Resep Ikan Goreng Kuah Buncis Tauco

Resep Ikan Goreng Kuah Buncis Tauco

Apa kabar, teman-teman?

Selain terasi maupun petis, tauco juga merupakan salah satu bahan masakan hasil fermentasi yang cukup disukai masyarakat Indonesia ya. Kali ini, bumbu tauco saya gunakan untuk memasak ikan goreng yang disiram dengan kuah buncis.


Sebelum mulai masaknya, saya mau bahas sedikit tentang tauco ya. Kalau yang saya baca di Wikipedia, tauco merupakan bahan olahan masakan yang dibikinnya dari biji kedelai yang udah direbus.

Biji kedelai yang udah direbus itu lalu dihaluskan dan diaduk dengan tepung terigu, kemudian dibiarkan sampai tumbuh jamur atau yang disebut juga dengan fermentasi.

Fermentasi tauco ini dilakukan dengan direndam air garam, lalu dijemur di bawah terik matahari selama beberapa minggu, sampai keluar aroma yang khas tauco.

Air rendaman ini nantinya diolah untuk dijadikan kecap, sedangkan biji kedelainya untuk dijadikan tauco. Wow, sekali olah bisa untuk 2 proses bahan masakan ya.

Masing-masing daerah punya cita rasa yang khas akan bumbu tauco ini. Lalu selain enak untuk olahan masakan, tauco juga punya kandungan gizi, seperti protein, karbohidrat, lemak, kalsium, fosfor, dan zat besi.

Ini ya kurang lebih info tentang tauco, seperti yang saya baca di Wikipedia. Yuk sekarang kita siapkan bahan-bahan masakannya...


Bahan-bahan yang diperlukan:

3 ekor ikan
Lumuri dengan gilingan: 1 siung bawang putih, 1 sdt ketumbar, sedikit garam

+_ 15 batang buncis, iris serong
Secukupnya minyak goreng
3 buah cabe merah, iris

3 buah cabe ijo, iris
3 sdm tauco
½ - 1 gelas air (gelas sedang)
1 sdt gula


Bumbu gilingnya:

4 siung bawang merah
1 siung bawang putih
½ sdt lada

1 sdt ketumbar
5 siung kemiri gongseng
Sedikit garam


Lalu ini cara memasaknya ya...

Panaskan minyak, goreng ikan dengan api pelan hingga kuning keemasan.

Panaskan minyak yang baru, tumis bumbu giling, cabe merah, dan cabe ijo, hingga harum.

Masukkan air dan tauco, lalu didihkan.

Masukkan buncis, lalu masak hingga empuk dengan api sedang.

Menjelang matang, masukkan gula.

Letakkan ikan pada wadah, lalu siram kuah buncis tauco pada ikan goreng.

Ikan Goreng Kuah Buncis Tauco
Ikan Goreng Kuah Buncis Tauco
Kalau yang saya masak ini menggunakan air 1 gelas, jadi kuahnya lumayan banyak. Karena nggak pakai santan, rasanya lebih segar. Ini cuma pakai cabe merah dan cabe ijo, rasanya nggak pedas ya, gurih manis dan pastinya ada rasa khas tauco.

Makasih banyak ya teman-teman udah mampir dan selamat mencoba...

16 comments:

  1. Ooo gitu toh proses buat tauco. Dan ilmu banget nih, baru tau kalau asal kecap dr air rendaman tauco. Berarti biji kedelai yg difermwntasi itu kedelai hitam ya?

    Soalnya iklan2 kecap kan bilangnya olahan biji kedelai hitam.. hehehe..

    Jujur ade kurang suka tauco. Baru mulai agak suka pas jd bahan tambahan toge goreng. Jadi kepo rasanya apa ikan goreng pakai tauco.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Entah mungkin pengolahan bikin kecapnya beda2 kali ya, Ummi, haha... Karena toh harga kecap pun beda2 ya, tergantung dari rasa enaknya juga.

      Delete
  2. Saya suka masak pakai tauco, masak kangkung, genjer makin enak dengan tauco. Karena rasanya menjadi khas, untuk masak ikan belum pernah mencoba. Kapan-kapan kalau ada waktu mau mencoba masak ikan pake tauco.

    ReplyDelete
  3. Oooh pakai 1 gelas air ya buat kuahnya agak banyakan? Mantep ini buat buka puasa hahaha, terbayang2 deh sekarang. Tauco aku paling sering dipadukan dengan tahu goreng biasanya tahu Bandung. Oh Nita tambahin gula ya? Sama sih aku kalau masak juga suka pakein sedikit gula. Kata orang yang pinter masak sih, di situlah letak rahasia enaknya masakan, nambahin gula. Ikan ini kesukaan keluargaku kecuali si papa. Baillah, besok2 mau aku praktekkan ah resep dari Miss Nita :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya selain masakan Padang, apalagi yang tumisan, memang selalu pakai gula, entah 1sdt atau 1 sdm, tergantung porsinya juga :D

      Delete
  4. nah kayaknya aku lebih suka yang keringan kayak yang dibuat mba Nita deh. Tapi cabenya aku banyakin. Paling enak kayaknya pakai ikan kembung ya mba?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya yang pedes lebih mantep ya, Mba. Ikan mah apa aja mba :D

      Delete
  5. Tauco itu salah satu makanan wajib di lebaran kalo buat keluargaku. Tauco yg dibikin mama ada 2 jenis, pake ikan, ato ga. Kalo pake ikan, biasanya ikannya di goreng kering, lalu dicampur ke tauco.

    Kalo ga pake ikan, ini cendrung pake buncis dan irisan cabe rawit dan merah. Buat keluargaku supaya ada yg pedes2nya di makanan. Pas lebaran sayur tauco pedas ini kita campur ke lontong. Rasanya jd super duper mantap. Khasnya lontong medan ya begitu :). Biasa ada tauconya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah menu lebaran khas Medan lontong tauco ini ya, Mba :D

      Delete
  6. Kalau ibu saya masak pakai tauco selalu syedap, beda dengan saya yang masih amatiran. Adaa aja yang kurang pas. Cuma selama ini belum pernah nyobain tauco sama ikan, kayaknya endes banget kalau pedes kayak gini.

    ReplyDelete
  7. Mpo mau tanya, Pakai tauco enakan yang mana mba? Buatan sukabumi produksi ukm atau pabrikan besar

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yang penting kalau saya sih pakai yang ada merk-nya, karena ada label halal dan izin produksinya :D

      Delete
  8. Kalau ikan tauco, saya biasanya pakai ikan cakalang. Tapi memang selain jenis ikan, merek tauco juga pengaruh yaa....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya kadang memang ada ya tauco yang nggak enak, haha...

      Delete

Hai, temans... Makasih banyak ya udah mampir. Semua komen lewat jalur moderasi dulu ya :D Don't call me "mak" or "bund", coz I'm not emak-emak or bunda-bunda :P

Mohon maaf untuk komen cuma bisa untuk akun yang punya G+ ya :)