Resep Ikan Goreng Kuah Buncis Tauco

Cara memasak ikan goreng dengan campuran buncis dan bumbu tauco tanpa santan.


Resep masakan tauco
Ikan Goreng Kuah Buncis Tauco
Apa kabar, teman-teman?

Selain terasi dan juga petis, tauco juga merupakan salah satu bahan masakan hasil fermentasi yang cukup disukai masyarakat Indonesia ya. Begitupun dengan saya. Mau tauco yang dimasak menggunakan kuah santan maupun kuah bening aja, kalau buat saya sih sama enaknya. Dimasak santan, rasanya akan lebih gurih. Sedangkan kuah bening akan menghasilkan rasa yang lebih segar.


Kali ini, bumbu tauco saya gunakan untuk memasak ikan goreng yang disiram dengan kuah buncis, tanpa menggunakan santan. Ikannya bisa menggunakan ikan apa aja sesuai dengan favorit teman-teman. Kalau saya sih biasanya lebih ke ikan tongkol aja.

Sebelum mulai menyiapkan bahan masakannya, saya mau bahas sedikit tentang tauco ya. Kalau yang saya baca di Wikipedia, tauco merupakan bahan olahan masakan yang dibikinnya dari biji kedelai yang udah direbus.

Biji kedelai yang udah direbus itu lalu dihaluskan dan diaduk dengan tepung terigu, kemudian dibiarkan sampai tumbuh jamur atau yang disebut juga dengan fermentasi.

Fermentasi tauco ini dilakukan dengan direndam air garam, lalu dijemur di bawah terik matahari selama beberapa minggu, sampai keluar aroma yang khas tauco.

Air rendaman ini nantinya diolah untuk dijadikan kecap, sedangkan biji kedelainya untuk dijadikan tauco. Wow, sekali olah bisa untuk 2 proses bahan masakan ya.

Masing-masing daerah punya cita rasa yang khas akan bumbu tauco ini. Lalu selain enak untuk olahan masakan, tauco juga punya kandungan gizi, seperti protein, karbohidrat, lemak, kalsium, fosfor, dan zat besi.

Ini ya kurang lebih info tentang tauco, seperti yang saya baca di Wikipedia. Yuk sekarang kita siapkan bahan-bahan masakannya. 

Cara membuat Ikan Goreng Kuah Buncis Tauco, ini dia bahan-bahan yang diperlukan:


250 gram ikan
15 batang buncis, iris serong
1 batang daun bawang, iris

3 buah cabe merah, iris
1 buah tomat merah, belah 4 lalu iris
3 sdm tauco

1 gelas air (gelas sedang)
1 sdt gula
Secukupnya minyak goreng


Bumbu giling untuk ikan:

2 siung bawang putih
1/2 sdt ketumbar
Sedikit garam


Bumbu giling untuk kuah:

5 siung bawang merah
1 siung bawang putih
½ sdt lada

1 sdt ketumbar
5 siung kemiri gongseng
Secukupnya garam

Lalu ini cara memasak Ikan Goreng Kuah Buncis Tauco:


Aduk ikan dengan bumbu giling.

Panaskan minyak goreng, lalu goreng ikan hingga kuning keemasan. Gunakan api pelan.

Panaskan minyak goreng yang baru, lalu tumis bumbu giling, daun bawang, cabe merah, tomat, dan tauco hingga harum. Gunakan api sedang.

Masukkan air, lalu didihkan.

Masukkan buncis, lalu masak hingga empuk dengan api sedang.

Menjelang matang, masukkan gula.

Letakkan ikan pada wadah, lalu siram kuah buncis tauco pada ikan goreng. Bisa juga ikannya dimasukkan dan dimasak sebentar, kurang lebih 5 menit.

Resep masakan tauco
Ikan Goreng Kuah Buncis Tauco
Karena cuma pakai irisan cabe merah, jadi rasanya nggak pedas. Teman-teman bisa tambahin cabe rawit ijo atau merah aja ya, kalau pingin yang lebih maknyuss pedesnya, hehe...

Makasih banyak ya teman-teman udah mampir. Moga bisa jadi rekomendasi masakan harian teman-teman ya...
nita lana faera
nita lana faera

This is a short biography of the post author. Maecenas nec odio et ante tincidunt tempus donec vitae sapien ut libero venenatis faucibus nullam quis ante maecenas nec odio et ante tincidunt tempus donec.