Makan Malam di Resto Ambarketawang, Jogja (Ngayap-Ngayap ke Jogja Bareng Pandra Tour Day 1)

Resto Ambarketawang, Jogja

Apa kabar, teman-teman?

Postingan ini merupakan pembuka dari traveling diary saya ke Jogja, yang lagi-lagi bareng Mba Piet, juragan travel Pandra Tour. Kali ini Pandra Tour ngebawa rombongan buibuk arisan dari daerah Slipi, Jakarta Barat.

Berapa banyak? Satu bus yang kurang lebih pesertanya ada 30an buibuk banyak duit semangat piknik, hahah... Ngelihat mereka belanja dan jajan-jajan, bikin saya dalam hati selalu bilang, buibuk ini duitnya banyak amat yak...

Nggak banyak persiapan saya ngayap kali ini. Bahkan packing pun dimulai jam 10 malam, kelar jam 11an, lantas tidur jam 12, jam 4 bangun untuk siap-siap menuju Slipi jam 5 kelar Shubuh, hahah...

Sekitar jam 6, setelah foto bareng di depan bus, rombongan Pandra Tour siap berangkat, horeyyy... Dimulai dari masih menatap macetnya Jakarta, Ummi – sang ketua genk arisan - mulai bagi-bagi snack untuk kami sarapan. Ah tau gitu gua nggak usah rempong-rempong bikin mie goreng buat sarapan di bus, hahah...

Sarapan dulu... Makasih ya buibuk... 
Sempat kami berhenti dulu di rest area yang masih di Jakarta untuk ke toilet, lanjut kami berangkat. Berhenti lagi di rest area untuk sholat Dzuhur dan makan siang berupa nasi kotak yang kembali dibagikan sama Ummi.

Ah pokoknya saya demen dah jalan-jalan sama emak-emak... banyak makanan dan gratis. Jadi jangan kau tanya oleh-oleh ya, makan aja saya boleh gratisan, hahah...

Persawahan pun mulai terlihat di kanan dan kiri jalan. Buibuk saling melempar banyolan sampe capek lantas tidur siang, haha... Alhamdulillah perjalanan Jakarta – Jogja nggak diisi dengan kemacetan. Sampai akhirnya, sekitar Maghrib, tibalah kami di Jogja, yeayyy... Pak supir terus membawa kami menuju Restoran Ambarketawang di daerah Sleman.

Tiba juga kami di depan toko oleh-oleh Ambarketawang. Selesai busnya parkir, lalu satu-persatu kami turun dan berjalan sedikit ke arah kiri, tempat restorannya berada. Ambarketawang ini berderet-deret - ada restoran, toko oleh-oleh, dan juga toko batik. Tajir amat yak owner-nya, semuanya lengkap one stop shopping and eating, hahah...

Ayam goreng dan fast food Ambarketawang. Begini yang saya baca di pintu depannya. Eh tapi bukan berarti restoran ini menyajikan menu western ya. Mereka tetap mengusung menu lokal kok, kayak salah satu yang tulisan yang dipajang ini...

Resto Ambarketawang, Jogja
Resto Ambarketawang, Jogja
Begitu masuk, restoran ini gedeee bangeeet... Meja kursinya banyak banget, jadi cocok untuk ngebawa rombongan banyak. Untuk rombongan Pandra Tour, Mba Piet udah pesan menu prasmanan dan ditempatkan di pojok kiri.

Resto Ambarketawang, Jogja
Makanan saya di Resto Ambarketawang, Jogja
Ini dia menu yang saya makan di Resto Ambarketawang. Saya cuma ngambil nasi dengan sayur asem, ayam goreng bumbu kecap, tempe mendoan, dan sambal. Untuk menu lengkapnya ada di video ya.

Saya suka sayur asem, baik yang pedas maupun yang manis. Untuk sayur asem di Resto Ambarketawang ini merupakan sayur asem yang manis. Asemnya ini dari asem jawa, makanya warnanya agak coklat ya kuahnya. Rasa manisnya juga nggak berlebihan, dengan gurih yang pas. Pokoknya seger banget.

Ayam goreng bumbu kecapnya juga dengan manis dan gurih yang pas. Tempe mendoannya cukup tipis dan udah nggak begitu garing sih, namanya masak sekali banyak ya. Serta dilengkapi dengan sambal yang enggak kelewat pedas.

Resto Ambarketawang, Jogja
Panggung di area belakang - Resto Ambarketawang, Jogja
Buat saya, menu yang kami makan di Resto Ambarketawang ini cukup enak. Selesai makan, saatnya berkeliling resto. Di area belakang, ada panggung yang cukup besar dengan alat musik juga. Berjalan ke sisi kanannya, ada toilet dan juga wastafel di sebelahnya.

Sisi kanan di bagian tengah, di sinilah berderet menu makanan yang cukup banyak. Menu khas masakan Jawa dan juga lainnya. Kayaknya di sini sistemnya self service deh. Banyak juga orang-orang yang bukan rombongan – hanya datang berdua atau bertiga - pada antri memilih makanan.

Lanjut ke bagian depan di sisi kanan, di sini berjejer ATM sebagai tempat untuk penopang belanja, haha...

Resto Ambarketawang, Jogja
Pintu menuju garden - Resto Ambarketawang, Jogja
Eh iya, saya juga sempet lihat-lihat garden-nya yang di ada di sisi kanan, trus masuk. Uwihhh... cakep banget dan cukup luas juga. Ini kayak untuk ngadain private wedding party atau gathering lainnya, bakalan asyik banget.

Resto Ambarketawang, Jogja
Mini playground di Resto Ambarketawang, Jogja
Kembali saya jalan ke sisi kiri, di sini ada mini playground. Walau nggak luas, tapi lumayan ya untuk menghibur anak-anak.

Selesai sudah makan malam kami di Resto Ambarketawang. Saatnya kembali kami naik bus menuju hotel.

Ini ya sedikit rekaman keseruan kami di sana ya... 


Makasih banyak ya teman-teman udah mampir. Moga bisa jadi rekomendasi kulineran teman-teman ya pas lagi di Jogja... Selanjutnya saya mau cerita-cerita perjalanan kami di hari pertama di Jogja ya.

Untuk akses transportasi umum menuju ke sana, teman-teman bisa cek langsung aja di -> https://moovitapp.com/index/in/Tranportasi_Umum-Ambar_Ketawang-Yogyakarta-site_37987246-4384

Resto Ambarketawang
Jl. Wates Km.6, Ambarketawang, Gamping, Sleman, Yogyakarta

Opens: 24 hours 


8 comments:

  1. kemaren sha ke jogja, sempet bingung makan dimana ahaha akhirnya senemunya aja teeh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya ini karena rombongan jadi udah ditentukan rutenya, haha...

      Delete
  2. Wuah serunyaaaa bisa pergi rame-rame seperti ini. Aku terakhir ke Jogya waktu kuliah, udah 20 th lebih. Jadi pengin ke Jogya lagiii :)

    ReplyDelete
  3. Mau dong jadi temen Miss Nita, biar disiapin saran dan snack sama 30 ibuk-ibuk bayank doku wkwkwkwkwk :D Resto Ambar Ketawang ini berkonsep tradisional Jawa tentu plus sedikit moderen ya. Ayamnya kelihatan menggiurkan dan ga terlalu manis? Nah.. mau dong aku! Mie jawa, basko wuiiihhh mantap semua, kalo bisa sambalnya juga super pedes ya request sm pemilik restonya. Bisa disewa buat gathering party, cocok buat acara arisan juga dan ga binun bawa anak2 kan ada plaground nya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha sambal gurih manisnya pun enak kok Mba Nurul.

      Delete
  4. Duluuu zaman SMP kalau mau ke tempat saudara di Jogja pasti mampir beli oleh-oleh dulu ke Ambar Ketawang. Kalau sekarang udah terkenal mihils alias mahal tempat oleh-olehnya, hihi.

    BTW miss, kalau mendoan di daerah Jawa emang teksturnya lembek, basah, dan nggak garing karena dia digoreng emang setengah matang. Dicemplungin bentar langsung mentas. Bahkan kadang masih banyak minyaknya, makanya paling enak disantap pas panas-panas. Kalau ada kesempatan, cobain deh mendoan Purwokerto. Mantap itu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oleh2nya memang pada yang premium ya, hahah... Iya kalau ini tempenya lembek tapi nggak banjir minyak sih, Mba. Enak ini :D

      Delete

Hai, temans... Makasih banyak ya udah mampir. Semua komen lewat jalur moderasi dulu ya :D Don't call me "mak" or "bund", coz I'm not emak-emak or bunda-bunda :P

Mohon maaf untuk komen cuma bisa untuk akun yang punya G+ ya :)