Pagi di Istana Air Taman Sari - Traveling Jogja Day 3A

Istana Air Taman Sari – salah satu rekomendasi tempat wisata sejarah di Jogja. Traveling Jogja 2018.

Istana Air Taman Sari
Istana Air Taman Sari - Traveling Jogja 2018
Ini ya rangkaian ceritanya ya:

Apa kabar, teman-teman?

Pagi di hari kedua dari Hotel Pandanaran, Jl. Prawirotaman. Selesai sarapan, lanjut rombongan Pandra Tour menuju tempat wisata yang pertama, yaitu ke Istana Air Taman Sari.
Dari hotel, kami menuju Malioboro yang tepatnya di seberang Taman Pintar. Di sini kami naik mobil Elf menuju Taman Sari, karena busnya nggak boleh langsung ke sana. Kami menggunakan 4 Elf deh rasanya. Elf itu bolak-balik membawa rombongan kami dan pengunjung lainnya.

Malioboro Jogja
Suttle car di Malioboro - Traveling Jogja 2018
Ketika kami tiba, ternyata gerbangnya belum dibuka. Tapi nggak lama juga sih kami menunggu dan akhirnya pintu gerbang pun dibuka juga, horeyyy... Di pintu masuk, kami didampingi oleh tour guide khusus. Saya lupa apa sebutannya untuk Pak De tour guide itu.

Memasuki Taman Sari ini kalau buat saya serasa memasuki museum, cuma bedanya bernuansa kolam ya. Di awal kami masuk, saya melihat sebuah ruangan di sebelah kiri dan ada ini di dalamnya...

Istana Air Taman Sari
Istana Air Taman Sari - Traveling Jogja 2018
Lanjut kami berjalan lurus ke dalam, dan ada 2 buah kolam di kanan dan kiri. Di sisi kanan juga ada ruangan yang bisa kita lihat-lihat.

Masuk lagi ke dalam, kembali ada 1 kolam yang lebih luas, yang dikelilingi dengan bangunan khas Jawa.

Selesai melihat-lihat kolam dan ruangan di area ini, Pak De tour guide pun mengajak kami menuju lokasi berikutnya. Kami melewati jalan kecil yang ada rumah-rumah warga. Sempat kami mampir sebentar di sebuah kedai batik. Jajanan pun cukup banyak di jalanan ini.

Situs Sumur Gumuling Istana Air Taman Sari
Situs Sumur Gumuling - Istana Air Taman Sari. Traveling Jogja 2018
Tibalah kami di area berikutnya, Cagar Budaya Situs Sumur Gumuling. Di sini kami masuk dan berjalan turun. Ruangannya macam terowongan dan rada gelap. Tapi untuk fefotoan tetap oke ya cahayanya.

Kalau di area ini memang lebih ke terowongan ya, dan ada pula tangga segitiga yang menjadi salah satu spots untuk mejeng.

Simus Sumur Gumuling Istana Air Taman Sari
Situs Sumur Gumuling - Istana Air Taman Sari. Traveling Jogja 2018
Kalau yang saya baca di wikipedia, Istana Air Taman Sari ini dulunya merupakan taman atau kebun istana milik Keraton Nyayogyakarta Hadiningrat.

Taman yang cakep dan luas ini didirikan pada zamannya Sultan Hamengkubuwono I, yaitu di tahun 1758 – 1765/9. Istana Air Taman Sari memang sangat luas, yang lebih dari 10 hektar. Trus di dalamnya ini ada 57 bangunan. Wow...

Di sini saya memang jadi nggak banyak explore, apalagi yang di terowongan Sumur Gumuling. Kalau nanti ada kesempatan liburan ke Jogja lagi, pingin deh main ke Istana Air Taman Sari ini lagi.

Ini sedikit rekaman kami sewaktu di Istana Air Taman Sari ya...


Makasih banyak ya teman-teman udah mampir. Moga bisa jadi rekomendasi liburan teman-teman ya.

Harga tiket:
Lokal: 5 ribu
Turis Asing: 12 ribu
Sumber: http://www.hargatiketmasuk.info/yogyakarta/harga-tiket-masuk-taman-sari-yogyakarta/


Istana Air Taman Sari

Komplek Wisata Taman Sari, Taman, Patehan, Daerah Istimewa Yogyakarta

Buka setiap hari 9 – 3 sore

Rekomendasi Travel Agent di Jakarta
Pandra Tour