Art Museum, Jogja
Lanjut kami berjalan menuju area tengah. Kalau di sini ada koleksi patung para petinggi serta orang terkenal di dunia. Patung Pak Jokowi serta Presiden Soekarno juga ada di area tengah ini. Menuju ke area belakang, yang kekinian pun juga dihadirkan, yaitu deretan patung tokoh kartun serta selebritis dunia.

De Arca Statue Art Museum Jogja
Patung Pak Presiden Soekarno di De Arca Statue Art Museum Jogja

De Arca Jogja
De Arca Jogja
Selesai lihat-lihat dan pastinya pepotoan di De Arca, kami pun segera menuju tempat selanjutnya yaitu De Mata. Dari gedung De Arca, tinggal jalan ke arah depan aja.

De Arca Statue Art Museum Jogja
De Arca Statue Art Museum Jogja

De Arca Statue Art Museum Jogja
De Arca Statue Art Museum Jogja
Kalau De Arca merupakan tempat untuk lihat-lihat serta bernarsis ria dengan beragam patung idola, sedangkan di De Mata, saatnya lanjut cekrek-cekrek dengan lukisan 3 dimensi.

De Mata Trick Eye Museum Jogja
De Mata Trick Eye Museum Jogja
Ketimbang di De Arca, De Mata ini memang lebih rame. Entah mungkin karena hari udah makin siang.

De Mata Trick Eye Museum Jogja
De Mata Trick Eye Museum Jogja
Mulai dari pintu masuk, dindingnya udah ditutupi lukisan keren. Tangga pun di sediakan untuk memotret biar kece sempurna, haha... Kalau dilihat sih memang lukisannya kayak biasa aja, tapi pas udah dipotret baru deh kelihatan kalau lukisannya macam nyata banget.

De Mata Trick Eye Museum Jogja
De Mata Trick Eye Museum Jogja
Waktu kami ke sana memang belum ada De Mata 2 yang kalau lihat di foto-foto dan videonya sih jauh lebih keren dari yang De Mata lama yang kami kunjungi.

De Mata Trick Eye Museum Jogja
De Mata Trick Eye Museum Jogja
Karena pingin ke De Mata 2 ini, plus ke tempat-tempat wisata kekinian di Jogja lainnya, pastinya saya pingin traveling ke Jogja lagi. Liburan dalam waktu singkat, biar nggak banyak izin liburnya, haha... naik pesawat merupakan salah satu solusinya.

De Mata Trick Eye Museum Jogja
De Mata Trick Eye Museum Jogja
Whatsss? Ke Jogja aja mesti naik pesawat? Ya kenapa enggak, kan? Haha... Apalagi kalau hunting tiket pesawat di Skyscanner,  mau tiket pesawat Garuda Indonesia kek, bakalan tetap ada promo dengan harga termurah tanpa harus nungguin musim promo dulu, ye kan.

Oke, segini dulu cerita dari Jogja ya. Moga bisa jadi rekomendasi bagi teman-teman yang lagi hunting tempat wisata indoor di Jogja. Makasih banyak ya udah mampir...


Artikel ini diikutsertakan dalam lomba blog yang diselenggarakan oleh ID Corners dan Skyscanner.

13 comments:

  1. Wah ngapain jauh2 ke singapura ya kalau di jogja aja ada. Biar cepet nyamoe naik pesawat garuda kesananya ya.. nyaman soalnya pakai garuda. Abang fi berapa kali nih ngajakin kesana.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ssst yang di Jogja pemanasannya, abis itu lanjut ke Sin, hahah...

      Delete
  2. Hihi, berasa kayak di Madame Tussaud ya mba. Kalau de Mata sekarang banyak juga yang sejenisnya

    ReplyDelete
  3. wah ini kayak museum lilin yang terkenal itu ya. keren nih buat foto-foto

    ReplyDelete
  4. Mba itu patung nya dari bahan apa..

    Lilin apa bagaimana ?

    Pgn itu saya foto barang dengan Yaser Arafat 😂😂

    ReplyDelete
  5. berapa tahun di Jogja aku belum pernah ke museum ini karena gak terlalu suka foto diri sendiri.. mihihi... tapi liat temen-temen yang udah pernah kesini fotonya lucu-lucu ya... :p

    ReplyDelete
  6. Kemarin ke Jogja blum sempet explore ke sini mba, nexy kita barengan jd giude yakk😍😍

    ReplyDelete
  7. Waaah baru tahu di Jogja ada rumah arca. Itu patung Pak Harto mirip banget sama aslinya ya.

    ReplyDelete
  8. Waaaa aku jadi pingin meluk Iron Man.. hihihi.. :D Kalo ke Jogja jadi pingin mampir ke tempat patung-patung itu. Banyak ya mba Nit patungnya? Yang gambar 3D juga seru ya pose-posenya.. :D

    ReplyDelete
  9. Paling keren itu Trick Eye, ahaha, gimana itu Mbak.. apakah Mbak Nita masuk ke sebuah lubang gitu, biar terlihat kepalanya saja atau bagaimana? Hihihi, jadi penasaran banget. Pengen ke Jogja lagi..

    ReplyDelete
  10. Pas ke Jogja tahun lalu mau masukin ini ke itinerary..Tapi karena kami cuma transit saja, jadi sementara di skip dulu, cuma jalan kaki ke Malioboro dan sekitarnya. Next, musti mampir ke de Arca dan de Mata sepertinya nih..
    TFS Mbak :)

    ReplyDelete
  11. Aku lbh suka yg de arca, tp suami dan anak lbh seneng de mata. Soalnya aku memang ga seneng foto yg model 3D gitu. Tiap cekrek aja gaya itu mulu wkwkwkwkw. Kalo suami dan anak, barulah, narsis semua :D. Kalo patung lilinnya baru aku suka. Sambil ngebayangin tokoh2nya masih hidup dan beneran ketemu :p

    ReplyDelete
  12. Kabarku baik juga,teman ☺
    [Jawaban kalimat pembuka artikel]

    Koleksi patung2nya hampir mendekati dengan fisik sosok aslinya ya.
    Itu patung presiden Soekarno jadi terlihat lebih tampan dan fotogenik ☺
    Hehehe

    ReplyDelete

Makasih banyak ya teman-teman udah meluangkan waktu untuk mampir. Semua komen akan melewati jalur sensor dulu yaaa...

BTW don't call me "Mak" or "Bunda" cause I'm not Emak-Emak or Bunda-Bunda :P