Pagi di Pantai Pulang Sawal (Pantai Indrayanti) Jogja (Ngayap-Ngayap ke Jogja Bareng Pandra Tour Day 2A)

Pantai Pulang Sawal Indrayanti Jogja

Urutan ceritanya ada di sini ya -> Wisata Jogja


Apa kabar, teman-teman?

“Hotel Pandanaran ini berhadapan dengan Tempo Gelatho,” kata Mas Micko dalam perjalanan kami menuju hotel, sepulang makan malam di resto Ambarketawang.

Waaaa... pastinya saya girang banget pas abis denger Mas Micko bilang gitu. Pokoknya gua harus mampir ke itu tempat, mumpung ada waktu di hotel selama 3 malam. Oh ya, Mas Micko ini merupakan tour guide-nya Pandra Tour yang menemani kami selama liburan di Jogja.

Sekitar jam 8 dengan jalanan yang cukup lengang kalau saya bandingkan dengan Jakarta, haha... Karena masih hari Kamis mungkin. Bus pun akhirnya berbelok ke Jl. Prawirotaman. Walau jalan ini nggak begitu besar, tapi bus tetap bisa melintas di ruas jalan ini.

Prawirotaman dengan kanan dan kiri yang dipenuhi oleh deretan penginapan, cafe, serta travel agent. Plus bule-bule dan “orang kita” yang lalu lalang.

Tibalah kami di muka Hotel Pandaran. Sebelumnya semasih di bus, Mas Micko udah bagi-bagiin kunci kamar, jadi begitu datang, kami udah bisa langsung naik lift aja. Urusan check in udah diurus.

Kamar rombongan kami semuanya ada di lantai 3. Begitu masuk kamar, narok tas, saya yang 1 kamar dengan Mba Piet dan Teh Endah kembali keluar untuk melihat sebentar kolam renang yang ada di lantai 5. Buibuk arisan itu ternyata jadwalnya mereka arisan di Kamis itu, hahah... Mba Piet dan Teh Endah sih nggak ikutan, jadi kami cuma sekedar lihat kolam renang aja.

Untuk review hotelnya nanti di post terpisah ya. Kembali kami turun menuju kamar, beres-beres ini itu, lantas tidur.

Paginya kami sarapan di hotel, lalu sekitar jam 8, siap-siap kami menuju tempat wisata yang pertama, yaitu Pantai Pulang Sawal alias Pantai Indrayanti.

Perjalanan dari Prawirotaman menuju Gunung Kidul kurang lebih selama 2,5 jam dengan turunan, tanjakan, dan belokkan yang muantappp... Setelah melalui perjalanan yang isi dengan tidur pagi, hahah... akhirnya nyampe juga kami di Pantai Pulang Sawal.

Begitu turun bus, mata kami langsung dihadapkan dengan toko souvenir dan pakaian yang cukup luas. Lalu di sisi kirinya ada toilet yang bisa untuk mandi juga. Lanjut kami berjalan ke arah depan. 

Kedai es kelapa dan juga souvenir berderet-deret. Lalu ada tempat makan Pawon Ndeso, yang di sinilah kami makan siang. Musholla serta toilet juga ada di area depan ini.

Pantai Pulang Sawal (Pantai Indrayanti) Jogja
Pantai Pulang Sawal (Pantai Indrayanti), Jogja
Tibalah langkah kami di pantainya. Para buibuk arisan rombongan Pandra Tour mulai bersiap-siap hunting spots untuk selfie and wefie, hahah...

Pagi menjelang siang di Pantai Pulang Sawal alias Pantai Indrayanti, dengan ombak yang cukup rendah. Kalau yang saya baca di Wikipedia, Pantai Pulang Sawal alias Pantai Indrayanti ini adanya di sisi timur dari Pantai Sundak, Kabupaten Gunung Kidul.

Kedua pantai ini dibatasi oleh perbukitan karang. Kalau di Pantai Pulang Sawal ini, Bukit Karangnya ada di sisi kiri. Karena hari yang cukup panas, saya nggak bisa naik ke atasnya. Ada tangga yang cukup tinggi juga untuk menuju ke atas bukitnya.

Cakep, walau saya cuma bisa melihat dari jauh. Moga nanti ada kesempatan untuk main ke pantai ini pas sore-sore ya, haha... Jadi bisa naik ke Bukit Karangnya. Jika traveling ke 1 tempat berjalan sedemikian sempurnanya, mungkin saya nggak akan terpikir lagi untuk kembali ke tempat itu...

Pantai Pulang Sawal (Pantai Indrayanti) Jogja
Pantai Pulang Sawal (Pantai Indrayanti) Jogja 
Pantai Indrayanti merupakan nama pantai yang Mas Micko jelaskan sewaktu di bus. Pas googling, ternyata nama pantai yang keluar adalah Pantai Pulang Sawal juga. Ternyata pas saya baca, nama Indrayanti ini merupakan nama pemilik sebuah cafe dan resto di sana.

Karena mereka memasang tulisan, jadilah itu pantai terkenal dengan nama Pantai Indrayanti. Sedangkan nama pantainya itu sendiri adalah Pantai Pulang Sawal. Owww... ternyata begitu ceritanya ya...

Pantai Pulang Sawal ini juga terkenal dengan pasirnya yang putih. Pokoknya, di sinilah Jogja rasa Bali itu berada... Petugas pantai pun benar-benar menjaga kebersihan pantai. Jadi kalau ada yang nyampah, kena denda dah lu, hahah...

Pantai Pulang Sawal (Pantai Indrayanti) Jogja
Makan siang di warung makan Pawon Ndeso - Pantai Indrayanti, Jogja
Selesai selfie-wefie, begitupun dengan anak-anak yang selesai berenang, kami pun makan siang di kedai makan Pawon Ndeso. Namanya juga di pantai, pastinya hidangan yang disajikan adalah ikan.

Pantai Pulang Sawal (Pantai Indrayanti) Jogja
Makan siang sayaaa... - Pantai Indrayanti, Jogja
Ini yang saya makan, nasi dengan irisan cumi, ikan bakar, timun, kerupuk, dan juga sambal kecap. Ada sayur juga cuma saya malas ambil.

Ikan bakarnya ini ukuran sedang dan enggak amis. Dimasak dengan panggang kecap. Itu saya guyurin sambal kecap juga jadi tambah keling dah. Cuminya bukan cumi asin yang dimasak tumis. Menu lengkapnya ada di video ya...

Untuk menuju ke Pantai Pulang Sawal ini memang sangat disarankan untuk membawa kendaraan sendiri, atau kendaraan sewa, karena memang akses transportasi umum dari kota Jogja sampai ke dekat pantai memang belum ada. Begini yang saya baca juga ya.

Untuk harga tiketnya, kalau yang saya baca di ngetripyuk.id, sebesar 10 ribu. Sedangkan untuk parkir motornya 4 ribu dan mobil seharga 15 ribu. Akses ke sananya bisa disimak aja ya di -> https://ngetripyuk.id/2017/05/12/harga-tiket-masuk-pantai-indrayanti-gunung-kidul-2017/



Segini dulu ya traveling diary saya ke Jogja di hari kedua episode 1. Sampai ketemu di cerita kegilaan saya bareng 3 buibuk kecehhh naik jeep di Tebing Breksi, hahah... 

Ini sedikit rekaman saya di Pantai Pulang Sawal ya...


Makasih banyak ya teman-teman udah mampir. Moga bisa jadi rekomendasi liburan teman-teman ya...

Pantai Pulang Sawal (Pantai Indrayanti)
Sundak timur, Tepus, Gunungkidul, Jogja


12 comments :

  1. Pemilik cafe dan restonya terkenal banget, ya. Sampai pantainya pun yang diingat nama dia. Padahal ada nama asli dari pantainya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya bisa ngalahin nama asli pantainya ya, haha...

      Delete
  2. Sudah sering dengar Pantai Indrayanti tapi belum kesampaian ke sana nih mbak. Kalau ke Yogya, pantai favorit tetap aja Parangtritis hehe, padahal kan disepanjang garis pantai itu banyak pantai lain yaa.. Ntar kalau ke Yogya lagi bisa jadi rekomendasi ini.

    Pantainya bagus, bersih dan pengunjung nggak uyek-uyekan kayak di Parangtritis, jadi foto juga lebih privat ya, nggak ada 'penumpang gelap' hehe.. :).

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya kemarin buibuknya mau hunting yang selain Parangtritis. Ini masih rada pagi, jadi belum rame banget mba, haha...

      Delete
  3. Pantai Indrayati emang kece banget, Miss. Sekarang jauh lebih kece ketimbang saya masih kuliah dulu. Main ke Jogja emang nggak ada bosennya, karena banyak banget tempat baru yang bisa di-explore. Duh, kan, saya jadi pengen liburan juga. Hehehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Berarti makin ke sini makin terawat ya, Mba :D

      Delete
  4. Aku masih penasaran kenapa ya Pantai Pulang Sawal disebut juga Pantai Indrayati? Pasti ada sejarahnya ya? Ada apa pesamaan kisah dengan Nyi Roro Kidul? Hehehe... Wah Miss Nita ini keren deh jalan-jalannya, ceritainnya bikin kita terbawa suasan pantai dan aku juga kepengen makan dan berenang doong :D Makan ikan di Pawon Ndeso duuuh nikmat banget. Minta tambah lagi dong sambalnya hihii.. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. ku masih penasaran kenapa ya Pantai Pulang Sawal disebut juga Pantai Indrayati?

      Ini di tulisannya ada :)

      Delete
  5. yap aku ngga kesini mba,,, ah kapan ke pantai indrayati,, bisa ktemuan kita. Jogja ngga pernah bosen untuk dijadikan tempat travelling

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ntar kalo ke Jogja lanjut ke sini, Mba :D Ini pas pekan kedua April :D

      Delete
  6. Ga ada ceritanya ya kenaoa dinamain pantai pulang syawal? Pantainya banyak di datengin sama org mudik yg pulang syawal? ๐Ÿ˜๐Ÿ˜ *analisa asal.

    Btw, cakep banget ya pasirnya. Bersiih putih. Haruanya semua pantai termasuk ancol begini nih. Dikenain denda kalau buang sampah, jadi terjaga kebersihannya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Googling gih dah, haha... Iya pantainya bersih banget, Ummi...

      Delete

Hai, temans... Makasih banyak ya udah mampir. Semua komen lewat jalur moderasi dulu ya :D Don't call me "mak" or "bund", coz I'm not emak-emak or bunda-bunda :P

Mohon maaf untuk menghindari serangan spam anonymous, komen cuma bisa untuk akun yang punya G+ ya :)

Copyright © food @nitalanaf. Made with by OddThemes