Blogger Gathering Uricran, Nggak Ada Lagi Anyang-Anyangan

Prive uri-cran


Apa kabar, teman-teman?

Sabtu, 26 Mei 2018, kembali saya ikut seru-seruan bareng teman-teman bloggers. Kali ini merupakan Blogger Gathering Uricran, yang diadakan oleh Prive uri-cran bersama Blogger Perempuan Network.

Dari Hotel Harris Kelapa Gading lantai 5, merah cerah khas warna buah cranberry pun begitu mendominasi, mulai dari dress code kami, hingga dekorasi, dan nggak ketinggalan juga yaitu minuman dingin dalam dispenser kaca pun juga merah merona, ahaha... masih Ashar udah ngelihat ginian aja.

Kurang lebih jam 4 sore, acara pun dimulai dengan sapaan oleh kakak MC, lalu dilanjutkan dengan say thank you for coming oleh Mba Dyah yang merupakan perwakilan dari Prive uri-cran.

Selanjutnya, inilah acara utama dari Blogger Gathering Uricran kali ini, yaitu menyimak penjelasan yang super lengkap dari Dokter OZ alias dr. Boy Abidin, Sp.OG (K).


dr. Boy Abidin, Sp.OG (K) - Blogger Gathering Uricran
Pak dokter yang tau banget kalau jam-jam segitu merupakan udah sisa-sisa energi menuju buka puasa, ahaha... Jadi “belajar” nya pun dilakukan dengan dialog interaktif yang santai banget.

Tema talkshow yang dibawakan oleh dr. Boy adalah tentang “Infeksi Saluran Kemih Pada Wanita dan Cara Alami Mengatasinya”.

dr. Boy menjelaskan kalau proses keluarnya urin itu melewati tahapan di bawah ini. Oh iya, urin itu sendiri merupakan hasil penyaringan darah yang dilakukan oleh ginjal dan dikeluarkan tubuh melalui saluran kemih.

Urin yang dikeluarkan oleh tubuh, gunanya untuk membuang sisa-sisa metabolisme dan juga racun dari dalam tubuh.

Ginjal: kiri dan kanan, yang letaknya di kedua sisi tulang belakang.
Ureter: dari ginjal, akan terhubung pada ureter kiri dan kanan.
Kandung kemih: bentuknya seperti balon elastis di antara tulang panggul. Ureter ini bisa menampung 400 – 600 ml urine.
Uretra / saluran kemih: bentuknya kayak tabung dan cuma satu.

Semua tahapan ini tentunya bisa dilewati dengan lancar, kalau tubuh kita lagi sehat. Nah masalahnya, sekarang ini kata dr. Boy, justru ada 50 – 60% perempuan yang kena infeksi saluran kemih, yang bisa bikin proses urin-nya jadi nggak lancar. Bahkan kata dr. Boy, 25% perempuan bisa kena infeksi saluran kemih berulang. Wow, serem juga ya kalau udah sekali kena.

Nggak cuma perempuan aja, anak-anak, lelaki, ibu hamil dan menopause, serta lansia pun ternyata juga bisa kena infeksi saluran kemih ini. Penyebab yang paling banyak, 80% nya itu adalah dari bakteri Escherichia coli alias bakteri E.coli, bakteri yang hidup pada usus manusia dan hewan.

Awalnya, dampak dari bakteri E.coli ini hanyalah diare ringan. Tapi kalau udah parah bisa menyebabkan diare (parah), sakit perut, dan juga demam. Biasanya bakteri E.coli ini ada pada air atau makanan yang terkontaminasi. Bisa juga pada sayuran mentah atau daging yang enggak matang.

Lalu apa aja sih gejala yang dirasakan dari infeksi saluran kemih ini?

Anyang-anyangan, rasa ingin buang air kecil terus yang disertai dengan nyeri dan urin nggak lancar.
Nyeri saat buang air kecil
Sering buang air kecil, terutama pada malam hari, tapi urin yang keluarnya sedikit

Nggak bisa menahan rasa buang air kecil
Nyeri pada perut bagian bawah
Demam ringan


Nah kalau ini untuk gejala yang lebih beratnya:

Demam tinggi yang disertai dengan menggigil
Hilangnya nafsu belanja makan
Mual dan muntah
Nyeri pinggang


Pas udah disebutkan semua gejalanya, dr. Boy lanjut menjelaskan tentang, apa sih penyebab dari infeksi salurah kemih ini?


Kurang duit minum

Yang namanya urin keluar, tentunya karena kita udah banyak minum ya. Saya pun baru tau ketika dr. Boy bilang, minumlah sebelum haus. Karena ketika udah terasa haus, berarti tubuh kita udah bener-bener butuh cairan banget. Oke, siap, Dok!

Perhatikan juga warna urin ketika buang air kecil ya. Semakin pekat warna urin, artinya tubuh kita juga kurang cairan.


Menahan Buang Air Kecil

Yang namanya melakukan aktivitas di luar, atau pas lagi bepergian, biasanya yang jadi masalah adalah urusan toilet ya, karena terkadang udah ada toilet, eh toilet nya kurang bersih atau nggak ada air, jadinya bikin males lanjut buang air kecil kan.

Bagi kita-kita yang aktivitasnya di luar rumah, baiknya Plan for Pee. Harus diatur, ketika rumah cukup jauh, baiknya buang air kecil dulu sebelum berangkat. Atauuu... dr. Boy juga menyarankan untuk Use Adult Diaper, ehehe... Ini juga solusi kan untuk yang melakukan perjalanan jauh.


Selain itu, sexual activity, mereka yang udah menopause, penderita diabetes, dan juga para ibu hamil, biasanya juga suka kena infeksi saluran kemih ini.

Saya cukup kaget ketika dr. Boy menjelaskan, bahwa ibu hamil yang kena infeksi saluran kemih ini juga bisa menyebabkan:

Keputihan
Janinnya bisa lahir prematur
Tekanan darah naik
Hipertensi
Gagal Ginjal
Dan paling parahnya adalah juga bisa menyebabkan kematian pada janin


Toilet dan air yang enggak bersih, serta arah membasuh yang salah, juga bisa menyebabkan infeksi saluran kemih juga. Biasakan untuk membasuh dari arah depan ke belakang ya. Menggunakan sabun pembersih organ genital, kata dr. Boy nggak masalah, selama PH-nya balance.

Untuk penggunaan pembersih sejenis spray nggak diperkenankan, karena yang boleh dibersihkan itu hanya area luar aja. Lalu kalau mau menggunakan pantyliner, ini khusus untuk lagi darurat aja. Jangan gunakan selama 24 jam.

Prive uri-cran
Prive uri-cran - Blogger Gathering Uricran
Ada masalah, tentunya ada solusinya juga ya. Nah kalau untuk infeksi saluran kemih ini, solusinya bisa dilakukan dengan cara:

Minum air putih yang cukup, setidaknya 8 gelas setiap hari
Menjaga kebersihan
Hindari menahan buang air kecil
Membasuh yang benar, yaitu dari arah depan ke belakang

Prive uri-cran - Blogger Gathering Uricran
Dan ternyata, ada satu lagi solusi untuk mencegah anyang-anyangan, yaitu menyantap buah cranberry. Buah dari golongan berry ini berasal dari bagian utara Amerika Serikat. Cranberry merupakan buah yang kaya nutrisi serta rendah kalori.

Salah satu manfaat dari buah cranberry ini adalah bisa menghambat perlengketan bakteri E.coli. Nah makanya untuk teman-teman atau orang terdekat yang suka kena anyang-ayangan, menyantap buah cranberry ini sangat diperkenankan.

Selanjutnya, kami pun menyimak sharing dari Mba Ferina, yaitu tentang cara menikmati buah cranberry dengan cara yang paling simple, yaitu melalui Prive uri-cran.

Prive uri-cran ini merupakan minuman serbuk dan juga kapsul yang dibuatnya dari ekstrak cranberry. Tentunya makin memudahkan ya. Nah ini dia minuman dingin merah merona yang ada di dalam dispenser itu, ahahaha... Yang bisa kami minum pas udah buka puasa.

What??? Nggak lagi kena anyang-anyangan kok minum Prive uri-cran? Ternyata nggak apa-apa karena Prive uri-cran ini memang bukan obat ya.

Prive uri-cran ini diproduksi oleh combiphar. Kemasannya ada dalam bentuk:


Prive uri-cran kapsul - Pic: www.uricran.co.id
Kapsul, dengan komposisi 250 mg ekstrak cranberry. Bisa diminum dalam 1 – 2 kapsul / hari. Dalam 1 box isinya ada 30 kapsul.


Prive uri-cran minuman serbuk - Pic: www.uricran.co.id
Minuman Serbuk, dengan komposisi 375 mg ekstrak cranberry dan nutrisi lainnya. Bisa diminum dalam 1 – 2 sachet / hari. Dalam 1 box isinya ada 15 sachet.

Untuk hasil yang maksimal, Prive uri-cran yang minuman serbuk bisa diminum sebanyak 2 gelas setiap hari, selama kurang lebih 10 hari.


Nggak cuma untuk perempuan dewasa aja, anak-anak pun juga dibolehkan untuk mengkonsumsi Prive uri-cran ini, cuma tetap dengan anjuran dan petunjuk dokter ya. Ibu hamil dan menyusui pun juga diperkenankan. 

Apotek yang menjual Prive uri-cran - Pic: www.uricran.co,id
Prive uri-cran ini bisa dibeli di beberapa apotek seperti Guardian, Century, Watsons, Kimia Farma, dan Viva Generik. Oh iya, pada web-nya www.uricran.co.id di sini juga bisa beli online ya.

Blogger Gathering Prive uri-cran

Sesi dari dr. Boy dan juga Mba Ferina pun selesai. Selanjutnya kami menyimak mozaik Ramadan bersama Ustadz Soleh Kurniawan. Sama seperti dr. Boy, Ustadz Soleh pun juga mengingatkan tentang betapa pentingnya menjaga kebersihan.

Akhirnya waktu buka puasa pun tiba juga, Alhamdulillah... saatnya nyobain Prive uri-cran sembari nyobain makanan yang enak-enak dan banyak banget, ahaha...


Prive uri-cran
Prive uri-cran - Blogger Gathering Uricran
Pas saya cobain, Prive uri-cran yang minuman serbuk ini rasanya asem seger dan enak banget, apalagi pas dingin gini. Kayak minum sirup aja, ahaha... Tadinya bayangan saya bakalan berasa rada pahit, karena ini kan untuk kesehatan ya. Ternyata enak banget.

Acara pun ditutup dengan pembagian hadiah best dress code, best IG, dan hadiah hore-hore alias doorprize.


Before... - Pic by www.tulisanfebri.com

After... - Pic:  www.bloggerperempuan.co.id

Selesai sudah Blogger Gathering kami bersama Prive uri-cran. Pokoknya saya jadi banyak banget dapat ilmu deh tentang betapa pentingnya menjaga kesehatan saluran kemih, khususnya pada perempuan.
Thanks a lot Prive uri-cran team for the day...



Makasih banyak ya, teman-teman udah mampir. Moga sharing ini bermanfaat juga untuk teman-teman, yang mungkin bisa dibagi juga untuk orang-orang terdekat.

Info lengkapnya langsung aja ya ke -> Gejala Anyang-Ayangan? Jangan Sepelekan

Pendukung materi:

www.uricran.co.id
www.alodokter.com
www.hellosehat.com

14 comments:

  1. merah meronaaa :D
    ini juga cocok ya untuk anak2, rasanya juga enak pula miss hehe
    wah dapet doorprize ihiy, congrat miss ^^

    ReplyDelete
  2. Jadi nita menang yang mana? Best dresscode nih? Motif bajunya unik soalnya. ^_^

    Baca gejala saluran kandung kemih, yaitu meriang dan nyeri sampai ke pinggang, ade pikir masalah sakit krn habis secar. Ternyata karena saluran kandung kemih.

    Duh, harus lebih rajin lagi deh beraih-bersihnya. Trus minum sebelum haus.. ok noted.

    Ilmu banget nih artikelnya. Ma kasih ya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dresscode mah yang menang fashion blogger si kakak Sophie :D

      Delete
  3. Aku pernah waktu SMP dulu sempat ngalamin ayang-ayangan,sakit banget.
    Untungnya sekarang ada obat untuk sakit itu ya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wow karena kurang minum nih mungkin ya :D

      Delete
  4. Aku pernah kena ISK dan harus dirawat di Rumah Sakit 😥 gara2 sering nahan pipis kynya sampe2 parah gitu.. ga lagi2 deh, untung sekarang dirumah juga nyetok price urine cran yang bubuk, selain enak juga berkhasiat mencegah ISK datang kembali 😊

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kayak tante saya, walau waktu itu rawat jalan, cuma ya cukup parah juga :)

      Delete
  5. Wah, bener aku berarti ya kalo mau pergi ke mana pun mesti pipis dulu. Khawatir di jalan nahan kebelet pipis ih :( Oooh jadi kalau cairan pipis kita warnanya agak pekat dan seterusnya itu berarti kurang bagus ya, kurang minum? Hhmm... mesti minum yang banyak nih biar ga anyang-anyangan. Sekarang udah ada Uricran jadi misal gimana2 kan ada solusi cepat, tepat dan aman ya, Miss Nita :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mba Nurul, tabel warnanya ada, jadi makin pekat, tandanya tubuh juga kurang sehat :D

      Delete
  6. Aku pernah anyang-anyangan, emang rasanya gak enak banget, perih-perih gimanaa gitu, mungkin betul juga memang krn kurang minum. Enak ya skrg udah ada yg praktis dan segar seperti Prive Uricran

    ReplyDelete
  7. aku pernah ngalamin ISK waktu hamil mada, miss :( waktu dokter kandungan bilang aku kena ISK, panik banget, kesannya kayak kena penyakit apaan hiks, dulu dikasih antibiotik, diminum selama seminggu trus sembuh

    sekarang enak banget ada prive uri-cran, lebih praktis dan yg varian serbuk tinggal seduh dan bisa diminum dingin

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah udah badan mungkin sakit2 karena hamil, ditambah ISK juga ya, Ibu Mada. Iya untungnya sekarang udah ada Prive Uricran ya :)

      Delete

Hai, temans... Makasih banyak ya udah mampir. Semua komen lewat jalur moderasi dulu ya :D Don't call me "mak" or "bund", coz I'm not emak-emak or bunda-bunda :P

Mohon maaf untuk menghindari serangan spam anonymous, komen cuma bisa untuk akun yang punya G+ ya :)