De Arca - De Mata, 2 Tempat Wisata dalam 1 Lokasi di Jogja

De Arca Statue Art Museum Jogja

Apa kabar, teman-teman?

Sebenernya saat itu saya nggak ada rencana untuk liburan lagi ke Jogja. Eh tapi pas ada temen yang share info tentang De Arca dan De Mata, langsung deh saya googling untuk cari info lebih lanjut.

Ngelihat foto dan videonya, eh kok keren banget ya, haha... Langsung deh saya kirim pesan ke 2 teman, ngajakin untuk ngayap ke Jogja bulan depannya. Alhamdulillah, 2 teman saya pun punya rasa kepo yang sama, haha... Jadilah kami sepakat untuk ngayap ke Jogja bulan depannya, horeyyy...

Berapa lama kami ke Jogja? Cukup 2 hari aja, hahah... Karena tujuannya memang cuma pingin ke De Arca dan De Mata aja, lalu besoknya mau menggila naik speed boat di GL Zoo.

Tiba di penginapan, istirahat sebentar, langsung kami cuss menuju halte Trans Jogja terdekat. Saat itu kami masih bisa naik Trans Jogja yang di depan Benteng Vredeburg. Entah kalau sekarang ya karena lokasi Malioboro juga udah berubah ya.

Dari Malioboro, Trans Jogja pun membawa kami menuju halte Trans Jogja yang tepat berada di seberang XT Square. Kami tinggal menyeberang, lalu jalan ke kanan sedikit. Tibalah kami di XT Square, di mana De Arca dan De Mata ini berada.

Sebelum seru-seruan, kami sarapan dulu di sebuah kedai makan yang berada di area belakang selurusan De Arca. Karena masih pagi, food court-nya belum dibuka, cuma kedai lainnya udah banyak yang mulai buka.

Selesai makan, lanjut kami berjalan ke arah depan dan masuk ke gedung De Arca. Di sini kami beli tiket yang terusan, karena pingin ke De Mata juga. Beli tiket terusan ini tentunya sedikit lebih murah ketimbang beli satu-satu di De Mata nanti. Saat itu harga tiket terusannya 75 ribu ya.

Saatnya keliling De Arca, sebuah museum patung yang ada di Jogja. Pada area depan, mata kami pun diperlihatkan deretan patung para pahlawan serta orang-orang yang berjasa, serta dikenal di Indonesia. Oh ya, ukuran patung di sana itu menurut infonya, sama dengan tinggi aslinya para tokoh tersebut, wow...


De Arca Statue Art Museum Jogja
Patung Pahlawan Nasional di De Arca Statue Art Museum, Jogja
De Arca Satue Art Museum Jogja
Patung Pak Soeharto dan Ibu Tien di De Arca Statue Art Museum, Jogja
Lanjut kami berjalan menuju area tengah. Kalau di sini ada koleksi patung para petinggi serta orang terkenal di dunia. Patung Pak Jokowi serta Presiden Soekarno juga ada di area tengah ini. Menuju ke area belakang, yang kekinian pun juga dihadirkan, yaitu deretan patung tokoh kartun serta selebritis dunia.

De Arca Statue Art Museum Jogja
Patung Pak Presiden Soekarno di De Arca Statue Art Museum Jogja

De Arca Jogja
De Arca Jogja
Selesai lihat-lihat dan pastinya pepotoan di De Arca, kami pun segera menuju tempat selanjutnya yaitu De Mata. Dari gedung De Arca, tinggal jalan ke arah depan aja.

De Arca Statue Art Museum Jogja
Puput di De Arca Statue Art Museum Jogja

De Arca Statue Art Museum Jogja
De Arca Statue Art Museum Jogja
Kalau De Arca merupakan tempat untuk lihat-lihat serta bernarsis ria dengan beragam patung idola, sedangkan di De Mata, saatnya lanjut cekrek-cekrek dengan lukisan 3 dimensi.

De Mata Trick Eye Museum Jogja
De Mata Trick Eye Museum Jogja
Ketimbang di De Arca, De Mata ini memang lebih rame. Entah mungkin karena hari udah makin siang.

De Mata Trick Eye Museum Jogja
Puput di De Mata Trick Eye Museum Jogja
Mulai dari pintu masuk, dindingnya udah ditutupi lukisan keren. Tangga pun di sediakan untuk memotret biar kece sempurna, haha... Kalau dilihat sih memang lukisannya kayak biasa aja, tapi pas udah dipotret baru deh kelihatan kalau lukisannya macam nyata banget.

De Mata Trick Eye Museum Jogja
Puput di De Mata Trick Eye Museum Jogja
Waktu kami ke sana memang belum ada De Mata 2 yang kalau lihat di foto-foto dan videonya sih jauh lebih keren dari yang De Mata lama yang kami kunjungi.

De Mata Trick Eye Museum Jogja
De Mata Trick Eye Museum Jogja

De Mata Trick Eye Museum Jogja
De Mata Trick Eye Museum Jogja
Oke, segini dulu cerita dari Jogja ya. Moga bisa jadi rekomendasi bagi teman-teman yang lagi hunting tempat wisata indoor di Jogja. Makasih banyak ya udah mampir...


De Arca - De Mata 
XT Square, Jl. Veteran, Pandeyan, Umbulharjo, Yogyakarta.

Buka setiap hari jam 10 - 10 malam

4 comments:

  1. Aku lbh suka yg de arca, tp suami dan anak lbh seneng de mata. Soalnya aku memang ga seneng foto yg model 3D gitu. Tiap cekrek aja gaya itu mulu wkwkwkwkw. Kalo suami dan anak, barulah, narsis semua :D. Kalo patung lilinnya baru aku suka. Sambil ngebayangin tokoh2nya masih hidup dan beneran ketemu :p

    ReplyDelete
  2. Kebetulan nih aku kan rencana mau ke Jogja. Kayaknya anak2 demen nih kalau aku ajak ke sini. Arca de mata ya, deket kayaknya dari hotel. Ntar ah kasih tau papanya anak2 :) Tiketnya 75rb aja ya lumayan bisa foto2 cantik di dalamnya. Patung2nya mirip yach..

    ReplyDelete

Hai, temans... Makasih banyak ya udah mampir. Semua komen lewat jalur moderasi dulu ya :D Don't call me "mak" or "bund", coz I'm not emak-emak or bunda-bunda :P

Mohon maaf untuk komen cuma bisa untuk akun yang punya G+ ya :)