Pagi di Istana Air Taman Sari, Jogja (Ngayap-Ngayap ke Jogja Bareng Pandra Tour Day 3A)

Istana Air Taman Sari, Jogja

Apa kabar, teman-teman?

Ini ya rangkaian ceritanya -> Wisata Jogja

Pagi di hari kedua dari Hotel Pangandaran, Prawirotaman. Selesai sarapan, lanjut rombongan Pandra Tour menuju tempat wisata yang pertama, yaitu ke Istana Air Taman Sari.
Dari hotel, kami menuju Malioboro yang tepatnya di seberang Taman Pintar. Di sini kami naik mobil Elf menuju Taman Sari, karena busnya nggak boleh langsung ke sana. Mungkin kami menggunakan 4 Elf deh rasanya.

Malioboro Jogja
Suttle car di Malioboro
Ketika kami tiba, ternyata gerbangnya belum dibuka. Tapi nggak lama juga sih kami menunggu dan akhirnya pintu gerbang pun dibuka juga, horeyyy... Di pintu masuk, kami didampingi oleh tour guide khusus. Saya lupa apa sebutannya untuk Pak De tour guide itu.

Memasuki Taman Sari ini kalau buat saya serasa memasuki museum, cuma bedanya bernuansa kolam ya. Di awal kami masuk, saya melihat sebuah ruangan di sebelah kiri dan ada ini di dalamnya...

Istana Air Taman Sari, Jogja
Lanjut kami berjalan lurus ke dalam, dan ada 2 buah kolam di kanan dan kiri. Di sisi kanan juga ada ruangan yang bisa kita lihat-lihat.

Masuk lagi ke dalam, kembali ada 1 kolam yang lebih luas, yang dikelilingi dengan bangunan khas Jawa.

Selesai melihat-lihat kolam dan ruangan di area ini, Pak De tour guide pun mengajak kami menuju lokasi berikutnya. Kami melewati jalan kecil yang ada rumah-rumah warga. Sempat kami mampir sebentar di sebuah kedai batik. Jajanan pun cukup banyak di jalanan ini.

Situs Sumur Gumuling Istana Air Taman Sari Jogja
Situs Sumur Gumuling - Istana Air Taman Sari, Jogja
Tibalah kami di area berikutnya, Cagar Budaya Situs Sumur Gumuling. Di sini kami masuk dan berjalan turun. Ruangannya macam terowongan dan rada gelap. Tapi untuk fefotoan tetap oke ya cahayanya.

Kalau di area ini memang lebih ke terowongan ya, dan ada pula tangga segitiga yang menjadi salah satu spots untuk mejeng.

Simus Sumur Gumuling Istana Air Taman Sari Jogja
Situs Sumur Gumuling - Istana Air Taman Sari, Jogja
Kalau yang saya baca di wikipedia, Istana Air Taman Sari ini dulunya merupakan taman atau kebun istana milik Keraton Nyayogyakarta Hadiningrat.

Taman yang cakep dan luas ini didirikan pada zamannya Sultan Hamengkubuwono I, yaitu di tahun 1758 – 1765/9. Istana Air Taman Sari memang sangat luas, yang lebih dari 10 hektar. Trus di dalamnya ini ada 57 bangunan. Wow...

Di sini saya memang jadi nggak banyak explore, apalagi yang di terowongan Sumur Gumuling. Ini gara-gara seorang perempuan bangke dalam rombongan kami yang minta fotoin. Pastinya saya nggak keberatan untuk dimintai tolong. Tapi ketika di 1 spot itu antri dan saya bilang... udahlah nggak usah yang di sini, cari spots lain aja. Si bangke ini tetaplah gigih harus foto di sana, dan rela antri bersama pasukan remaja.

Dia rela antri tanpa bertanya apa saya rela nunggu untuk fotoin dia. Kadar bangkenya belum terakhir ternyata, dengan enggak cukup untuk 2 kali aja foto di spots yang sama. Harus berkali-kali yang bikin saya jadi ketinggalan rombongan explore bareng Pak De tour guide.

Ini salah saya memang, yang bukannya jalan aja bareng Teh Endah dan rombongan lainnya, dan semua udah terlewat. Lagipula, hanya 1 perempuan narsis akut itu yang bikin muak saya dari 30an buibuk rombongan.

Ini sedikit rekaman kami sewaktu di Istana Air Taman Sari ya...

Makasih banyak ya teman-teman udah mampir. Moga bisa jadi rekomendasi liburan teman-teman ya.

Harga tiket:
Lokal: 5 ribu
Turis Asing: 12 ribu
Sumber: http://www.hargatiketmasuk.info/yogyakarta/harga-tiket-masuk-taman-sari-yogyakarta/

Istana Air Taman Sari
Komplek Wisata Taman Sari, Taman, Patehan, Daerah Istimewa Yogyakarta

Buka setiap hari 9 – 3 sore

24 comments:

1. Alhamdulillah waktu ke Jogja aku sama Ayyas juga ke sini, mba. Tapi nggak bisa ekplore lebih banyak. Tapi memang indah banget :)

ReplyDelete
  2. Taman Sari, jadi saksi aku sama suami waktu bulan madu.... Hahaha. Dulu kami bulan madunya jalan-jalan ke Malioboro, Museum Kereta Kencana sampai ke Taman Sari juga. Cuman Taman Sari 15 tahun lalu, kolamnya gak ada airnya. Kosong melompong. Hiburannya dapat guide tour yang ramah

1. Hasyekkk bulan madunya ke tempat bersejarah nih mba :D

Delete
  3. Ih jadi kangen jogja deh. Di taman sari ini mmang banyak banget orang foto2 mba. nggak cuma turis sih, sering juga ada orang yang foto buat prewed atau yaa model-mpdel di sekolah modeling yg ada di jogja juga sering foto disana buat portofolio mereka. apalagi di sumur gumuling itu, karena tempatnya memang unik sih ya.

ReplyDelete
  4. Terakhir kali ke Taman Sari pas masih mahasiswa, main sama teman. Sekitar tahun 2007an lah. Dipikir-pikir udah lama juga, hihi. Palingan sekarang kalau ke Jogja cuma lewat-lewat sekitarnya atau makan di dekat-dekat situ. Banyak tempat makan enak lho dekat situ.

Replies
    1. Wah kemarin saya nggak perhatiin kulinerannya, apa karena masih pagi ya :D Buat next kayaknya seru nih :D

Delete
  5. kok saya malah jadi penasaran itu si perempuan siapa ya hahahha?

ReplyDelete
  6. Salah satu tempat wisata hits di jogja, ahh jd pengen kesana lagi, jogja emang ngangenin ya mbak hehhee

7. wah mbak nita asik neh pasti wisata kulineran juga ya di yogya, salah satu spot foto paling kece di yogya emang di taman sari.

1. Iya ke beberapa resto juga Kak, untuk makan siang dan malam :D

Delete
  8. Dulu mah masih gratis, Teh, saat ini karena udah rame jadi bayar.
    Sering juga kalau ada teman blogger ke Jogja, saya selalu nemuin di taman sari atau nggak malioboro..

Replies
    1. Haha iya gpp ah bayar, mungkin bisa untuk menambah biaya perawatan tempat dll :D

Delete
  9. Saya belum pernah ke sini mbak, malu nih sama orang Jakarta hehe..

Serasa sedang berpetualang ke jaman Kerajaan ya mbak, pemandangannya bagus, megah dan luas. Apalagi situs sumurnya itu seperti bungker bawah tanah untuk persembunyian dari serangan musuh haha..

Kolamnya itu bisa jadi dulunya tempat mandi para putri raja yaa.. hihi, tebakan yang agak ngawur nih :).

Replies
    1. Iya karena saya jauh jadi sekalian ke banyak tempat, haha...

Delete
  10. Taman Sari, Terakgir ke sini bareng istri tahun 2013. Juga ditemani oleh guide lokal yang cekatan (bisa motoin juga) heheee...

ReplyDelete
  11. Aku pernah nih ke Taman Sari 2015 lalu. Kata guidenya, sang raja punya selir sekitar 40-60 orang deh. Ada jam-jam tertentu si permaisuri bercengkerama di kolam bersama raja. Ada waktu2 khusus untuk selir pilihan untuk berendam bareng raja dll. Seperti dongeng ya tapi ini nyata katanya sih. Kalau pas libur lebaran tempat ini ruame bingits. Enak dateng kayak miss Nita gini ya jadi lebih bisa menikmati suasana wisatanya :)

Replies
    1. Iya Pakde guide-nya juga banyak bercerita ttg ini, walau saya sibuk foto2, hahahahah...

Delete
  12. Wah di sebenernya mau tau juga di dalam sumurnya ada apa aja. Soalnya waktu ke jogja cuma numpang lewat depan istana aja. Kalau dari foto macam goa jepang di Padang ya. Gara-gara perempuan bangke ya.. hahaha.. bahasanya miss nita selalu bikin ngakak.

ReplyDelete

Hai, temans... Makasih banyak ya udah mampir. Semua komen lewat jalur moderasi dulu ya :D Don't call me "mak" or "bund", coz I'm not emak-emak or bunda-bunda :P

Mohon maaf untuk komen cuma bisa untuk akun yang punya G+ ya :)